Berkomunitas dengan para Pemenang Pertamina Employee Journalism (PEJ) 2020

Berkomunitas dengan para Pemenang Pertamina Employee Journalism (PEJ) 2020*

Pada awal bulan Agustus 2020, saya mendapatkan informasi di Group Kantor mengenai Pertamina Employee Journalism (PEJ) tahun 2020 yang tidak hanya dibuka bagi pegawai Pertamina organik (permanen) tapi juga untuk karyawan kontrak. Dengan adanya kesempatan tersebut, maka saya pun memberanikan diri untuk mengikuti salah satu kategori yakni Kategori Essay. PEJ ini terdiri dari 3 kategori : 1)Kategori Essay, 2)Kategori Photo Caption dan 3)Kategori Video.

Tata cara mengikuti PEJ tersebut tidak sulit. Untuk Kategori Essay, kita hanya diwajibkan membuat tulisan maksimal sepanjang 1000 kata saja, dan dipublikasikan pada media sosial berupa Facebook ataupun LinkedIn. Kemudian, kita juga diwajibkan untuk setor hasil karya kita ke link yang telah disediakan oleh panitia. Tepat diumumkan pada Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 tahun pada 17 Agustus 2020 melalui serangkaian acara virtual. Alhamdulillah, saya masuk menjadi Juara ke-3 untuk Mitra Kerja (pekerja kontrak).

Berdasarkan pengumuman di awal, juara 3 berhak untuk mendapatkan Hadiah berupa Saldo Link Aja sebesar Rp 300.000,-. Dan hadiah tersebut, telah saya terima dengan baik dari panitia PEJ. Dan saya pikir, perjalanan dengan PEJ ini akan terhenti di situ saja. Ternyata dugaan saya salah! Pada bulan November 2020 kemarin, dibentuklah Group WhatsApp (WA) yang berisikan semua pemenang PEJ di tahun 2020. Dan dari situ jugalah saya baru tahu bahwa ada beberapa Chapter untuk PEJ 2020, dan hanya di Chapter III lah yang mengikutsertakan Mitra Kerja untuk mengikuti agenda PEJ tersebut.

Berikut ini adalah nama-nama semua Juara di PEJ 2020 berdasarkan Chapter yang diikuti.

CHAPTER I – Cegah Panik Covid-19

Kategori Essay : 1)Sarmedi Sia, 2)Rizal Syahputra dan 3) Untoro Eko Saputro

Kategori Photo Caption : 1)Reva Yoga Pratama, 2)Agus Riyadi dan 3)Zakiudin

Ketegori Video : 1)Muhammad Azzamul Haq, 2)Rachmat Hidayat dan 3)Syuratman

CHAPTER II – Mudik Jalur Digital

Kategori Essay : 1)Rizal Syahputra, 2)Givari Anggariyanto dan 3)Heru Dwi Fahmadi

Kategori Photo Caption : 1)Muhamad Taufik, 2)Minanti Putri dan 3)Yulia Nadhirah

Ketegori Video : 1)Ardhan Bayu Frestriawan, 2)Yoga Pratama dan 3)Yedo Kurniawan

CHAPTER III – Gotong Royong Jaga Keluarga Pertamina

Pekerja Pertamina (Permanen)

Kategori Essay : 1)Satrio Aji, 2)Anugerah Putra Hutama dan 3)Sri Konsep Harum Wicaksono

Kategori Photo Caption : 1)Indra Soeharto, 2)A. Miftachur Rois dan 3)Agus Riyadi

Ketegori Video : 1)A. Miftachur Rois, 2)Lina pristiawati dan 3)Syuratman

Mitra Kerja Pertamina (Kontrak)

Kategori Essay : 1)Wina Ramadhani, 2)Winendra Gunawan dan 3)Joko Setiawan

Kategori Photo Caption : 1)Jeremia Mone, 2)Risma Intan Pertiwi dan 3)Nur Komarudin

Ketegori Video : 1)Mauly Nabia Susanto, 2)Awal Dwi Sekti dan 3)Deky Rusjaya

CHAPTER IV – Transformasimu, Transformasiku, Transformasi Pertamina

Kategori Essay : 1)Irvan Desmal, 2)Septian Yudhi Wicaksono dan 3)Taufik Fansuri

Kategori Photo Caption : 1)Surya benedictus, 2)Muhamad Hendrik dan 3)Indra Soeharto

Ketegori Video : 1)Eka Candra Kusuma, 2)Reza Fitrian dan 3)Adhitya Nugraha

Maka, berdasarkan daftar para pemenang di atas, terdapat 33 orang Pemenang PEJ tahun 2020 yang kemudian dilombakan lagi untuk terakhir kalinya untuk memilih BEST OF THE BEST (Juara 1 ~ 3) untuk masing-masing Kategori Essay, Photo Caption dan juga Video.

Untuk tujuan tersebut, maka Panitia PEJ 2020 memberikan Upskilling kepada 33 orang pemenang di atas yang telah diadakan pada tanggal 13 dan 14 November 2020 secara virtual via M-Teams. Adapun narasumber adalah khusus bagi 3 kategori. Untuk Essay Class narasumbernya adalah Nurul Qomariyah. Untuk Photography Class  narasumbernya adalah Arbain Rambey. Dan terakhir, untuk Videography Class narasumbernya adalah Rian Septiandi. Kesemua narasumber adalah orang-orang yang sangat berkompten di bidangnya.

Kompetisi PEJ 2020 guna memilih BEST OF THE BEST ini dilaksanakan sejak tanggal 15 November sampai dengan 2 Desember 2020. Kemudian untuk penjurian pada setiap kategori dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 Desember 2020. Sedangkan untuk Pengumuman Pemenang BEST OF THE BEST-nya, dirangkaikan pada acara HUT Pertamina yang ke-63 yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2020, yang tidak lain adalah ESOK HARI!

Saya sendiri, tidak terlalu fokus dengan KEMENANGAN. Namun, saya melihat ini sebagai kesempatan yang sangat baik untuk memperluas jejaring dengan orang-orang yang senang berkompetisi. Lagipula, ini adalah kompetisi yang sehat, dan membutuhkan usaha lebih untuk mewujudkannya. Selain itu, saya karena pada dasarnya adalah seorang Blogger, sangat senang membaca tulisan-tulisan rekan-rekan sesama pejuang BEST OF THE BEST, yang semua tulisannya mampu untuk menginspirasi kita semua. Ga bakal kecewa deh membawa tulisan mereka semua, malahan kita akan terkagum dan tersemangati melihat semangat dan perjuangan mereka yang begitu luar biasa. Photo Caption-nya pun keren-keren banget. Dan yang paling saya suka adalah video-video yang dihasilkan oleh rekan-rekan PEJ ini, wes lah, pokoknya joss 20 jari deh (^_^)

Jadi… Malam ini, saya cuman mau berbagi itu saja. Sambil besok sepertinya seharian akan mengikuti agenda PEJ maupun rangkaian acara HUT Pertamina ke-63 melalui virtual event.

PEJ Joko

Balikpapan – Kubangun, Kujaga dan Kubela

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

*Artikel ini Ditulis Oleh: Joko SetiawanA Social Worker – Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

**Selesai ditulis pada hari Rabu maghrib waktu Indonesia Bagian Tengah, 18.20 WITA pada 09 Desember 2020 di Bromo Residence Balikpapan, Kelurahan Sepinggan Baru Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan – Kalimantan Timur

.

.

.

.

.

.

Comments
One Response to “Berkomunitas dengan para Pemenang Pertamina Employee Journalism (PEJ) 2020”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] lagi untuk memilih 3 juara dari seluruh pemenang dari 4 chapter yang telah saya ceritakan pada POSTINGAN INI.  Total juara pada chapter 1 sampai 4 untuk Kategori Essay berjumlah 15 orang. Maka […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: