Work From Home (WFH) ala Pertamina Kalimantan

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Sejak awal Maret 2020 ini Indonesia tengah dihebohkan oleh adanya pasien positif Covid-19 yang ketika ditelusuri lebih jauh tren kasusnya semakin meningkat sepanjang waktu. Mulai dari 2 pasien positif Covid-19 kemudian 34 pasien, kemudian 68 pasien, kemudian 96 pasien, kemudian 119 pasien hingga akhirnya mencapai angka 134 pasien positif Covid-19 per tanggal 17 Maret 2020 ini.

Menyadari kondisi Covid-19 yang ditetapkan sebagai Pandemi oleh WHO dan juga kasus yang semakin besar di Indonesia, maka PT Pertamina (Persero) Pusat melayangkan surat edaran kepada seluruh unit usaha dan anak perusahaan per tanggal 15 Maret 2020 yang lalu. Surat tersebut berisikan Perihal Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) bagi Pekerja, Mitra Kerja dan Keluarga.

Akhirnya, per tanggal 17 Maret 2020 ini General Manager (GM) Pertamina MOR VI Bapak B. Frans Justus Lapian telah melayangkan Surat Edaran yang secara garis pentingnya berisikan sebagai berikut:

  • Marketing Operation Region (MOR ) VI memberlakukan mekanisme kerja Work From Home atau bekerja dari tempat kediaman masing-masing di seluruh area Marketing Operation Region VI bagi Pekerja dan Mitra Kerja yang mengemban pekerjaan yang bersifat low risk.
  • Kepada seluruh Pekerja dan Mitra Kerja yang melaksanakan Work From Home dan juga keluarga pekerja baik selama jam kantor maupun di luar jam kerja kantor, tidak diizinkan untuk:
  1. Meninggalkan rumah/tempat tinggal, kecuali untuk keperluan yang sangat mendesak dan melaporkannya kepada atasan langsung;
  2. Tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian termasuk namun tidak terbatas pada mall, pasar swalayan, atau tempat lainnya yang tidak mendesak untuk didatangi;
  3. Jika terpaksa harus dilakukan untuk mengunjungi tempat keramaian di luar jam kantor agar menggunakan masker ataupun APD kesehatan dan segera kembali ke rumah serta hindari menggunakan kendaraan umum dan melaporkan kepada atasan langsung.

Saya adalah termasuk golongan Mitra Kerja yang ditugaskan untuk kerja dari kediaman masing-masing atau Work From Home (WFH). Sebagaimana namanya WFH, maka ini bukanlah libur, namun tetap mengerjakan hal-hal yang bisa bersifat administrasi atau dokumen dan melaporkan hasil kerja harian langsung kepada Operation Head (OH) Pertamina DPPU Sepinggan.

Saat ini, Work From Home yang ditetapkan akan dimulai sejak tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 29 Maret 2020, dan jika penyebaran Covid-19 ini sudah mulai terkendali dan membaik, maka mulai masuk kantor lagi pada tanggal 30 Maret 2020. Namun jika kondisi tak kunjung membaik, maka akan ada update untuk perpanjangan WFH. Dan kenyataannya, saya WFH dari Maret sampai dengan Juni 2020. Sedangkan setelah itu, WFH dilakukan secara bergilir bagi temen-temen operasional maupun kantor.

Saya sih iyes aja kerja dari rumah. Kalau Kamu gimana Sob? ^_^

Balikpapan – Kubangun, Kujaga dan Kubela

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Muhammad Joe Sekigawa

Selasa sore, 17 Maret 2020

@Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan – KALTIM

.

.

.

Dipublikasikan secara otomatis terjadwal pada hari Jum’at, 11 Desember 2020 pukul 17.00 WITA

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: