Wisuda Mahasiswa Diploma IV dan Magister Pekerjaan Sosial di STKS Bandung pada 10 Oktober 2012

Alhamdulillah, segala puja dan puji syukur hanya pantas kita haturkan ke hadirat Allah azza wa jalla karena telah memberikan nikmat yang begitu luar biasa kita semua. Tak lupa sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan alam, Rasulullah Muhammad shallallahi ‘alayhi wasallam, kepada keluarga, para sahabat, tabi’it dan tabi’in, hingga sampai kepada kita selaku umatnya di akhir zaman.

Tepatnya di hari Rabu, 10 Oktober 2012 kemarin bertempat di Aula Lantai III Kampus Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung Jalan Ir.H.Juanda 367 Bandung, Jawa Barat. Sebagian besar orang tua/keluarga memang datang menghadiri wisuda anaknya, namun hanya 10 lulusan terbaik (dari Jurusan Rehabilitasi Sosial dan Pengembangan Sosial Masyarakat) yang orangtuanya diperkenankan mengikuti prosesi wisuda secara langsung bersama para wisudawan dan wisudawati. Dan yang paling penting pada wisuda kemarin, dihadiri langsung oleh Pak Menteri Sosial RI (Dr.H.Salim Segaf Al Jufri, MA) beserta seluruh jajarannya.

Lebih senang lagi ketika Pa’e yang jauh-jauh datang dari dusun Ngembak desa Bogorejo kecamatan Bancar provinsi Jawa Timur bersama dengan Kak Wahib dan Rama (my nephew), bisa naik ke Aula Lantai III Kampus STKS Bandung karena IPK saja masuk di salah satu dari 10 lulusan terbaik pada tahun 2012 ini dengan nilai IPK 3,80. Sedangkan Kak Wahib dan Rama berada di Aula Lantai I bersama dengan ratusan orang tua lainnya yang hanya bisa menonton prosesi wisuda di Aula Lantai III melalui layar televisi.

Cukup mengesankan memang pelaksanaan proses wisuda kali ini. Urutan duduk dimulai dari mahasiswa Spesialis 1 Pekerjaan Sosial (Pascasarjana), kemudian dilanjutkan dengan mahasiswa Diploma IV Jurusan Pengembangan Sosial Masyarakat, disusul dengan dari jurusan tersebut dari angkatan di atas tahun 2008, dan terakhir barulah mahasiswa Diploma IV dari Jurusan Rehabilitasi Sosial yang ada saya salah satunya di sana. Adanya upacara adat yang dimainkan oleh UKM Garnida (Sanggar Seni Sunda) semakin menambah sakralitas kegiatan wisuda kemarin. Belum lagi lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Padus (Paduan Suara) STKS Bandung membuat suasana menyenangkan. Dan 10 lulusan terbaik itupun diberikan kesempatan untuk memberikan bunga kepada orang tua yang hadir di Aula Lantai III ketika Padus menyanyikan lagu Ayah dan Bunda. Alhasil, tak sedikit dari wisudawan (khususnya wisudawati) meneteskan air mata karena saking terharunya.

Tepat pada pukul 12.00wib, prosesi wisuda yang cukup panjang berakhir sudah. Para wisudawan dan wisudawati pun berhamburan ke bawah untuk melepaskan rasa senangnya kepada keluarga yang saat itu hadir di STKS Bandung. Kemudian, momen yang dianggap paling penting adalah foto bersama dengan memakai baju toga, baju kebesaran dalam prosesi wisuda, tentu tak terkecuali diri saya pribadi. Teman-teman pun saling mencari dan mengejar, adik-adik kelas tak mau ketinggalan peristiwa ini, di mana par kakak kelasnya yang banyak meninggalkan kesan untuk mereka harus meninggalkan kampus perjuangan ini, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung. Maka, saya pribadi pun tak luput dari momen foto bersama itu, meski tak banyak, namun ada beberapa adik kelas dan teman sejawat (satu angkatan) yang berfoto bersama saya (lampiran foto-foto ada di bawah).

Cukup ribet memang waktu itu, dan tak sempat punya waktu lama karena selain Pa’e yang cukup mengajak secepatnya bisa balik ke Bancar, saya juga harus mengorganisasikan teman-teman Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang telah dijadwalkan bisa bertemu Pak Sapto Waluyo dan Pak Musholli selaku Staf Khusus Tenaga Ahli Menteri Sosial RI di Hotel Sheraton, Bandung (letaknya hanya 200 meter dari Kampus STKS Bandung).

Demikianlah sedikit catatan tentang prosesi wisuda magister pekerjaan sosial ke-5 dan Sarjana Sains Terapan ke-46 di kampus Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung pada hari Rabu, 10 Oktober 2012. Semoga menjadi catatan pengingat dan catatan sejarah bagi kehidupan saya pribadi dan mahasiswa STKS Bandung pada umumnya.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker, fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Koordinator Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Staf Ahli DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) Bidang Relasi Publik

Selesai ditulis pada hari Kamis pagi, 11 Oktober 2012 at 06.18wib @Rumah Peradaban (Rumah Pak Rahman di Jakarta Selatan), Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

G A L L E R I E S

==

==

==

==

==

==

==

==

==

Advertisements
Comments
8 Responses to “Wisuda Mahasiswa Diploma IV dan Magister Pekerjaan Sosial di STKS Bandung pada 10 Oktober 2012”
  1. Ricky Adam says:

    Assalamualaikum Wr.Wb,,,Salam Rindu Sobat,,saya sejenak bangga,terharu,salut dan kecewa juga sama mas joe,,, salut dan bangganya saya mengenal mas joe dari mulai kita mencari kost2an dan selalu teringat sama ibu kost^_^ mas joe adalah orang yang luar biasa gigih, pintar, pokoe sangat luar biasa. mas joe adalah tauladan buat mahasiswa2 kedepan dan saya pribadi sangat kagum, kecewanya saya tidak dapat hadir di acara resepsi mas joe *_*,, salam mas joe semoga selalu sehat walafiat, selalu dijalan yang lurus, dan sukses selalu… Kapan2 main ke palabuhanratu lah mas joe
    . salam sobat,
    Ricky Adam ^_^

    • Wa’alaykumsalam warahmatullahi wabarakaatuh

      Salam kangen juga buat Ricky Adam. Halah, bangga terharu salut dan kecewa kok jadi satu he he…

      Iya Ricky mohon maaf ga sempat ngundang ya, sebenarnya sudah nyebar undangan via inviting facebook juga sih, tapi mungkin pas Ricky tidak buka FB ya, jadi tidak tahu waktu tepat akad nikah dan walimahannya..

      Hmm.. Pelabuhan Ratu ya, boleh lah, insya Allah akan liburan ke sana jika masih diberikan kesempatan usia dan kelapangan rizki. Doa terbaik juga untuk sahabat pertamaku di Bandung ini, Mas Ricky Adam.. 🙂

      Sms ke 081216135736. Tapi mohon maaf kalau tidak aktif, saya kerja di hutan Kutai Kartanegara-Kalimantan Timur. Dikit2 ga ada sinyal he he

      Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

  2. erviana says:

    alhamdulilah selamet ya smg ilmu yg di dapat dapat berguna bagi masarakat bangsa dan agama

  3. selamat ya mas Joe, semoga aku cepat menyusul memakai baju toga, hehe

  4. fasyaulia says:

    Alhamdulillah, selamat Joe! Sukses selalu 🙂

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: