Menghadiri Kegiatan Seminar Internasional tentang Kewirausahaan Sosial di Kampus UNPAD Dipati Ukur

Entrepreneur Summit Unpad Maret 2011

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Sebelumnya saya sangat mengapresiasi pihak KS Unpad yang sering sekali mengadakan seminar bertaraf nasional dan Internasional. Pada Juni 2010 kemarin, saya menghadiri Seminar Nasional tentang Social Enterprise untuk kali pertama, kemudian pada Desember 2010 diadakan seminar nasional tentang child protection dengan sponsor utama dari Save The Children, dan pada acara yang terakhir kemarin, yakni pada tanggal 2 dan 3 Maret 2011 telah diadakan pula seminar nasional dan internasional tentang Social Enterprise jilid II dengan sponsor utama dari British Council.

Memang saya akui, mengenai acara seminar-seminar semacam ini, mahasiswa STKS Bandung kalah jauh dibandingkan dengan KS UNPAD. Meskipun acara-acara besar juga lumayan sering diadakan di STKS Bandung, misalnya yang terakhir kemarin adalah Seminar Internasional kerjasama STKS Bandung dengan USM(Universiti Sains Malaysia) dalam balutan tema “Social Work Update Jilid II”. Pemakalahnya pun adalah dari dua negara, Indonesia dan juga Malaysia. Namun itu adalah hasil kerja dosen, panitia penyelenggaranya pun adalah dari kalangan dosen. Sejauh yang saya ketahui sejak bergabung di STKS Bandung pada Agustus 2008 silam hingga pada saat saya menulis report ini, belum pernah sama sekali yang namanya mahasiswa STKS Bandung mengadakan acara besar berskala nasional, boro-boro acara berskala internasional :-(

Pada hari pertama (Rabu, 2 Maret 2011) memang merupakan acara intern bagi mahasiswa KS UNPAD sendiri, dan baru pada hari kedua lah (Kamis, 3 Maret 2011) dilaksanakan seminar Internasional dengan tema “CSR and Social Enterprise: The Best Practice and Professional Skill”.

Masuk kepada substansi dari acara seminar tersebut. Seminar ini terbagi menjadi 2 sesi, sesi I adalah penjelasan tentang Social Enterprise dan sesi II adalah tentang praktek CSR dari perusahaan.

SESI #1 Social Enterprise 09.30-11.00wib

Pembicara I: Mr. Tommy Hutchinson from I-genius UK. I-genius merupakan komunitas global bagi para pelaku social enterprise di seluruh dunia

Beliau banyak berbicara tentang apa itu social entrepreneurship, praktek social enterprise di UK, bagaimana menangkap peluang dalam bidang social enterprise, masa depan cerah dari social enterprise hingga pada apa yang bisa kita lakukan untuk memulai social enterprise ini. Saya tidak akan berpanjang lebar menjelaskan isi makalahnya di sini, namun Anda dapat mendownload dan membacanya di sini (belum diupload)

Pembicara II: Pak Heri Wibawa, dosen KS UNPAD

Pak Heri Wibawa member judul makalahnya dengan “Kewirausahaan Sosial dalam Pekerjaan Sosial: Literatur Review”. Nah, sesuai dengan judulnya bahwa sebagai literature review, Pak Heri mengawali makalahnya dengan definisi-definisi ilmiah dari social entrepreneurship dan segala hal yang berkenaan dengannya. Dan ada yang menarik yakni adanya pemaparan yang sama sekali baru tentang paradigm social entrepreneurship dan nanti dapat dilihat langsung dengan mendowload paparan presentasinya. Pada intinya, tugas seorang peksos dalam hal ini adalah sebagai profesi empowering, penguatan internal dari diri individu dan membuat orang berdaya untuk berwirausaha. Makalah dari Pak Heri dapat didownload di sini (belum diupload)

SESI #2 CSR di Perusahaan 11.00wib-12.30wib

Pada sesi ini ditampilkan pemaparan CSR dari Aqua dan juga pandangan CSR dari akademisi, yakni Pak Santoso Tri Raharjo dari dosen KS UNPAD. Yang saya ingat, apa yang disampaikan ini sangat menarik sekali, namun sayangnya saya belum bisa share bahan presentasinya dikarenakan belum dikirim oleh teman-teman dari panitia pelaksana seminar ini. Semoga beberapa hari lagi sudah dikirim dan akan saya upload di sini.

Itulah beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di Aula Graha Sanusi kampus UNPAD Dipati Ukur, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semuanya.

Salam semangat selalu by Joko Setiawan, Mahasiswa Jurusan Rehabilitasi Sosial kampus STKS Bandung angkatan 2008

Ditulis pada Sabtu pagi, 05 Maret 2011 at 02.30wib @Neru Net, Dago-Bandung, Jawa Barat

About these ads
Comments
14 Responses to “Menghadiri Kegiatan Seminar Internasional tentang Kewirausahaan Sosial di Kampus UNPAD Dipati Ukur”
  1. Dey says:

    Bolehkah minta materi-materi dari Seminar tersebut?:)

  2. hmm bukan UNPAD yang di jatinangor jg ya

  3. bchree says:

    pastinya seneng dan dapat ilmu banyak ya mas bisa ikut seminar se keren itu, bagi2 ilmunya dong
    ………………………………….
    Mohon maaf mas, mohon doa dan bantuannya di

    http://bchree.wordpress.com/2011/03/09/mohon-do%E2%80%99a-dan-bantuannya/

    jazakumullah …

  4. dhe says:

    dhe juga ada temen di UNPAD, waaahh jangan2 kalian kenal nih.. hehe..

    acaranya keren mas, kapan2 undang UNSRI yaaa.. :D

  5. sibair says:

    Pembicaranya orang hebat-hebat.. pasti dapet banyak manfaat :D

  6. Salam persohiblogan
    Baru update dan BW lagi nih daku

    Sukses ya dik!

Trackbacks
Check out what others are saying...


Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: