Haru Biru in The Last Salam Pagi bersama PKPU

00-workshop-qol-at-muhammadiyah-apr-2013.

Seperti sejak pertama kali masuk di kantor PKPU Condet ini. Hari Senin adalah hari paling spesial karena hari ini seluruh karyawan PKPU diwajibkan mengenakan seragam resmi kantor dan melaksanakan Salam Pagi dari pukul 08.00 sampai dengan 09.00wib. Salam pagi sendiri adalah sebuah agenda yang diadakan sepekan sekali dengan menampilkan materi-materi yang menyegarkan serta menambah semangat di awal pekan.

Salam pagi dimaksudkan guna konsolidasi karyawan, silaturahim, dan membangun semangat kekeluargaan dalam satu rumah, Pos Keadilan Peduli Ummat. Di setiap akhir sesi, selalu ada pengumuman-pengumuman penting yang disampaikan dari beberapa divisi. Senin ini (29/04) pengumuman itu khusus dari saya sendiri, setelah dipersilahkan oleh pihak SDM. Ya, pengumuman dari saya adalah sebuah pengumuman perpisahan, akan meninggalkan laboratorium belajar nyata di Lembaga Kemanusiaan Nasional yang kiprahnya telah sampai di Rakhine (Myanmar), Somalia (Afrika), hingga Palestina (Jalur Gaza). Kantor Cabangnya saja berada lebih dari 30 kota yang menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tak seperti Muhammad Joe Sekigawa Sang Menteri Hubungan Luar Kampus BEM STKS Bandung 2009-2010 dan Staf Ahli Bidang Relasi Publik FORKOMKASI 2012-2013, yang biasa lantang bersuara. Ya, aku tergagap untuk mengemukakan beberapa patah kata untuk mereka, saudara-saudariku yang aku cintai karena Allah (ana uhibbukum fillah). Inilah tempat ketiga terbaik setelah LDK (Lembaga Dakwah Kampus) dan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) sebagai tempat menempa diri tuk selalu dekat kepada Rabb. Karyawan dan karyawati PKPU adalah kader-kader dakwah terbaik yang mengabdikan dirinya di jalan kemanusiaan untuk menyebarkan kebaikan dan maslahat di tengah-tengah ummat.

Aku tergagap ketika hendak mengeluarkan kata-kata. Terbata dan terpatah-patah, arah pembicaraan tidak teratur, dan hampir saja tangan gemetar memegang microphone yang disuguhkan. “Saya sebenarnya orang yang sangat emosional, bukan emosional marah, tapi lebih kepada haru yang sifatnya melankoli, karenanya momen perpisahan/pamitan adalah momen yang paling saya benci”, begitu ucap yang keluar dari bibirku ini saat mengawali pembicaraan.

Sepekan yang lalu aku memang telah mengajukan surat pengunduran diri dari PKPU kepada Pak Bramadji selaku Kepala SDM PKPU. Dalam perbincangan tersebut, Pak Bram pada awalnya tidak menyetujui aku meninggalkan PKPU dalam waktu sedekat itu. Di dalam perjanjian kontrak pun, karyawan memang berhak untuk mengajukan pengunduran diri, namun waktunya adalah sebulan sebelum benar-benar pergi dari PKPU. Opsi demi opsi pun ditawarkan oleh Pak Bram, dan dengan perbincangan yang cukup lancar serta kepala dingin itu membuahkan hasil. Aku harus menanggung beberapa konsekuensi yang telah aku sepakati dengan penuh kesadaran. Dan dari sanalah Pak Bram berpesan agar hari Senin aku menyampaikan pamitan secara langsung di agenda Salam Pagi (29/04).

Suasana menjadi benar-benar haru. Aku yang baru belum genap empat bulan bekerja di PKPU ini benar-benar telah dianggap sebagai keluarga besar dan telah banyak kisah-kisah berkesan dari setiap orang yang berinteraksi denganku selama ini. Divisi DRM, HEN, PME, QA/QC, CEN, SEN, Koperasi, GA, Keuangan, CSR, terasa baru kemarin saja mengenal dan berhubungan dengan mereka, tiba-tiba hari ini aku telah pamitan untuk berpisah dengan mereka semua. Selain mereka, masih ada juga yang menyimpan kesan selama berada di PKPU ini, yakni interaksi dengan MT#3 yang ke-17 orangnya telah kukenal satu per satu (meski masih suka lupa nama he he he).

Ya, demikianlah haru biru perpisahanku dengan PKPU hari ini. Kisah ini senantiasa terabadikan dan akan menjadi kenangan manis di kemudian hari dan sebagai pengingat, bahwa aku pernah menorehkan sejarah di tempat ini, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU.. ^_^

Joe PKPU April 2013Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa

A Social Worker, An Activist, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Admin Divisi Disaster Risk Management (DRM) PKPU Januari-April 2013

Staf Ahli Bidang Relasi Publik FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia) masa bakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Senin malam, 20 Jumadil Akhir 1434 Hijriah/ 29 April 2013 at 20.32wib @Kamar kost Peradaban, Jl.Swadaya II-C No.56-C Tanjung Barat, Jagakarsa-Jakarta Selatan.

G A L L E R I E S

01-front-office-pdg-pkpu-pusat-jkt-2013 == 02-joe-saat-awal-masuk-drm-pkpu-jan-2013

03-foto-menyerahkan-bantuan-selimut-dr-pkpu-kepada-warga-balekambang_20-jan-2013 == 04-selimut-untuk-warga-balekambang-jaktim-20-jan-13

05-menyerahkan-bantuan-warga-cililitan == 06-menyerahkan-logistik-untuk-warga-balekambang

07-penyaluran-bantuan-ke-wijaya-kusuma-grogol-jakbar-21-jan-13 == 08-menyerahkan-bantuan-di-pasar-minggu

09-om-subur-mas-jawad-joe-temu-relawan-pb-pkpu-apr-2013 == 10 Joe and Bos Erwin GM PDG PKPU Apr 2013

11 Joe and Mas Jawad Apr 2013

Comments
2 Responses to “Haru Biru in The Last Salam Pagi bersama PKPU”
  1. genthuk says:

    yaah belum juga ketemu secara riil eh malah sudah pergi… sedih nich jadinya. Mengapa? mengapa?

    • PKPU tetap menjadi keluarga ana kok Pak… InsyaAllah ikatannya dikuatkan oleh doa rabithah pagi dan petang🙂

      Tidak ada suatu masalah apapun, hanya saja ada kesempatan untuk melanglang ke daerah pelosok di Kalimantan sebagai seorang Community Developer mewakili Perusahaan HTI (Hutan Tanaman Industri)

      Semoga, suatu saat bisa bertemu di dunia nyata ^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: