Toyo University, Tokyo University, Ueno Park sampai Street Market Okachimachi*

00

Toyo University, Tokyo University, Ueno Park sampai Street Market Okachimachi*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/全国社会福祉協議会)

Beberapa waktu lalu googling di Internet, coba-coba menelusuri kampus besar di Tokyo yang memberikan kuliah pascasarjana di jurusan Social Work atau Social Welfare. Dan sampailah pada website Toyo University (東洋大学) di Tokyo. Meski sebelas bulan di Jepang, tapi memang selama program tidak belajar huruf kanji, karenanya sampai detik ini masih belum bisa membaca huruf kanji kecuali yang level kanji hafalan anak kelas I SD saja.😀

Graduate School Toyo University2

Di website Toyo University tersedia menu bahasa Inggris sehingga saya leluasa untuk mengumpulkan informasi. Ternyata untuk program Pascasarjana Toyo University membuka Graduate School of Welfare Society Design. Dari departemen tersebut memiliki empat jurusan yaitu 1)Course of Social Welfare, 2)Course of System for Welfare Society, 3)Course of Human Centered Life Design, dan 4)Course of Human Environment Design. Saya sendiri tertarik pada jurusan 1 dan 2 dan bermaksud untuk mencari informasi lebih lanjut.

Jadilah hari Ahad, 7 Februari lalu saya mendatangi kampus Toyo University, daerah Bunkyo Ku-Tokyo. Memang tampak megah kampus ini, meski bukan kampus negeri. Tapi sampai di sana, suasana tampak sepi, gerbang kampus juga ditutup. Setelah bertanya kepada satpam kampus, ternyata waktu itu adalah masa ujian dan tidak boleh ada orang luar yang masuk sembarangan. Saya pun tidak bisa sampai melihat-lihat ke dalam area kampus. Satpam menyarankan untuk datang lagi setelah tanggal 13 Februari saja.

Tidak berhasil masuk dan melihat secara langsung suasana di dalam kampus, saya pun memilih untuk mengontak universitas melalui email yang tertera di website. Hari Ahad malam saya kirim email, dan esok harinya cepat dibalas oleh Sugimoto Yoshiaki san, beliau adalah Education Affair Sections for Graduate Schools Toyo University. Kurang lebih jawaban beliau menyatakan bahwa program Social Welfare dan System for Welfare Society tidak diadakan dalam bahasa Inggris, melainkan full berbahasa Jepang. Beliau juga memberikan informasi tambahan sampai dengan sekarang program apa yang diadakan menggunakan bahasa Inggris, yaitu 1)Regional Development Studies, 2)Public Private Partnership, 3)Bio Nano Science Fusion dan 4)Course of Life Sciences. Sayang sekali, kesemuanya tersebut tidak ada yang tepat dengan background sarjana saya. Tapi ya sudahlah, mungkin itu adalah isyarat agar saya harus lebih meningkatkan kemampuan bahasa Jepang sampai ke Level JLPT N1, aamiin ^^

Di luar itu, saya juga mendapatkan bantuan dari salah satu karyawan Japan National Council of Social Welfare (JNCSW) mengenai kontak person via email dan juga penelitian para dosen pengajar di Graduate School of Welfare Society Design. Infonya saya simpan, dan insya Allah ke depannya akan berguna di kemudian hari.

Hari Ahad (7 Februari) itu juga saya melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki dari Toyo University menuju Tokyo University. Melihat informasi di google maps, tenyata memang tempatnya tidak terlalu jauh. Jadilah ngebolang ke Tokyo University. Menyempatkan untuk melihat-lihat dalam area kampus dan mengambil foto-foto untuk jadi kenang-kenangan. Untuk jurusan Social Welfare, tidak ada di kampus ini, jadi mimpinya juga ga nyambung kalau harus dipaksakan ke sini he he.

Kemudian lanjut jalan lagi sampai ke Ueno Park. Hampir satu tahun di Jepang, baru kali ini menyambangi Ueno Park. Ada semacam danau dan kereta air. Wisata keluarga rasanya enak sekali dengan mengendarai sepeda air tersebut. Barangkali nanti berkesempatan untuk mengajak isteri dan Ayumi chan main ke Ueno Park, insya Allah.

Dari situ lanjut jalan kaki lagi sampai Street Market di Okachimachi. Di sini jual berbagai macam produk mulai dari makanan, pakaian, sepatu hingga oleh-oleh yang khas Jepang banget. Saya pun datang ke salah satu toko khas Jepang tersebut dan membeli tambahan beberapa gantungan kunci yang unik, khas, tapi harganya tidak terlalu mahal.

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah.

Kokuryo Cho, Chofu Shi – Tokyo, JAPAN
Jum’at sore, 10 Jumadil Awal 1437 H/19 Februari 2016 pukul 16.42 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 25 Februari 2016 pukul 15.00 WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat)

01 == 02

03 == 04

05 == 06

GS of Welfare Society Design Course of Social Welfare#1 == GS of Welfare Society Design Course of Social Welfare#2

GS of Welfare Society Design Course of System for Welfare Society#1 == GS of Welfare Society Design Course of System for Welfare Society#2

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: