Jogja for RakerNas #1 Forkomkasi 2011

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Tepatnya hari Jum’at malam, 03 Juni 2011 saya bersama dengan Sutris dari KS Unpas (Univ. Pasundan) Bandung melangkahkan kaki menuju Stasiun Kiaracondong dengan tujuan Stasiun Lempuyangan Jogjakarta dalam rangka menghadiri RakerNas (Rapat Kerja Nasional) Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (Forkomkasi). Meskipun tiket yang kami pesan  adalah Kiaracondong-Lempuyangan, namun itu merupakan tiket tanpa tempat duduk, artinya siapa cepat dia yang bakalan mendapatkan tempat duduk. Mbak-mbak yang jual tiket menyarankan kami agar menuju Stasiun Padalarang dahulu sebagai stasiun awal keberangkatan sehingga kemungkinan besar akan mendapatkan tempat duduk, apalagi jarak antara Padalarang ke Kiaracondong memakan waktu tempuh selama 50 menit.

Namun mau dikata apa lagi, usaha itu telah kami lakukan dengan harapan bisa mendapatkan tempat duduk, nyatanya kami tetap berdiri karena semua tempat duduk telah penuh. Akhirnya kami pun berdiri dari Padalarang hingga Lempuyangan. Banyak cerita di dalam kereta ekonomi Kahuripan itu antara saya, Sutris, dan beberapa penumpang di dalamnya. But, dibuat enjoy saja, perbincangan demi perbincangan pun mengalir dan tak terasa kereta sudah hampir sampai di Stasiun Lempuyangan.

Waktu menunjukkan pukul 06.30wib dan kereta yang kami naiki pun berhenti di Stasiun Lempuyangan. Di sana kami dijemput oleh Aziz, Sekjen Pengurus Sekretariat (PS) sekaligus seksi supir riwa-riwi (ya karena dia yang bisa bawa mobil dan tahu jalur di Jogja ini). Dari Lempuyangan, mobil pun melaju ke Asrama Tangerang milik HIMATA (Himpunan Mahasiswa Tangerang). Ternyata teman-teman yang sudah sampai duluan, semuanya menginap di Asrama Tangerang tersebut. Sesampainya di sana, saya dan Sutris bergegas mandi dan jam 07.30wib kami semua harus sudah berangkat menuju Kampus UIN Sunan Kalijaga (Suka) Jogjakarta.

Pembukaan secara formal dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lantai II Fakultas Dakwah UIN Suka Jogjakarta yang dimulai tepat pada pukul 08.15wib. Susunan acara formal tersebut terdiri dari: Pembukaan; Pembacaan Kalam Al Qur’anul karim; Sambutan Ketua Panitia, Dewan Formatur, dan juga Ketua Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Suka sekaligus membuka secara resmi acara RakerNas Forkomkasi ini; Penutup.

Setelah acara penutup, tibalah pada acara inti yang disampaikan oleh Pak Sapto Waluyo selaku Staf Khusus Ahli Menteri Bidang Media Komunikasi dan Informasi. Pak Sapto menyampaikan dukungan penuh dari beliau ketika Forkomkasi hendak mengadakan audiensi dengan Menteri Sosial. Beliau juga sedikit banyak mengupas tentang sejarah pergerakan mahasiswa, apakah akan dibawah ke dalam ranah intelektual, pengabdian masyarakat, atau bahkan ke arah politik praktis. Namun pesan beliau adalah bahwa semoga Forkomkasi ini dapat menjadi suatu gerakan sosial yang dapat memberikan manfaat bagi anggotanya, masyarakat dan juga berpartisipasi aktif di bidang kebijakan. Beliau juga menambahkan informasi mengenai akan diadakannya ASEAN Social Work Summit pada tahun 2011 di Bandung, mahasiswa dapat juga ikut andil di sana supaya tidak ketinggalan informasi tentang pekerjaan sosial yang paling mutakhir.

Setelah itu Pak Sapto meminta paparan gambaran Forkomkasi mulai dari pembentukan (kongres) dahulu hingga sekarang, dan laporan dari Hilman selaku Ketua Dewan Formatur Forkomkasi yaitu mulai dari penyusunan sistem kepengurusan hingga perekrutan dan pada waktu ini akan dibahas rapat program kerja Forkomkasi selama satu tahun ke depan. Sesi tanya jawab pun dibuka dan berlangsung seru dengan partisipasi aktif dari Adhit IISIP, Vandy UGM, Sarta UIN Syahida Jakarta, dan Bayu Unej Jember.

Agenda selanjutnya adalah sesi ramah tamah oleh seluruh peserta RakerNas. Adapun hasil dari perkenalan tersebut, mereka semua antara lain dari: 1)STKS Bandung, 2)UIN Syahida Jakarta, 3)Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), 4) IISIP Jakarta, 5)Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, 6)Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, 7)Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, 8)UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, dan 9)Universitas Negeri Jember (Unej).

Dalam sesi ramah tamah tersebut didapatkan satu gambaran tentang pandangan dan harapan teman-teman yang hadir dalam RakerNas ini yaitu: 1)Menjalin relasi, komunikasi dan silaturahmi antar universitas, 2)Meningkatkan eksistensi jurusan Kessos/Peksos, 3)Mengembangkan ilmu dan pengetahuan bidang pekerjaan sosial. Pada intinya, 3 ranah itulah yang membawa kami memiliki satu frame pemikiran yang sama.

Pukul 14.00wib kami transit dari UIN Suka menuju ke Gubug Surya Indah Villa Kaliurang. Namun sebelum kesana, kami sepakat untuk mengunjungi lokasi bekas erupsi Gunung Merapi di Desa Kinahrejo. Sungguh saya tak pernah berpikir dapat mengunjungi tempat ini, namun kawan-kawan panitia RakerNas telah menyiapkannya. Good Job kawan 😉 Dan banyak foto-foto kenangan menarik yang bisa kita simpan bersama-sama.

Kami pun tiba di Gubug Surya Indah sekitar pukul 17.00wib. Istirahat sejenak hingga waktu Isya’ dan makan malam, setelahnya baru kemudian dilanjutkan pada acara RakerNas (Rapat Kerja Nasional) Forkomkasi yang langsung dipimpin oleh Mas Hilman selaku Ketua Dewan Formatur Forkomkasi.

Jam dinding menunjukkan pukul 20.15wib dan kemudian agenda RakerNas pun kami mulai dengan jadwal pada Sabtu malam, 04 Juni 2011 sebagai berikut:

  • Pembahasan tata tertib (tatib)
  • Sosialisasi job description
  • Pembagian peserta ke dalam tiap departemen-departemen
  • Pembahasan program per departemen
  • Penggabungan program kerja dari tiap departemen menjadi satu program kerja Forkommkasi dengan alokasi waktu yang tersedia
  • Pembuatan Renstra

Namun karena pembahasan yang begitu semangatnya hingga pada pukul 02.30wib, maka forum kami sepakati untuk diskors dengan masih menyisakan dua poin terakhir yang masih belum dibahas. Oleh karena itu dari 3 hal yang dijadwalkan harus dibahas pada Minggu, 05 Juni 2011 berubah menjadi 5 hal pokok dan satu usulan pembahasan sebagai berikut:

  • Penggabungan program kerja dari tiap departemen menjadi satu program kerja Forkomkasi dengan alokasi waktu yang tersedia
  • Pembuatan Renstra
  • Sosialisasi pedoman dasar Forkomkasi
  • Pembentukan tim majalah
  • Pelantikan pengurus

Melihat dari absensi yang sempat saya lihat, terdapat 24 peserta Kongres dari 9 universitas. Saya sendiri pun mendapatkan amanah di Forkomkasi ini pada anggota Departemen Public Relation (PR), padahal sebelumnya saya mendaftarkan diri pada Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang). That’s no problem, saya akan tetap optimal untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran yang dapat saya sumbangsihkan kepada Forkomkasi milik kita bersama ini. Adapun secara lengkap susunan kepengurusan Pengurus Sekretariat (PS) adalah sebagai berikut:

  • Sekjen (Sekretaris Jenderal)
  • Kesekretariatan
  • Bendahara Umum
  • Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
  • Departemen Media Informasi dan Komunikasi (Medfokom)
  • Departemen Public Relation (PR)
  • Departemen Kewirusahaan (Kewirus)

Minggu, 05 Juni 2011

Acara yang semula dijadwalkan akan dimulai pada pukul 07.30wib menjadi molor hingga pada pukul 08.30wib. Tidak disangkal memang bahwa kami semua dalam kondisi capek karena sebelumnya menyelesaikan agenda hingga pukul 02.30wib. Pembahasan pun dimulai dengan membahas program-program kerja dari masing-masing departemen untuk digabung menjadi satu tahun dan satu kesatuan program kerja dari Forkomkasi ini. Meski menjabat selama setahun, namun kami hanya bisa efektif bekerja  selama 7 bulan saja karena 1.5 bulan untuk persiapan kongres ke-2 Forkomkasi.

Seperti biasa, raket diwarnai dengan berbagai macam ide dan gagasan termasuk saya sendiri yang banyak mengusulkan program kerja yang sifatnya sebagai masukan dan bahan pertimbangan dari departemen yang terkait. Hingga pada penyusunan Renstra Forkomkasi tentu masih dipenuhi dengan berbagai interupsi dan masukan yang berguna bagi penuntun arah dan tujuan Forkomkasi ini.

Setelah usai pembahasan Proker dan Renstra, selanutya adalah agenda pembentukan Tim majalah Forkomkasi yang disetujui forum dengan membentuk Tim majalah ini di luar departemen yang sudah dibentuk. Mereka antara lain (namun nama-namanya belum lengkap):

Pimpinan Redaksi : Aziz Suhendar dari PSdK UGM

Redaktur: Joko Setiawa STKS; Vandy UGM, Adhit IISIP Jakarta

Fotografer: Cholib UGM

Desain Grafis: Ata Unpad, Hilman Unpad

Marketing: Aldi UMJ, Lintang UGM

 Majalah yang akan kami susun disepakati dengan nama WELMAGZ (Welfare Magazine). Dan sebelumnya juga disetujui mengenai iuran anggota dan logo Forkomkasi.

Di sesi akhir, yaitu pelantikan anggota Pengurus Sekretariat (PS) yang dilantik langsung oleh Ketua Dewan Formatur Forkomkasi. Acara pelantikannya pun cukup hikmat dan berakhir dengan foto bersama untuk lebih mengakrabkan kami sesama pengurus dan menjadi kenangan manis bersama.

Salam semangat selalu by Joko Setiawan aka Amkmjs2011, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Dipublikasikan pada Selasa pagi, 07 Juni 2011 at 06.30wib  @Neru Net, Dago-Bandung, Jawa Barat

Last updated at 19.43wib on Sabtu malam, 04 Juni 2011 @Kamar Villa Kaliurang, Jogja

Last updated at 06.43wib on Sabtu malam, 05 Juni 2011 @Kamar Villa Kaliurang, Jogja

Last updated at 10.23wib on Senin pagi, 06 Juni 2011 @Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Kampus UIN Jogjakarta

***NB: Ini adalah live report yang saya susun dalam 3 waktu yang berbeda

G A L L E R I E S

===

===

===

===

===

===

===

===

===

===

Advertisements
Comments
2 Responses to “Jogja for RakerNas #1 Forkomkasi 2011”
  1. Faizal Waliy says:

    Maaf lancang. Masih punya kontak Gubug Surya Indah?

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: