Jenis Teh Jepang

043-1-jenis-teh-di-jepang-28-april-2016

Setiap negara pasti memiliki minuman khas. Untuk Jepang, salah satunya adalah teh atau ‘ocha’. 

Teh hijau Jepang atau Ryokucha memiliki aroma yang khas. Selain membuat teh hijau, para pembuat teh di Jepang mengolah daun teh untuk menghasilkan beberapa jenis teh yang memiliki aroma dan rasa yang berbeda, seperti beberapa yang kami tampilkan ini.

.

043-2-jenis-teh-di-jepang-ryokucha

Ryokucha, adalah kata lain dari teh hijau. Untuk teh hijai ini sendiri ada beberapa jenis, diantaranya adalah Sen-cha, Gyokuro, Ban-cha, tergantung dari cara meng-‘handle’ daun teh, serta berapa lama dan berapa kali proses penguapan yang dialami daun teh.

.

043-3-jenis-teh-di-jepang-genmaicha

Teh hijau yang dicampur dengan beras pecah kulit yang disangrai. Aroma beras yang disangrai ini menjadi ciri khas teh ini.

.

043-4-jenis-teh-di-jepang-hojicha

Teh hijau yang mengalami proses pemanasan dengan suhu tinggi, sehingga menghasilkan aroma khas yang berbeda dengan yang belum mengalami proses pemanasan. Teh ini berbeda dengan black tea/ teh hitam karena untuk menjadi teh hitam, daun teh harus mengalami proses oksidasi, sementara daun teh untuk Hojicha, tidak mengalami proses oksidasi.

.

043-5-jenis-teh-di-jepang-macha

Matcha, bukan sekedar teh hijau yang diolah menjadi bubuk, tetapi dibuat dari pucuk daun teh, yang pada saat mulai tumbuh, akan ditutup agar tidak terkena sinar matahari langsung. Ini akan membuat daun teh tersebut memiliki rasa yang ‘dalam’ dan warna hijau yang cerah.

Karena warna dan aroma khas-nya, Matcha banyak dipakai pada makanan hidangan penutup, yang membuat teh jenis ini tidak lagi hanya dinikmati oleh pelaku upacara minum teh saja.

.

#DISCLAIMER: SUMBER INFORMASI BERASAL DARI FAN PAGE RESMI DI FACEBOOK

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: