1 Ramadhan 1442 Hijriyah di Balikpapan

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Alhamdulillah pemerintah tadi malam telah mengumumkan bahwa Puasa 1 Ramadhan 1442 hijriah jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021, oleh karenanya hari ini adalah kali perdana menjalani Puasa Ramadhan di tahun 2021. Ramadhan tahun ini masih pada suasana yang tidak biasa, yakni kita masih berada di tengah-tengah pandemi, yang menyebabkan kita tidak bisa seleluasa ketika dalam kondisi yang baik-baik saja. Banyak aturan yang harus kita patuhi, khususnya terkait dengan penerapan protokol kesehatan hingga larangan mudik/pulang kampung dan lain sebagainya.

Ayumi dan uminya telah mudik sejak bulan Februari 2021 yang lalu. Sebabnya Kakek dan Nenek sempat masuk rumah sakit dalam waktu yang hampir bersamaan, sehingga butuh bantuan tenaga untuk merawat dan mengurus rumah. Sebagai bentuk bakti kepada kedua orang tua, maka saya mengizinkan isteri dan Ayumi untuk bisa mudik ke Bandung. Itupun karena kami memang telah lama tidak mudik, kurang lebih sudah 1,5 tahun belum mudik ke Bandung karena terkendala larangan mudik di tahun 2020 yang lalu.

Tahun 2021 ini pun, ternyata kejadian hal yang sama. Saya pikir sudah diperbolehkan mudik, sehingga dengan pedenya saya telah memesan tiket PP sekalian menjemput Ayumi dan uminya untuk kembali ke Balikpapan. Eh, setelah itu ternyata keluar aturan dari Pemerintah bahwa dilarang mudik dari tanggal 6 s.d 31 Mei 2021. Kemudian terbit lagi aturan baru bahwa armada mudik baik darat, laut dan udara tidak boleh beroperasi dari tanggal 6 s.d 17 Mei 2021. Okelah, akhirnya dengan berat hati saya reschedule ke bulan Juni 2021, dan masih harus nambah lebih dari 1,5 juta untuk keperluan reschedule tersebut T_T

Meski banyak kejadian-kejadian demikian, kita tidak boleh berputus asa dari rahmat-Nya, apalagi kita tengah berada di tengah bulan yang teramat mulia, dimana segala amalan kebaikan dilipatgandakan tiada tara. Maka, target-target kecil selama bulan Ramadhan harus tetap disusun dan berusaha untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari hal ibadah maupun hal-hal yang mendukung pengembangan diri dan kelancaran aktivitas pekerjaan.

BEBERAPA LIST TERKAIT IBADAH DI BULAN RAMADHAN

  1. Minimal tilawah Al Qur’an 1 juz per hari (lebih tidak mengapa, tapi tidak boleh kurang)
  2. Rutin membaca hadist harian (minimal 1 hari 1 hadist)
  3. Mendengarkan ceramah pendek pada waktu ba’da Shubuh dan menjelang buka puasa
  4. Hafalan juz 30
  5. Membaca buku Islami

BEBERAPA LIST PENGEMBANGAN DIRI

  1. Belajar Bahasa Inggris (IELTS)
  2. Belajar Bahasa Jepang (mendengarkan konten Youtube yang terstruktur rapi pembelajarannya)

BEBERAPA LIST MENDUKUNG KELANCARAN AKTIVITAS PEKERJAAN

  1. Membaca Dokumen PROPER 2020 detil dari awal sampai akhir
  2. Membaca teori-teori berkaitan dengan aturan baru PROPER tahun 2021 bagian Comdev seperti Stakeholder Engagement, Inovasi Sosial, Kewirausahaan Sosial, SROI, Kebencanaan dan lain sebagainya. 

Ramadhan tahun 2021 ini, masih sama seperti tahun kemarin, kemeriahannya tidak boleh terlampau berlebihan, karena Covid-19 masih mengintai kapan saja dan dimana saja. Tentu, kita inginnya sempurna menyelesaikan Ramadhan kali ini, dan bersuka ria menyambut Idul Fitri bukan? Tidak malah dengan duka cita akibat kepergian orang tercinta karena tidak siaga lagi terhadap Covid-19.

Salam sehat, salam semangat, dan selamat berpuasa 🙂

Balikpapan, Selasa 13 April 2021 / 1 Ramadhan 1442 Hijriyah

.

Balikpapan – Kubangun, Kujaga dan Kubela

Pesantren Virtual Ramadhan 2021Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

*Artikel ini Ditulis Oleh: Joko SetiawanA Social Worker – Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman 

.

.

.

.

 

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: