Five Zero Pertamina Aviasi untuk Keselamatan, Keamanan dan Kenyamanan Penerbangan

Seiring dengan kemajuan teknologi, perjalanan antar wilayah, antar negara bahkan antar benua menjadi lebih cepat dan mudah dengan memanfaatkan moda transportasi pesawat terbang. Selain daripada keunggulan pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan, maka terdapat satu peranan penting dari Pertamina yang jika tidak terpenuhi, maka semua pelayanan akan dianggap sia-sia karena ketidakberjalanan fungsi pelayanan sebagaimana mestinya.

Pertamina Aviation (PAv) merupakan salah satu unit bisnis Pertamina (Persero) yang memiliki visi menjadi pemasar dan penyedia layanan bahan bakar penerbangan kelas dunia dengan jaringan global. Pertamina memiliki jaringan layanan bisnis bahan bakar penerbangan baik di dalam negeri (domestik) maupun di luar negeri (overseas). Kegiatan usaha aviasi adalah memasarkan avtur untuk perusahaan penerbangan di bandar udara (bandara) dalam negeri dan luar negeri. Untuk bandara di luar negeri, Pertamina menjalin kerja sama dengan mitra setempat melalui skema kerja sama Conco Delco (Contracting Company Delivery Company). Di dalam negeri, Pertamina melayani kebutuhan bahan bakar di 63 bandara melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang tersebar dalam Marketing Operation Region (MOR) I hingga MOR VIII (1).

Sampai dengan saat ini, Pertamina menjadi pemain terbesar (mayoritas) dalam memberikan pelayanan bahan bakar kepada maskapai penerbangan di Indonesia. Meski demikian, Pertamina senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai operational excellence dan service excellence. Pertamina Aviation sebagai sebuah bagian bisnis PT Pertamina (Persero) dipersiapkan untuk dapat memenuhi dan mengimplementasikan standar persyaratan internasional mengenai kualitas produk dan prosedur penanganan bahan bakar mulai dari proses produksi di kilang, di setiap channel distribusi, hingga saat penyerahan ke pelanggan. Komitmen dan usaha keras ini adalah dalam rangka mencapai dan terus mengembangkan nilai-nilai perusahaan dan memberikan kontribusi terbaik untuk mencapai keselamatan penerbangan (2).

DPPU Sepinggan merupakan unit operasi PT Pertamina (Persero) yang bertugas menerima, menimbun dan menyalurkan Bahan Bakar Minyak Penerbangan (BBMP) di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan. DPPU Sepinggan melayani lebih dari 100 rute penerbangan domestik, internasional, dan militer dari puluhan maskapai dengan total penjualan mencapai 100.000 Kilo Liter (KL) per tahun. Oleh karenanya, DPPU Sepinggan masuk dalam peringkat DPPU ke-7 terbesar di Indonesia.

Perwira Pertamina DPPU Sepinggan dalam aktivitasnya memberikan pelayanan terbaik dengan melaksanakan 5 nilai utama tersebut dengan sebutan Five Zero. Komitmen Five Zero menjadi nilai utama perusahaan dan sudah diterapkan oleh pekerja di tingkat operasional karena berkaitan langsung dengan pelayanan kepada customer.

Kesatu: Zero Accident, untuk safety yang terjamin. Nilai ini diterapkan oleh Perwira Pertamina DPPU Sepinggan yaitu dengan cara melaksanakan pekerjaan dilengkapi APD lengkap dan juga tata kerja yang sesuai dengan prosedurnya. Hal ini mampu memberikan jaminan keamanan, baik untuk diri sendiri maupun untuk customer.

Kedua: Zero Off-Spec, untuk mutu yang tinggi. Kualitas bahan bakar penerbangan merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menjamin keselamatan dalam dunia penerbangan.      Avtur/Jet A-1 yang dihasilkan Pertamina merupakan bahan bakar fraksi kerosene yang digunakan untuk pesawat jenis jet atau turbo jet (baik tipe jet propulsion/propeller). Avtur/Jet A-1 memiliki spesifikasi mengacu British Defence Standard 91-91 Issue 9 (equivalen dengan NATO Code F-35 and ASTM D 1655), ATA 103 (USA) dan SK Dirjen Migas No. 12201.K/10/DJM.S/2009 tanggal 23 Juni 2009. Untuk memastikan pengendalian mutu, maka prosesnya dimulai dari pengendalian mutu pada saat penerimaan, pada saat penimbunan, dan pada saat penyerahan avtur.

Ketiga: Zero Tolerance, untuk takaran yang pas. Perwira Pertamina DPPU Sepinggan senantiasa memastikan takaran yang tepat untuk setiap pemesanan dari customer dengan jumlah yang diisi ke pesawat terbang. Hal ini sebagai kepastian terhadap customer akan pemesanan yang telah dipenuhi sesuai dengan pesanan.

Keempat: Zero Delay, untuk waktu yang tepat. Ketepatan waktu merupakan hal yang sangat utama karena berhubungan langsung dengan kepentingan penumpang maskapai penerbangan. Keterlambatan akan pengisian bahan bakar pesawat akan menyebabkan jadwal maskapai terganggu dan akhirnya mempengaruhi kepuasan penumpang. Tentu saja hal ini juga akan menurunkan indeks kepuasan maskapai terhadap pelayanan pengisian bahan bakar oleh Pertamina. Untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, maka pada akhir tahun 2019, salah satu Perwira Pertamina DPPU Sepinggan menciptakan aplikasi PADMA (Pertamina Aviation Fuel Delivery Management) sebagai Digital Fuel Order. Aplikasi ini berfungsi sebagai penerimaan pesanan dan dispatcher pengisian pesawat secara digital pertama di Indonesia. Adapun manfaat dari aplikasi ini diantaranya: 1)lebih efektif dalam pengaturan kendaraan pengisian, 2)menurunkan konsumsi energi hingga 0,5 KL/tahun dan juga 3)menurunkan emisi hingga 3,7 ton CO2/tahun.

Kelima: Zero Mistake, untuk pendataan yang akurat. Perwira Pertamina DPPU Sepinggan sangat hati-hati dan teliti dalam melakukan input pendataan administrasi dalam pemesanan bahan bakar pesawat. Hal ini menyuguhkan rasa nyaman kepada customer karena tidak ada data-data yang terlewat dan tidak tepat karena kesalahan administrasi.

Five Zero di atas telah menyatu di dalam diri dan pemikiran Perwira Pertamina DPPU Sepinggan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada customer. Penerapan Five Zero dalam keseharian tidak sekedar berbicara mengenai kualitas bahan bakar yang terstandardisasi, namun juga komitmen lainnya seperti tidak adanya kecelakaan, takaran yang tepat, tidak ada keterlambatan waktu pengisian bahan bakar dan juga tidak ada kesalahan dalam hal administrasi. Dengan demikian, Five Zero Pertamina Aviasi hadir untuk keselamatan, keamanan dan juga kenyamanan penerbangan.

Referensi terkait:

(1)   http://www.pertamina.com/aviation/

(2)  http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/881/5/BAB%20II.pdf

#PertaminaEmployeeJournalism #PEJBestofTheBest2020 #EnergizingYou #63TahunPertamina

.

Balikpapan – Kubangun, Kujaga dan Kubela

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

*Artikel ini Ditulis Oleh: Joko SetiawanA Social Worker – Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman dan diikutsertakan pada Pertamina Employee Journalism (PEJ) 2020 untuk Chapter BEST OF THE BEST dan dipublikasikan pada LinkedIn di 23 November 2020.

.

.

.

.

 

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: