Training IMS Basic 1.0 PT SRL Distrik Kembang Janggut Session#1*

Peserta Training IMS Basic 1.0 Batch 2
Peserta Training IMS Basic 1.0 Batch 2

Peserta Training IMS Basic 1.0 Batch 2

Training IMS Basic 1.0 PT SRL Distrik Kembang Janggut Session#1*

*Oleh Joko Setiawan**, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Setelah bekerja hampir 9,5 bulan di PT. Silva Rimba Lestari Distrik Kembang Janggut ini, saya baru mendapatkan training pengembangan pengetahuan (knowledge development) sebagai karyawan yang terintegrasi secara langsung dengan sistem kerja perusahaan. Training selama dua hari ini diperuntukkan bagi karyawan operasional maupun supporting, sejumlah 50-an orang dan dibagi ke dalam dua gelombang..

Gelombang pertama dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 19-20 Februari 2014 dan gelombang kedua dilaksanakan mulai hari ini sampai dengan esok hari, Jum’at-Sabtu, 21-22 Februari 2014. Masing-masing gelombang diisi oleh sekitar 20-25 orang karyawan. Jumlah ini dirasa ideal agar peserta training dapat secara optimal menyerap informasi pengetahuan yang disampaikan oleh sang trainer..

Training diisi oleh orang nomor satunya Agra Bareksa Group di bidang Quality, Health, Safety and Environment (QHSE), Bapak Mirza Kurniawan. Pak Mirza adalah sosok muda yang cerdas dan energik, dengan laju karier yang teramat cepat. Di usia 30 tahun-an beliau telah menempati posisi eksekutif selevel manajer yang berwenang membawahi empat anak perusahaan Agra Bareksa Indonesia di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur..

Selayang pandang IMS dan ISO

Integrated Management System (IMS) didefinisikan sebagai bagian dari seluruh manajemen yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung jawab (job description), praktik, prosedur, proses dan sumber daya untuk mengembangkan, mengimplementasikan, mencapai, meninjau dan memelihara kebijakan organisasi yang berhubungan dengan kualitas, lingkungan, dan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)..

Dengan demikian, terdapat tiga sistem yang menjadi perhatiannya, yakni sebagai berikut:

  1. Quality Management System/QMS (ISO 9001)
  2. Environment Management System/EMS (ISO 14001), dan
  3. Occupational Health and Safety Management System/OHSMS (OHSAS 18001)

Secara garis besar, manfaat dengan adanya IMS ini yaitu meningkatkan reputasi perusahaan dan mengurangi biaya&durasi audit. Untuk karyawan sebagai pelaku utama perusahaan, IMS dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan knowledge (pengetahuan), hardwork (kerja keras), attitute (sikap), dan awareness (kesadaran)..

Adapun pilar utama IMS dapat disebutkan dengan kata kunci KPK (Kepatuhan, Pencegahan, dan Komitmen). Pertama, kepatuhan terhadap legal dan persyaratan lainnya; kedua, pencegahan terhadap pencemaran atau kecelakaan dan sakit; dan ketiga, komitmen perbaikan secara berkelanjutan..

Kemudian, metodologi yang dipergunakan dalam pengembangan persyaratan-persyaratan IMS adalah siklus PDCA (Plan, Do, Check and Action). Penjabaran singkatnya sebagai berikut:

  • Plan (Rencanakan). Penetapan sasaran dan proses yang diperlukan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan persyaratan pelanggan dan kebijakan perusahaan;
  • Do (Lakukan). Memastikan setiap proses dilakukan sesuai dengan rencana yang dibuat;
  • Check (Periksa). Pengawasan dan pengukuran terhadap proses dan produk terhadap kebijakan, sasaran dan persyaratan untuk produk dan melaporkan hasilnya;
  • Action (Tindak Lanjut). Mengambil tindakan untuk secara terus menerus meningkatkan kinerja.

Sedangkan ISO atau International Standardization Organization adalah suatu asosiasi global yang terdiri dari badan-badan standardisasi nasional yang beranggotakan sebanyak 157 negara. ISO merupakan Organisasi non pemerintahan (NGO/Non Governmental  Organization) yang berdiri pada tahun 1947. Adapun misi dari ISO adalah untuk mendukung pengembangan standardisasi dan kegiatan-kegiatan lainnya dengan harapan untuk membantu perdagangan intenasional, dan juga untuk membantu pengembangan kerjasama secara global di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kegiatan ekonomi..

Day #1 membahas Quality Management System/QMS (ISO 9001)

Pada bahasan tentang QMS (ISO 9001), kita akan memasuki hafalan dan pemahaman tentang klausul-klausul yang jumlahnya lumayan banyak untuk diingat. Adapun beberapa poin atas klausul-klausul tersebut sebagai berikut:

Klausul #1 Landasan dan Dasar QMS

Klausul#2 Sejarah ISO 9001 QMS

Klausul#3 Prinsip Manajemen dalam ISO 9001 QMS

Adapun delapan prinsip yang ditetapkan oleh manajemen untuk meningkatkan kinerja, diantaranya sebagai berikut:

  1. Fokus pada Pelanggan (Costumer Focus)
  2. Kepemimpinan (Leadership)
  3. Keterlibatan Semua Orang (Involvement of People)
  4. Pendekatan pada Proses (Process Approach)
  5. Manajemen Pendekatan pada Sistem (System Approach to Management)
  6. Peningkatan terus menerus (Continual Improvement)
  7. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Fakta (Factual Approach to Desicion Making)
  8. Hubungan Saling Menguntungkan dengan Pemasok (Mutually Beneficial Supplier Relationships)

Klausul#4 Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System)

      4.1 Persyaratan Umum (General Requirements)

      4.2 Persyaratan Dokumentasi (Documentation Requirements)

             4.2.1 Umum (General)

             4.2.2 Manual Mutu (Mutu Manual)

             4.2.3 Pengendalian Dokumen (Control of Documents)

             4.2.4 Pengendalian Catatan (Control of Records)

Klausul#5 Tanggung Jawab Manajemen (Management Responsibility)

      5.1 Komitmen Manajemen (Management Commitment)

      5.2 Fokus Kepada Pelanggan (Customer Focus)

      5.3 Kebijakan Mutu (Policy Quality)

      5.4 Perencanaan (Planning)

             5.4.1 Tujuan Mutu (Quality Objective)

             5.4.2 Perencanaan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System Planning)

      5.5 Tanggung Jawab, Wewenang dan Komunikasi (Responsibility, Authority and Communication)

             5.5.1 Tanggung Jawab dan Wewenang (Responsibility and Authority)

             5.5.2 Perwakilan Manajemen (Management Representative)

             5.5.3 Komunikasi Internal (Internal Communication)

      5.6 Tinjauan Manajemen (Management Review)

             5.6.1 Umum (General)

             5.6.2 Review Input

             5.6.3 Review Output

Klausul#6 Pengelolaan Sumberdaya (Resources Management)

      6.1 Pengadaan Sumberdaya (Provision of Resources)

      6.2 Sumberdaya Manusia (Human Resources)

             6.2.1 Umum (General)

             6.2.2 Kompetensi, Pelatihan dan Kesadaran (Competence, Training and Awareness)

      6.3 Infrastruktur (Infrastucture)

      6.4 Lingkungan Kerja (Work Environment)

Klausul#7 Realisasi Produk (Product Realization)

      7.1 Perencanaan Realisasi Produk (Planning of Product Realization)

      7.2 Proses yang Berkaitan dengan Pelanggan (Customer-Related Processes)

             7.2.1 Penetapan Persyaratan Terkait Produk

             7.2.2 Tinjauan Persyaratan Terkait Produk

             7.2.3 Komunikasi Pelanggan

      7.3 Desain dan Pengembangan (Design and Development)

             7.3.1 Perencanaan Desain dan Pengembangan

             7.3.2 Input dalam Desain dan Pengembangan

             7.3.3 Output dalam Desain dan Pengembangan

             7.3.4 Review Desain dan Pengembangan

             7.3.5 Verifikasi Desain dan Pengembangan

             7.3.6 Validasi Desain dan Pengembangan

             7.3.7 Control of Design and Development Changes

      7.4 Pembelian (Purchasing)

             7.4.1 Proses Pembelian (Purchasing Process)

             7.4.2 Informasi Pembelian (Purchasing Information)

             7.4.3 Verifikasi Produk yang Dibeli (Verification of Purchased Product)

      7.5 Ketentuan Produksi dan Jasa (Production and Service Provision)

             7.5.1 Pengendalian Produksi dan Jasa

             7.5.2 Validation of Processes for Production and Service Provision

             7.5.3 Identifikasi dan Penelusuran (Identification and Treacebility)

             7.5.4 Properti Pelanggan (Customer Property)

             7.5.5 Pemeliharaan Produk (Preservasion of Product)

      7.6 Control of Monitoring and Measuring Equipment

Klausul#8 Pengukuran, Analisa dan Peningkatan (Measurement, Analysis and Improvement)

      8.1 General

      8.2 Pemantauan dan Pengukuran

             8.2.1 Kepuasan Pelanggan (Customer Saticfaction)

             8.2.2 Internal Audit

             8.2.3 Pemantauan dan Pengukuran Proses

             8.2.4 Pemantauan dan Pengukuran Produk

      8.3 Pengendalian Produk yang Tidak Sesuai

      8.4 Analisis Data

      8.5 Improvement

             8.5.1 Continual Improvement

             8.5.2 Corrective Action

             8.5.3 Preventive Action

Akhirnya, selesai juga menuliskannya he he. Saya tidak berminat untuk menjelaskan secara keseluruhan atas poin-poin klausul yang saya jelaskan di atas. Materi itulah yang saya dapatkan selama pelatihan sehari tadi bersama 20-an karyawan yang lain dibimbing langsung oleh Pak Mirza Kurniawan. Dan tulisan ini adalah media untuk mendokumentasikan serta sebagai pengingat ketika nanti telah terlewati dalam jangka waktu yang cukup lama..

Esok hari, adalah hari ke-2 dalam rangkaian Training IMS di PT. Silva Rimba Lestari Distrik Kembang Janggut. Insya Allah materi yang akan disampaikan adalah bahasan tentang Environment Management System/EMS (ISO 14001) dan Occupational Health and Safety Management System/OHSMS (OHSAS 18001)..

Tunggu ulasannya Session#2 nya ya.. ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

**Joko Setiawan adalah Karyawan PT. Silva Rimba Lestari Distrik Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur, dengan NIK 06.101.381, sebagai Community Investment Staff, start from May 6th 2013 sampai dengan dengan sekarang.

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jum’at malam, 22 Rabiul Akhir 1435 H/21 Februari 2014 pukul 21.03 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 23 Maret 2014 pukul 08.00wita

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: