Kota Industri Migas Balikpapan

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh

Pernahkah kamu mendengar nama Kota Balikpapan? Ya, Balikpapan adalah kota yang sangat terkenal untuk ruang lingkungan wilayah Kalimantan Timur. Bahkan, telah banyak testimoni bahwa Kota Balikpapan lebih nyaman dihuni daripada Ibu Kota Provinsi Kota Samarinda itu sendiri. Apalagi, dengan rencana dipindahkannya Ibu Kota Indonesia di wilayah Kaltim, maka Kota Balikpapan akan berperan sebagai salah satu kota penting penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Balikpapan ini, awalnya adalah hutan belantara sampai akhirnya Belanda menemukan adanya cadangan Migas (minyak dan gas) di daerah ini, jadilah daerah ini ramai hingga menjadi Kota Balikpapan. Pengeboran pertama dilakukan oleh Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) pada tanggal 10 Februari 1897 yang kemudian hari tanggal tersebut dijadikan sebagai Hari Jadi Kota Balikpapan. Kota ini menjadi pintu masuk Kalimantan Timur dengan dibangunnya infrastruktur utama seperti adanya pelabuhan dan juga bandar udara. Selain itu, beberapa hal strategis lain juga berada di Kota Balikpapan, padahal seharusnya ia berada di wilayah Ibu Kota Provinsi, sebut saja seperti Kantor POLDA Kaltim, Kejaksaan Tinggi dan juga Komando Daerah Militer (KODAM) VI Mulawarman yang memiliki daerah operasi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Karena berawal dari sejarahnya kota ini terbentuk karena ditemukannya cadangan minyak dan gas bumi, maka 100% penduduknya adalah para pendatang. Berdasarkan data kependudukan terakhir di Kota Balikpapan, sebagian besar suku bangsa yang mendiami Kota Balikpapan adalah suku Jawa, Sulawesi (Bugis), Banjar dan juga Sunda. Dengan prosentase yang lebih kecil dan sangat kecil, sepertinya hampir semua suku ada di Kota Balikpapan ini, terutama Suku Kutai dan juga Dayak.

Menurut pendapat saya pribadi, hal yang membuat nyaman Kota Balikpapan ini adalah karena akses jalan di perkotaan yang cukup baik dan tertata bersih dan rapi, kemudian fasilitas yang cukup banyak tersedia mulai dari pasar, swalayan, mall dan gedung bioskop, dipadukan dengan wisata alam pantai, mangrove sampai dengan area konservasi beruang madu juga ada di Kota Balikpapan. Jadi bisa dikatakan lengkap, perpaduan antara kemodernan teknologi dengan alam yang masih terjaga. Apalagi, Balikpapan juga nyaman karena kemacetannya yang dibilang cukup rendah. Hanya di spot-spot tertentu dengan jam tertentu saja terjadi kemacetan, namun itupun tidak membutuhkan waktu lama, maka kemacetan akan telah terurai dan jalanan normal kembali.

Sebelumnya, banyak perusahaan Migas asing yang berkantor di Kota Balikpapan, sebut saja mulai dari Total, Chevron, dan VICO sempat belasan tahun menetap di Balikpapan. Dengan demikian, di Balikpapan juga sebelumnya sangat ramai dengan “bule”. Namun, seiring dengan berakhirnya masa kontrak mereka, saat ini semua industri migas dan gas bumi di Balikpapan dikuasakan kepada Pemerintah Indonesia melalui PT Pertamina (Persero).

Saat ini Pertamina tengah menggenjot proyek besar di Balikpapan dengan dibangunnya RDMP (Refinery Development Master Plan) untuk memperluas kapasitas kilang minyak dalam mengolah menjadi produk-produk siap konsumsi di masyarakat seperti avtur-avgas, pertamax, dexlite hingga B30 sebagaimana yang telah dicanangkan oleh pemerintah untuk mempertinggi penggunaan biodiesel.

Meski demikian, kita harus ingat, bahwa sumber daya dan bahar bakar fosil itu nantinya akan habis, dan dalam isu global dianggap sebagai hal yang tidak ramah lingkungan. Maka, Kota Balikpapan harus mempersiapkan dari sekarang agar bisa menjadi Kota Jasa dan Pariwisata, sehingga warganya tidak tergantung pada satu pintu berupa industri minyak dan gas bumi semata.

Balikpapan – Kubangun, Kujaga dan Kubela

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Muhammad Joe Sekigawa

Rabu, 05 Februari 2020

@Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan – KALTIM

.

.

.

Dipublikasikan secara otomatis terjadwal pada hari Senin, 07 Desember 2020 pukul 18.00 WITA.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: