Pertamina Eco Run 2020 dan Event Virtual Running di Masa Pandemi Covid-19

Hobi running (lari) mulai saya jalankan saat bekerja di Balikpapan, karena teman-teman kantor memiliki kebiasaan lari bareng setiap hari Jum’at pagi dan Selasa sore. Saya adalah orang yang tidak terlalu pandai olahraga, karena saya pikir lari hanyalah sekedar melangkahkan kaki, maka ini adalah olahraga yang mudah dan murah meriah karena tidak memerlukan biaya peralatan untuk menjalankannya.

Setiap trip lari, jaraknya 4 sampai 5km saja. Awalnya saya pikir itu mudah, namun di hari pertama saya berlari kala itu, rasanya mau pingsan karena memaksakan 4km tanpa istirahat, padahal saya sama sekali tidak pernah olahraga lari selama 30 tahun hidup di dunia ini. Apalagi ditambah badan yang jadi pegel-pegel, kaki juga pegel linu dan berbagai keluhan lainnya. 

Namun, itu tidak membuat kapok dan saya pun menjadi terbiasa untuk ikut running dengan teman-teman kantor setiap hari Jum’at pagi dan Selasa sore. Tidak hanya lari dengan teman-teman sekantor juga, namun Balikpapan ternyata juga merupakan kota yang warganya amat gemar mengikuti event lari. Kepengurusan Indorunners Balikpapan juga sangat aktif mengadakan event lari dengan berbagai sponsor perusahaan. Keikutsertaan saya pada event lari dapat dilihat pada postingan ini HOBI OLAHRAGA BARU SELAMA DI BALIKPAPAN “RUNNING”.

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat, karena merebaknya Covid-19 yang memaksa orang yang terus berdiam diri di rumah, sehingga menyebabkan banyak usaha collapse, demikian juga event lari sama sekali tidak diperbolehkan di Balikpapan. Bahkan, sejak tahun 2019 sudah dicanangkan akan dilaksanakan Balikpapan Marathon 2020 dan saya juga beberapa teman kantor telah mendaftar dan mendapatkan slot, namun akhirnya gagal karena acara ini dibatalkan.

Mulai pertengahan tahun 2020, mulai disadari bahwa hanya berdiam diri di rumah saja juga tidak menjadi solusi, karena untuk memiliki imun yang kuat, harus ditunjang dengan makan makanan yang sehat dan begizi, juga olahraga yang cukup. Maka, selain pembelajaran anak sekolah yang dilaksanakan secara daring (online), event lari juga bermunculan dengan konsep Virtual Running Event. Yakni, event lari yang pesertanya bisa lintas wilayah sampai se Indonesia dan dilaksanakan di lokasi masing-masing dengan tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Di sepanjang tahun 2020 kemarin, saya mencatat telah mengikuti event lari virtual sebanyak 4 event. Diantaranya sebagai berikut:

  1. SEBUSE (Sehat Bugar Senang). Ini adalah event lari yang diprakarsai oleh Tim Kesehatan Pertamina MOR VI (Kalimantan) agar para pekerjanya bisa menjaga kebugaran diri dengan melaksanakan olahraga lari yang rutin. Kegiatannya dilaksanakan selama 8 pekan dengan masing-masing kategori memiliki target minimal dan maksimal pembakaran kalorinya. Mekanismenya adalah dengan mencatat hasil lari menggunakan Aplikasi ENDOMONDO (sayangnya aplikasi ini per Desember 2020 telah tidak beroperasi lagi) yang bisa mencatat lengkap mengenai hari/tanggal/jam lari, berapa jauh jarak lari, berapa pace larinya, dan tentu saja yang menarik adalah sudah membakar belajar kalori. Jumlah kalori itulah yang tercatat otomatis nanti di grup event lari di Aplikasi ENDOMONDO dan bisa dicek oleh setiap pesertanya mengenai urutan juaranya.
  2. Yamaha Virtual Run for Heroes. Event lari ini difasilitasi oleh Indorunners Balikpapan dengan sponsor dari Yamaha Kaltim. Mekanismenya adalah kita diminta menyetorkan hasil lari minimal 21km dalam jangka waktu 1 – 10 November 2020.
  3. Pertamina Rosneft Virtual Run. Acara ini disponsori oleh PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia. Mekanismenya adalah memilih salah satu kategori lari, yakni 10km, 6,3km dan juga 3km. Alhamdulillah saya mendapatkan slot yang 6,3km setelah slot yang 10km sudah habis. Event submit hasil lari diperbolehkan dari tanggal 8 – 22 November 2020, dan dilaksanakan Virtual Flag Off nya pada tanggal 8 November 2020 dan pada hari itu juga saya langsung submit 6,3km.
  4. Pertamina Eco Run 2020 (Virtual). Ini merupakan agenda tahunan Pertamina yang mengiringi HUT Pertamina (10 Desember) dengan mengemas kegiatan event lari sambil mengajak berdonasi. Dalam rangka memperingati HUT Pertamina ke-63, Pertamina Virtual Eco Run 2020 mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut berlari bersama dan berdonasi untuk membantu Sobat Disabilitas dalam membangun fasilitas daur ulang sampah yang akan membantu mereka memperoleh penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari. Multi submit jarak 10km pada periode 20 November – 10 Desember 2020. Dan kemudian event serentaknya adalah pada 13 Desember 2020 dengan jarak 5km.

Demikianlah event lari di tengah pandemi Covid-19 yang saya ikuti secara virtual sepanjang tahun 2020. Berharap Pandemi Covid-19 akan segera berakhir di tahun 2021 ini, sehingga dapat mengikuti event lari offline lagi sebagaimana biasanya.

Balikpapan – Kubangun, Kujaga dan Kubela

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

*Artikel ini Ditulis Oleh: Joko SetiawanA Social Worker – Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

**Selesai ditulis pada hari Selasa sore waktu Indonesia Bagian Tengah, 16.50 WITA pada 05 Januari 2021 di DPPU Sepinggan Group Balikpapan, Kelurahan Sepinggan Raya Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan – Kalimantan Timur

.

.

.

.

.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: