Ceritaku Masuk STKS Bandung

Aku jadi inget, beberapa waktu yang lalu banyak teman-teman yang menanyakan seperti ini, “Eh Jok, gimana sich ceritanya kamu bisa masuk di STKS ini?”. Deg, langsung saja aku kaget. Belum pernah sebenarnya aku berfikir kenapa ya aku bisa masuk di sini, bahkan aku sempat tidak sadar owh ternyata aku sudah ada di sini ya, di STKS Bandung. He he he aneh yaw..
Tapi kalo diminta untuk menjelaskan, aku bisa masuk di STKS ini merupakan sebuah proses yang panjang dan memang kejadian kebetulan-kebetulan (tapi aku menyebutnya sebuah jalan yang diberikan oleh Allah SWT). Awalnya aku tidak tahu menahu tentang PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) yang namanya STKS atau Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial ini. Ini semua bermula ketika aku memulai pencarian agar bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dengan mendapat beasiswa atau masuk di Perguruan Tinggi Kedinasan dengan free cost atau dibiayai oleh pemerintah secara penuh. Nah, dari sinilah dimulai pencarian demi pencarian dan ketika sedang surfing di internet, aku menemukan salah satu BLOG anak STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) Bogor. Dia menuliskan bahwa sekitar akhir bulan Juni 2008 akan diadakan PTK Expo yang diadakan di GOR Volley Indoor Senayan Jakarta. Ya akhirnya dengan penuh semangat aku dapat menghadiri PTK Expo tersebut, di sana aku memperoleh pengetahuan baru tentang banyaknya PTK-PTK di Indonesia, namun sayangnya masyarakat kita banyak yang kurang tahu bahkan tidak tahu sama sekali mengenai keberadaan PTK-PTK ini, sebut saja STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), AIM (Akademi Imigrasi), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) dan masih banyak lagi termasuk STKS juga, tapi aku yakin kalian pasti masih sangat asing kan dengan PTK-PTK ini, sama, aku juga dulu itu baru tahu, owh ternyata ada ya, yang aku tahu hanya STAN dan IPDN saja.
Ternyata banyak sekali yaw PTK-PTK yang bisa menjadi pilihan, eits jangan salah, ternyata PTK-PTK ini juga mematok persyaratan tertentu untuk menjaring para calon mahasiswanya. Nah, dari sekian banyak PTK-PTK ini, PTK yang bisa aku masuki adalah hanya di STKS saja. Kenapa..?karena yang lainnya ada yang mensyaratkan bahwa harus lulusan SMA jurusan IPA, atau ada yang harus dari SMK jurusan Elektro, Mesin atau Listrik, ada yang harus memiliki tinggi badan minimal 175 cm, aduh..pusing dech, padahal tahu sendiri background aku tuh dari SMK jurusan Geologi Pertambangan dan hanya memiliki tinggi 165 cm. Hanya STKS inilah satu-satunya PTK yang hadir dalam PTK Expo tersebut yang berbaik hati bahwa pokoknya dari SMA/SMK/MA sederajat itu sudah bisa mendaftar dan mengikuti ujian saringan masuk. Lalu dengan bertanya sedikit tentang STKS ini di Stan pamerannya(tanpa mendapat brosur karena sudah habis) aku berniat untuk mendaftar di sini. Lalu aku bertanya, apakah harus mendaftar dan mengikuti tes di Bandung..?Ternyata tidak, di Jakarta sendiri kita bisa mendaftar dan tes di kantor DEPSOS RI jalan Salemba Raya Jakarta Pusat. Akhirnya mulailah aku mendaftar di sana, lalu ada satu kendala lagi, ternyata yang mendaftar di sini tidak bisa atas nama perorangan, artinya kita harus bisa mendapatkan rekomendasi dari salah satu ORSOS, LSM ataupun organisasi berbasis kemasyarakatan lainnya (dalam kenyataannya kita bisa minta dari Karang Taruna atau dari Remaja Masjid, dan kebetulan aku sendiri dapat rekomendasi dari Masjid Al-Jihad Jakarta Utara).
OK lah aku sudah mengantongi semua persyaratan untuk mengikuti tes masuk STKS ini, akhirnya tes pun dimulai dan yang mengherankan lagi (dan aku juga sempat ragu) yang ikut tes kok cuman 24 orang itupun digabung dengan calon mahasiswa yang sudah pegawai negeri. Tapi its OK lah. Terus saja aku mengerjakan soal dengan penuh keyakinan karena kemaren-kemaren udah belajar dengan sungguh-sungguh. Tes sudah selesai, tinggal menunggu pengumuman kelulusan dan pada saat pengumuman aku langsung telfon ke STKS langsung dan menanyakan apakah lulus atau tidak. Alhamdulillah, ternyata aku lulus dan merupakan salah satu penerima beasiswa yang disebut dengan IB PBP (Ijin Belajar Penerima Bantuan Pendidikan).
Inilah jalan ceritaku kenapa bisa sampai di STKS. Memang sich ceritaku ini tidak begitu menarik, tapi bagi sebagian orang yang ingin terus mempertahankan asanya dalam mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi meskipun tidak mempunyai dana atau orang tua tidak mampu membiayai, ceritaku ini bisa untuk dijadikan pecut bagi kita untuk terus maju. Yakinlah ketika kita ingin mengubah keadaan kita saat ini selalu MESTAKUNG (meminjam istilah dari AA Gym) yang artinya semesta akan selalu senantiasa mendukung dan tentu saja harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan jalan kita.
Selalu ZemangaTz….

Comments
59 Responses to “Ceritaku Masuk STKS Bandung”
  1. salma says:

    Kak stks boleh anak sma jurusan ipa tidak? Trs kalau lulus berarti blm pns ya?

  2. Muiz says:

    Ka maaf apakah setelah lulus langsung ditempatkan kerja/PNS tidak?

  3. nur azmi says:

    Kak maaf numpang nanya klo penilaian stks sama kaya sb gak
    Jadi gak harus ke isi semua
    Atau sama kaya un harus ke isi semua soalnya

  4. Galuh says:

    permisi.. saya ingin bertanya, saya salah satu siswa SMA di Jakarta Timur. kalau masuk STKS ini apakah mendapat gelar S1/Diploma ya kak? lalu, waktu ujian masuknya apa aja ya yg diujikan? hehe makasih kak sebelumnya

  5. diana says:

    Kak angkatan brpaa? Itu persyaratannya pake nilai skhu ga? Sekarang persaingannya udah ketat kayak stan atau msh kayak jaman kakakk dlu? Mohon info ya. Makasij

  6. Anonim says:

    Kak kalo tinggi badan cuma 150 cm bisa daftar tidak. Makasih

    • Angkatan saya dulu (2008) sih boleh. Kalo untuk sekarang sepertinya juga boleh. Silahkan download brosur Penerimaan MABA tahun 2015 dari website STKS Bandung. Jika tidak ada persyaratan tinggi badan,berarti masih boleh 🙂

  7. rere says:

    Ka, mau tanya dong kalau untuk lulusan dari smk jurusan farmasi kira2 bisa gak yah buat masuk ke stks? Mksih

  8. fian says:

    kak mau nanyak. gmana cara kk dapet rekomendasi dari salah satu ORSOS kan dlu kk gag ikut di ORSOS satupun ?

  9. Ika Mulyani says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    kak mau tanya, untuk masuk STKS bisa tanpa tes tidak ? seperti SNMPTN

  10. Kak bantu saya yah insyaAllah aku mau masuk, udah niat banget (semoga Allah meridhoi)
    aku baru SMK kelas XII, aku akan giat belajaaaaaaaaaaaaaaaaaar! bismillah :))
    semoga kalo waktunya udah deket aku bisa comment lagi disini 😀 fokus UN dulu kak! SEMANGAT!:D

  11. nunu says:

    kak saya maunanya, terus lulus dri situ nggk langsung kerja? jadi kita nyari sendiri kak? kerjanya di mana kak?

    • Pasca lulus dapat kerja dan tidak dapat kerja itu kan tergantung kita pribadi ya.. Saya pasca lulus dari STKS langsung kerja, dengan nyari sendiri tentunya (dibantu link dari alumni)..

      Sekarang kerja di PT. Silva Rimba Lestari sebagai Community Investment..

  12. diahpdaenni says:

    ka aku mau tanya, setelah aku baca cerita di atas, aku narik kesimpulan berarti stks menerima lulusan SMA jurusan IPS ? bener ga ka ?

  13. Umatun ^^MJSAMK^^ says:

    yupz. the important is process
    ^^

    slam hangat from M*SAM*
    ^_^

  14. umatun says:

    mas mas… boleh nanya nggak masuk STKS itu ada syaratnya nggak siiiy????? hihihihihi ^^

  15. Ridwan says:

    Ass. .
    Kak. .Alhamdulillah aq lulus stks IB Pemkot. .
    Bisa djelasin gak apa itu. .
    Dan mohon bntuannya di kmpus Stks. .
    Makasih kak. .

    • bocahbancar says:

      Wa’alaikum salam wr.wb…
      Yups..Alhamdulillah… 🙂
      IB Pemkot yawh, mungkin sebaiknya tanyakan kepada kakak tingkat yang sama-sama dari Pangkal Pinang saja, yang penting sekarang sudah masuk kan.. 🙂
      Sampai ketemu di STKS Bandung

  16. Ridwan says:

    Kak. .mau tanya. . .
    Pengumuman kelulusan Stks di pangkalpinang kok blum ad. .katanya tgl 29 juli. .sementara tempet laen udah hari ini. .gmana mnurut k3. . . .

  17. aldila putri says:

    mz,aq di konfirm ya….

  18. aldila putri says:

    o iya,alamat fb mz apa? boleh aq add? tq b4
    doain ktrima ya mz….

  19. aldila putri says:

    assalamu’alaikum mas…. enk ya udah ktrima… aq taun ni udah daftar mas,deg2an nunggu waktu ujian… emang nilai uan jg mempengaruhi ya mas? waktu angkatan mas,dr jakarta berapa yang diterima? makasih,wslm…

    • bocahbancar says:

      Wa’alaikum salam wr.wb….
      Hhmm…Ya sistem penilaiannya saya tidak terlalu tahu sich….
      Angkatanku dulu(tahun 2008) dari Jakarta yang diterima 13 orang, 7 mahasiswa IB dan 6 mahasiswa TB(Tugas Belajar)–>Sudah PNS

  20. umatun says:

    ehem ehiy mas,,,, bleh jdi tmen d facebook gak? anna pengen tau banyak about stks,,

  21. umatun says:

    aslmkuuum,,, wa…h,, asyk y,,, dah jdi bagian dri stks,,, mas law bleh tau,, so’al testnya dlu,,, susah gk???

    • bocahbancar says:

      Wa’alaikum salam wr.wb…
      Hhmm…Ya alhamdulillah….
      Untuk soal dulu, tidka terlalu sulit kok kalau Umatun sudah terbiasa ngerjain soal2 UAN dengan jujur dan sedikit soal2 yang mirip dengan soal2 STAN..
      Semoga berhasil yawh….

  22. Agung Budi Fitrah B. says:

    Kalo ndak ada, misalnya kayak bagaimana tesnya?
    Maksudnya jumlah soal,materi soal, dan lama pengerjaannya!!

    Thanks Before!!!

    • bocahbancar says:

      Hhmm….wah itu setahun yang lalu yawh, saya tidak menyangka bakalan datang banyak pertanyaan mengenai bagaimana bentuk soal tesnya….

      Seingat saya, soalnya benar-benar tidak sesulit yang dibayangkan kok, yang musti kalian persiapkan ya soal-soal english Grammar dan pemahaman bacaan, MTK nya itu matematika dasar yang mirip dengan soal STAN dan bahasa Indonesia nya ya mirip dengan waktu UAN lah…

      Lama pengerjaan sudah disesuaikan kok, ga akan kurang waktu dech…

      Untuk contoh soal kongkritnya saya tidak bisa memberitahu, karena memang sudah benar2 lupa…

  23. Agung Budi Fitrah B. says:

    Assalamu alaikum.

    Gini mau tanya tentang soal-soal stks waktu seleksi?
    Aku tuh dari Sengkang, Sulawesi selatan.
    Bingung dimana bisa dapat masalahnya nanti tanggal 30 juni udah tesnya!!

    Tolong mas secepatnya!!

    • bocahbancar says:

      Wa’alaikum salam wr.wb…

      hmm….Kelihatannya sudah bingung sekali yawh, memang sich kami tidak mempunyai soal-soal tes masuk STKS karena memang soal itu bersifat rahasia…

  24. syahrul fahmi says:

    Aduh tes tertulis kyaknya bersamaan dg SNMPTN, gana ya?? hrs pilih yg mana, smentara persaingan sgt ketat. Di makasar yg mau diterima hnya dua org yg daftar 300-an… Mudhan2 bisa…

  25. Rhara says:

    Salam..

    Saya mau nanya..
    ada nggak prediksi soal2 ujain masuk STKS..??
    atau setidakntya ada soal2 taon kemaren tidak..??

    kalo ada,,
    boleh tau nggak..??

    Thankz Before..

    ””’^_^

    • bocahbancar says:

      Salam kenal juga Ra…
      Waduh kalo prediksinya memang tidak ada sama sekali, karena sekali tes, soal dikembalikan dan sudah ..LUpa semua soalnya kayak gimana,….
      Hhmm..Maav yawh tidak ada nich, dan satu pun tidak ada yang punya,..

      Kecuali ada KKN dari pihak lembaga STKS, nah itu yang perlu ditindak he he he….

  26. dhelta says:

    o…. gitu ya mas!!!!
    mas, dulu waktu mas daftar tu harus pakai ijazah asli ya mas???
    lw misale hanya ijazah sementara atau surat keterangan dari skul aku gimana? kan nie ijazah kuu blm kluar.
    mas dulu dftrnya masuk regional mana ?
    syarat2 pendftrannya apa?
    materi yang diujikan mencakup pancasila,UUD, logika dll nach yang aku bingungkan adalah materi UU dan pancasilia, bisa dijelaskan model soalnya kayak apa??
    maaf kalau tanya banyak2

    • bocahbancar says:

      Iyah, saya bawa Ijazah asli saya dulu…
      Surat keterangan dulu juga bisa kok kalo untuk daftar ajah…
      Dulu saya tes di Jakarta(DEPSOS RI)..
      Syarat2 sudah sangat lengkap bisa kamu download di postingan saya di atas…
      Model soal tidak bisa saya jelaskan karena memang soalnya ya biasa-biasa ajah…
      Pelajari saya semampu kamu OK….

  27. AGUNG RAMADAN says:

    Assalamualaikum mas,Oh ya gimana sih cara masuk STKS,aku bingung!Sekarang aku berusaha banget nyariin informasi tentang sekolah favorit ini!

  28. dhelta says:

    Aii mas,,,
    aq dhelta.
    mas, termsk mahasiswa STKS yang IB PBP kan,
    nah tolong donk mas q jlsn tu gmn????
    makasih ya mas,,
    jawabannya kirim ke email q az ya

    • bocahbancar says:

      Hai juga…
      Iyah, alhamdulillah…
      Sebenarnya tidak ada kriteria khusus, jadi semua yang menentukan adalah Lembaga STKS sendiri, ketika Nilai UAN kamu bagus dan Ujian tulis masuk STKS juga bagus, maka dengan sendiri nya kamu sudah bisa masuk sebagai mahasiswa IB PBP..

      memang sich tidak transparan, jadi orang luar tidak akan bisa tahu siapa2 yang nantinya akan menjadi Mahasiswa IB PBP, semua adalah Hak Prerogratif Lembaga STKS diperhitungkan dari nilai ujian UAN dan Ujian Tulis kamu..

      Hhm..Semoaga bisa membantu memberikan penjelasan..

      Salam hangat Bocahbancar…..

  29. lely says:

    asalamualaikum…
    mas,,lg bngung bgt ne skrng dah klas XII n mw nglnjutin dmn juga bngung.. pgnx y d kdnasan, dan tentu di STKS..tapi kok serasa ga ada gmbaran sdikitpun yaw..Bs ksh tw g mas ky tipe seleksi masukx gitu…soal – soalx dll…
    —————————————————————
    Wa’alaikum salam wr.wb..
    Mmm..Iyah memang sudah fenomena sich saat saat mau lulus ini bakalan bingung mau nentuin kemana, iay kalo memang smart dan ada uang untuk biaya ini itu sich ga masalah, tapi kalo seperti saya ini, ya bingung dex sama he he he..
    Mmm..Ini gambarannnya, STKS itu sekolah tinggi kedinasan di bawah naungan DEPSOS(Departemen Sosial) RI..Mahasiswanya ada 4 status, yakni :
    1. TB(Tugas Belajar) yaitu merupakan PNS dari lingkungan DEPSOS sendiri maupun dari instansi2 pemerintah lainnya
    2. ID(Ikatan Dinas). Untuk sementara ini Ikatan Dinas hanya berasal dari daerah Makasar dan Pangkal Pinang(Bangka Belitung), ya karena kerjasama daerah dan STKS baru dari 2 daerah ini, kemungkinan di tahun tahun berikutnya akan bisa dari daerah Jawa dan daerah lainnya
    3. IB(Izin Belajar). Yakni dari lingkungan masyarakat, namun yang mendapat rekomendasi dari LSM, ORSOS, maupun Organisasi2 sosial lainnya
    4. IB PBP(Izin Belajar Penerima Bantuan Pendidikan) alias mahasiwa IB beasiswa dari DEPSOS RI

    Untuk masalah seleksi soal dan sebagainya bisa kamu baca di sini https://bocahbancar.wordpress.com/stks-bandung/apa-sich-stks-itu/

    Semoga bermanfaat dex..

  30. PnPworker says:

    mas aku tolong infonya yah… aku pengen tau tentang kepastian kerja disana gimana? apakah 100% ??? trus kita jadi apa mas? oh iy… kira2 gajinya berapa kalo dah lulus dan diterima di kantor ? tolong indfonya lewat mail ya mas di erick_hamonangan@yahoo.com semoga allah membalas. amien tolong ya mas…….

    ———————————————————————
    Hai Rick..

    Di STKS ini mahasiswa dengan status IB(Ijin Belajar) tidak ada jaminan untuk bisa diterima kerja secara langsung, baik di lingkungan DEPSOS ataupun LSM dan sejenisnya. Yang bisa mendapat jaminan kerja itu hanya mahasiswa yang berstatus ID(Ikatan Dinas) PEMDA yaitu untuk semntara mahasiswa ID hanya berasal dari Pangkal Pinang(Bangka Belitung) dan Makasar(Sulawesi Selatan)..

    Kalo lulus untuk lulusan seperti kita(lulus D-IV) insyaallah akan menempati Golongan IIIB(berapa gaji Gol.IIIB)..

    Demikian jawaban yang bisa saya utarakan..

Tinggalkan Jejak ^_^

