Anggun dengan Hijab Syar’i*

Anggun dengan Hijab Syar’i*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Mengenakan jilbab atau kerudung adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang muslimah. Suatu kewajiban bagi mereka yang mengaku sebagai wanita muslim yang telah baligh sampai dengan ajal menjemput nyawa dari dunia yang fana ini..

Jilbab yang benar dan sesuai dengan tuntunan syariat adalah ia yang tebal (tidak tipis atau transparan), menutup seluruh kepala hingga ke dada. Seorang muslimah yang taat benar-benar akan menjaga seluruh tubuhnya yang merupakan aurat, kecuali seperti yang diperintahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian telah diungkapkan oleh para ulama yaitu boleh menampakkan perhiasan yang biasa nampak, yaitu muka dan kedua telapak tangan..

Oleh karenanya, seorang muslimah yang mengerti dan memahami makna hijab akan mengenakan jilbab lebar sampai melewati dada, longgar, tidak transparan, memakai manset untuk menutup lengan sampai ke pergelangan, dan juga ditambah kaos kaki agar betis tidak tersingkap ketika tengah berjalan kaki menyusuri tempat-tempat aktivitas kesehariannya..

Saya pribadi, begitu terkesan dengan para akhwat berjilbab lebar, namun tetap memiliki beragam aktivitas kesibukan yang tak kalah daripada mahasiswa kebanyakan. Ia pun memegang teguh pendiriannya tersebut sampai pada saat dirinya beranjak di dunia kerja. Sebagaian orang akan menganggap pakaian muslimah dengan hijab syar’i akan merepotkannya, tapi ternyata itu hanyalah ketakutan yang diadaka-adakan saja. Muslimah dengan pakaian akhwat-nya tersebut, mampu menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya dengan sangat baik..

Seorang wanita muslimah yang mengenakan hijab syar’i juga begitu menawan dan mempesona. Tentu saja yang saya maksud mempesona bukanlah para akhwat yang masih menjadi bujanghidat (meminjam istilah dari Ustad Nandang Burhanudin), melainkan sebuah perasaan kegum terhadap isteri. Ya, kepada isteri yang nanti akan menemani menghabiskan hari-hariku meniti asa. Insya Allah..

Saya mengharapkan, bahwa isteri saya nanti adalah ia yang mampu menutup auratnya secara sempurna. Dan saya lebih bahagia lagi jika ia berkenan untuk mengenakan jilbab super lebar, jilbabnya menjuntai sampai ke pinggang, sungguh menawan dan anggun rupawan..

Ada rasa kebanggaan, ada rasa cinta kasih yang akan semakin menghujam di dalam diri, karena Allah telah menganugerahkan mutiara tak ternilai harganya, sebuah perhiasan terbaik di dunia, dan akan menjadi pendamping kelak di akhirat sana, dialah isteri yang sholihah..

Sudah. Tak ada lagi yang ingin saya katakan. Hanya berharap, sehari-hari ditemani oleh seorang isteri sholihah, yang begitu terjaga, mengenakan jilbab lebarnya, sungguh anggun dan menawan hatiku yang telah tersengat jutaan watt listrik cinta, kerinduan dan kasih sayang terhadap dirinya, Sang isteri sholihah.. ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

@Rumah Inspirasi Anis Matta, Kota Tenggarong-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Ahad malam, 03 Rabiul Akhir 1435 H/02 Februari 2014 pukul 21.07 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Senin, 24 Maret 2014 pukul 08.00wita

—–

Keterangan: Artikel ini termasuk rangkaian cuplikan narasi dalam Buku “Kado Cinta 4 Isteri Sholihah” yang akan dihadiahkan sebagai mahar kepada Sang Calon Isteri Tercinta di Masa Depan. Akan diterbitkan di Blog Bocahbancar setiap Hari Senin dan Kamis, mulai terbit pertama kalinya sejak hari Senin, 10 Jumadil Akhir 1435 Hijriah/10 Februari 2014.

Comments
16 Responses to “Anggun dengan Hijab Syar’i*”
  1. NgatiyarHokya says:

    Bidadari dunia akhirat . Top and is the best.

  2. NgatiyarHokya says:

    Assalamu’alaikum
    Sangat anggun dan mempesona. Menyejukan hati.

  3. khotim says:

    syarat syar’i apakah hanya sampai sebatas menutup dada saja?
    bagaimana yg sampai menutup pant*t?

  4. berhijab merupakan suatu kewajiban yang digunakan untuk wanita muslim dan dalam pakaian yang tentunya syar’i

  5. Nurul.istiqomah46.ni@gmail.com says:

    assalamualaikum

  6. nurul istiqomah says:

    subhanallah🙂

  7. zika hijab says:

    berhijab merupakan kewajiban yang harus ditunaikan setiap wanita muslimah..

  8. aniskurliana says:

    Terima kasih atas tauziah nya,
    Insyaallah, sememangnya memakai hijab syar’i sangat membutuhkan komitmen yang sangat tinggi, seperti saya yang bekerja menjaga orangtua/jompo di Taiwan dengan segala rutinitas yang sangat sibuk ditambah lagi harus kuliah. Memakai hijab yang syar’i bukanlah penghalang untuk melakukan segala aktivitas, dan alhamdulillah, majikan mengijinkan saya beribadah sesuai denagn agama yang saya anut dan terlebih lagi sangat mendukung saya untuk tetap istiqomah dalam berhijab.

  9. subhanallah ..
    nahhh seperti itu harusnya yang dinamakan hijab menurut syariat islam..
    tidk ketat dan tetap pada aturannya (y)
    terimakasih😉

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: