Sertifikat Training CSR & Comdev Tahun 2022 – Social Return On Investment (SROI)

SERTIFIKAT TRAINING MARET 2022

SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI)

BERSAMA SOCIAL INVESTMENT INDONESIA (SII)

BOGOR, 27 – 29 MARET 2022

Sertifikat Training SROI - JOE (March 2022)_Page_1

Sertifikat Training SROI - JOE (March 2022)_Page_2

Mengapa Perlu Mengukur Dampak Program Sosial?

Setiap program investasi sosial (CSR) yang dijalankan, selayaknya menjadi sebuah Investasi Sosial. Namun tidak jarang kita terlewat untuk menghitungnya, bahkan belum punya rencana untuk menghitungnya. Akibatnya kita tidak pernah tahu sejauh mana dampak program investasi sosial yang sudah berjalan? kepada siapa saja dampak itu terjadi? berapa besarnya? siapa yang menerima dampak paling besar? siapa yang menerima dampak paling kecil?

Dengan kita mampu mengukur dampak program investasi sosial tersebut, kita akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya :

  • Untuk mengetahui pencapaian program dalam setiap tahapan/proses
  • Untuk memastikan bahwa program sudah on the track dan menghindari “kejutan” yang tidak diperlukan
  • Untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pemakaian sumberdaya di dalam perusahaan/instansi/lembaga
  • Sebagai masukan untuk komunikasi kepada seluruh pemangku kepentingan
  • Pengukuran dampak program secara periodik merupakan pembuktian komitmen dan sekaligus wujud transparansi dan akuntabilitas ke publik

Tentang Pelatihan

Metode SROI memungkinkan anda meng-CLAIM tingkat keberhasilan program dan manfaat dana CSR yang sudah dikucurkan oleh perusahaan secara kuantitatif. Sehingga dapat terukur berapa besaran dampak yang diterima oleh perusahaan tersebut dari hasil kegiatan CSR-nya.

Saat ini SROI banyak sekali digunakan oleh kalangan LSM, Perusahaan, bahkan Pemerintah untuk dapat mengungkapkan DAMPAK PROJEK mereka secara lebih definitif dan terukur. Pelatihan ini secara khusus bertujuan untuk:

  • Memahami konteks sosial, lingkungan dan nilai ekonomi yang dilakukan oleh kegiatan Anda
  • Membuat prioritas sumber daya yang tepat dalam mengelola hasil (outcomes) yang tak terduga, baik positif maupun negatif
  • Memaksimalkan nilai sosial dengan mengidentifikasi keselarasan antara apa yang ingin dicapai oleh organisasi dengan apa yang ingin dicapai para pemangku kepentingan
  • Mencari cara untuk mengumpulkan informasi berkualitas, berguna untuk perencanaan strategis serta memperbaiki dampak komunikasi dan menarik investasi

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: