Hobi Olahraga Baru Selama di Balikpapan “RUNNING”

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Saya sebenarnya bukanlah orang yang begitu suka dengan aktivitas olahraga, namun juga tidak membencinya. Dari sisi jenis olahraga, pada waktu SD sempat main sepak bola, kemudian juga bola voli dan bulu tangkis, kemudian pada saat menginjak bangku SMP sempat main bola basket dan pada waktu di jenjang SMK hanya bermain bola voli dan bulu tangkis sesekali saja dan tidak lagi bermain sepak bola maupun bola basket. Pada waktu kuliah, sama sekali tidak menekuni olahraga tertentu dan lebih fokus pada aktivitas organisasi saja baik intra (BEM) maupun ekstra kampus (organisasi Nasional seperti KAMMI, FMKI dan juga FORKOMKASI). Sejak zaman kuliah itulah, saya mulai tidak pernah rutin berolahraga hingga di dunia kerja pun juga demikian.

Akhirnya, sejarah itu pun berubah. Kedatangan saya di Balikpapan sejak bulan Desember 2018 mendapatkan rekan kerja yang punya kebiasaan berolahraga, dan olahraga tersebut sangat simpel dan murah, dan hanya membutuhkan tubuh bergerak saja. Hobi baru tersebut adalah RUNNING minimal 4 kilometer per sekali lari.

 

Pertama kali memulai aktivitas RUNNING tersebut, baru 1 km sudah sakit perut dan kram kaki, sempat mau memaksakan 4 km tanpa istirahat namun akhirnya membuat kepala pusing tujuh keliling dan hampir pingsan. Itulah sebab karena kurangnya pemanasan dan memang sebelumnya sama sekali tidak pernah lari dalam jarak lumayan jauh (lebih dari 1 km). Kebiasaan lari tersebut dilakukan setiap pekan sekali dan saya mulai cukup menikmatinya.

Lari rutin sepekan sekali tersebut saya mulai dari bulan Januari 2019, dan pada bulan Maret 2019 mulailah naik tingkat dengan mengikuti event RUNNING di Kota Balikpapan. Kota Balikpapan bisa dibilang sangat rutin mengadakan event RUNNING dan pesertanya selalu banyak. Dari semua event lari di tahun 2019 saja, saya sudah mengikuti 6 event padahal masih banyak event lain yang saya lewatkan karena alasan pekerjaan dan kondisi fisik yang tidak prima. Sedangkan di tahun 2020, saya sudah mengikuti 1 kali event RUNNING.

Berikut ini daftar event RUNNING yang saya ikuti di Kota Balikpapan:

  1. Trail RUN 10 km oleh PT Transkonjaya pada 10 Maret 2019.
  2. RUN 7,3 km oleh Lanud Dhomber (TNI AU) pada 24 Maret 2019.
  3. Urban RUN 5 km oleh Tribun Kaltim pada 28 April 2019.
  4. Mixed Trail RUN 7,4 km oleh Kopi Daeng pada 7 Juli 2019.
  5. Pertamina MOR VI RUN 5 km pada 16 Agustus 2019.
  6. Aviation RUN 5 km oleh Otoriatas Bandara pada 1 Desember 2019.
  7. RUN 5 km oleh Kaltim Post & Grand City pada 23 Februari 2020.

Yang membuat puas dari mengikuti aktivitas event lari tersebut adalah selalu mendapatkan medali bagi finisher (selesai di batas waktu yang ditentukan). Bahkan, pada saat event perdana di Trail RUN 10 km saya sempat menjadi TOP 100 Finisher dimana selain mendapatkan medali finisher juga mendapatkan running t-shirt.

Maka, saya pikir aktivitas olahraga RUNNING ini bisa saya tekuni terus menerus, sembari menyeimbangkan antara stamina untuk berpikir keras dalam urusan pekerjaan dan relaksasi tubuh melalui aktivitas olahraga RUNNING. Lagi pula, yang terpenting lagi adalah karena olahraga RUNNING ini merupakan olahraga murah dan tidak butuh waktu terlalu lama (minimal 40 menit untuk mencapai jarak 5 km).

Kalau Kamu, apa juga punya hobi yang serupa dengan saya? ^_^

Balikpapan – Kubangun, Kujaga dan Kubela

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Muhammad Joe Sekigawa

Senin siang, 16 Maret 2020

@Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan – KALTIM

.

.

.

.

.

Dipublikasikan secara otomatis terjadwal pada hari Rabu, 09 Desember 2020 pukul 17.00 WITA.

.

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

 – 

Comments
One Response to “Hobi Olahraga Baru Selama di Balikpapan “RUNNING””
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Namun, itu tidak membuat kapok dan saya pun menjadi terbiasa untuk ikut running dengan teman-teman kantor setiap hari Jum’at pagi dan Selasa sore. Tidak hanya lari dengan teman-teman sekantor juga, namun Balikpapan ternyata juga merupakan kota yang warganya amat gemar mengikuti event lari. Kepengurusan Indorunners Balikpapan juga sangat aktif mengadakan event lari dengan berbagai sponsor perusahaan. Keikutsertaan saya pada event lari dapat dilihat pada postingan ini HOBI OLAHRAGA BARU SELAMA DI BALIKPAPAN “RUNNING”. […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: