Bekal Kemampuan Administrasi yang Meringankan

Bismillah..

Semenjak bekerja pertama kali bersama NGO KerLiP di Bandung pada pertengahan hingga akhir tahun 2011 (masih mahasiswa tahun terakhir), tugas saya memang adalah terkait persoalan administrasi. Waktu itu project yang saya kerjakan bersama tim adalah Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Sekolah (PRBBS) di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pekerjaan selanjutnya juga ketika di PeDe Corp Jakarta semenjak lulus Oktober 2012 hingga akhir tahun 2012, pekerjaan saya juga banyak berkaitan dengan administrasi, khususnya laporan kegiatan, absensi dan lain sebagainya. Kemudian, di Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Jakarta pada Januari-April 2013 saya juga kebagian posisi admin untuk Departemen Disaster Risk Management (DRM) yang banyak mengurus soal LPJ keuangan, data penerima manfaat, dan tentu saja, laporan kegiatan.

Nah, semua kesinambungan di atas saya rasakan amat sangat bermanfaat. Saya yang pada dasarnya tak begitu menyenangi keadministrasian, ternyata harus bergelut juga dengan bidang ini. Tak terkecuali posisi saya di PT. Silva Rimba Lestari, Distrik Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara-Kalimantan Timur ini. Lagi-lagi, posisi admin saya tempati untuk meniti karier sebelum praktik Community Investment/Development saya kerjakan.

Namun, bukan berarti saya kecewa dengan posisi sekarang ini. Yang saya lihat adalah sisi lain dari ini semua. Yakni ternyata, memang sudah menjadi sunnatullah ya. Semakin tinggi posisi, maka urusan administrasi ini harus dikuasai. Seorang pekerja (staf) memang adalah pekerja lapangan, namun ketika kita mulai berbicara karier dan kenaikan posisi/jabatan, maka kemampuan manajemen sekaligus kerapian administrasi itu diperlukan. Hal ini saya simpulkan dari interaksi dengan Mas Indra selaku Supervisor Departemen Community Investment (Comvest), dan di atas beliau ada Pak Markuat selaku Superintendent Comvest. Suatu saat, posisi saya nantinya juga akan sama seperti beliau berdua bukan? Maka, inilah yang saya sebut dengan Bekal Kemampuan Administrasi yang Meringankan. Alhamdulillah ^_^

InsyaAllah, dengan modal kemampuan administrasi di tiga pekerjaan yang sebelumnya, maka tugas-tugas saya di sini terasa tidak begitu berat. Paling tidak ya, saya tidak kaget dengan urusan administrasi yang acak adut dan harus segera dirapikan agar ke depan kegiatan dapat lebih berjalan lancar dan sesuai target yang telah ditetapkan, bahkan bisa jadi melampaui jauh dari harapan awal yang disematkan. InsyaAllah..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah ^_^

Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, An Activist, A Community Developer, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Community Investment Staff of PT. Silva Rimba Lestari (Agra Bareksa Group)

Selesai ditulis pada hari Sabtu pagi, 11 Mei 2013 pukul 06.12wita @Kamar No.2 Mess “Enggang” Karyawan PT. Silva Rimba Lestari District Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu, 25 Mei 2013 pukul 08.00wita.

Comments
One Response to “Bekal Kemampuan Administrasi yang Meringankan”

Tinggalkan Jejak ^_^

