Jamuan Prasmanan di Hotel Asakusa Tokyo*

00

00

Jamuan Prasmanan di Hotel Asakusa Tokyo*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/全国社会福祉協議会)

Di balik terus berjalannya Asian Social Welfare Worker’s Training Program secara berkelanjutan adalah adanya penyandang dana. Nah, setiap tahun ada organisasi yang terus menyumbangkan dana sebesar 1.500.000 yen/tahun. Organisasi tersebut bernama Japan Mutual Aid Association of Social Welfare.

Sebelum pulang ke Indonesia Japan Mutual Aid Association of Social Welfare mengundang para trainee untuk makan siang bersama, bertegur sapa dan berbincang mengeratkan hubungan. Tidak tanggung-tanggung, yang datang langsung dari pimpian tertinggi ditemani dengan para petinggi-petinggi lainnya. Presiden Direktur yaitu Terada Rijichou, kemudian Executive Director yaitu Morii san, lalu Director Secretary General yaitu Endo san dan juga Welfare Division Manager yaitu Kato san.

Tempat yang dipilih adalah Hotel terkenal di Asakusa-Tokyo. Di Puncak Hotel terdapat restoran yang menyajikan lebih dari 150 jenis makanan dengan cara prasmanan, yaitu mengambil sesuka hati dan sampai sekenyangnya. Luar biasa membantu bagi muslim seperti saya, setiap menu yang tersedia juga disertai penjelasan kandungan. Jadi apakah mengandung daging bagi, osake (alkohol), karenanya saya bisa memilih menu yang benar-benar aman untuk dikonsumsi (tidak melanggar restriction agama).

Selain menu yang saya pikir sangat super lezat, posisi di lantai nan tinggi menyuguhkan pemandangan indah Tokyo Sky Tree yang menjulang tinggi, juga Sensoji Temple yang merupakan tempat paling terkenal di Asakusa. Iseng-iseng mencari tahu, informasi dari staf International Division JNCSW, ternyata budget kalau misalkan kita makan di situ adalah sekitar 3500 yen/orang. Wah, Alhamdulillah.

Meski mereka adalah orang-orang berposisi tinggi di pekerjannya, namun saya sangat kagum karena tetap sebagaimana khasnya orang Jepang yang mendahulukan sopan santun kepada siapapun. Bahkan, kepada kami para trainee pun sangat hangat penerimaannya dan begitu antusias mendengarkan berbagai macam celotehan kami yang ngalor ngidul he he.

Makan-makan sambil ngobrol kurang lebih 1,5 jam tersebut terasa sangat menyenangkan. Orang-orang dari Japan Mutual Aid Association of Social Welfare begitu sangat baik. Insya Allah hubungan akan terus dilanjutkan dan dijalin secara berkelanjutan sampai nanti.

Selepas makan-makan, bersama dengan Furuhashi san dan Ueda sensei jalan-jalan menuju Sensoji Temple. Nanti di sana di sepanjang jalan terdapat banyak toko-toko souvenir sangat khas Jepang. Uniknya lagi, ketika di jalan, saya menemukan adanya tulisan Ninja Training. Mungkin itu tempat untuk memfasilitasi para wisatawan mancanegara yang berambisi menjadi ninja he he.

Akhirnya karena hampir semua toko dihampiri, jadilah memakan waktu 2 jam sendiri untuk berjalan dari toko paling dekat dengan Sensoji Temple sampai dengan jalan raya. Beberapa membeli hadiah karena tidak tahan dengan barang-barang yang super imut dan harga lumayan miring tersebut.

Kokuryo Cho, Chofu Shi – Tokyo, JAPAN
Jum’at ba’da maghrib,11 Jumadil Awal 1437 H/19 Februari 2016 pukul 17.48 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 25 Februari 2016 pukul 21.00 WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat)

01 == 02

03 == 04

05 == 06

07

Comments
4 Responses to “Jamuan Prasmanan di Hotel Asakusa Tokyo*”
  1. praditalia says:

    Wah… sepertinya meneyenangkan sekali… selalu salut kalau bahas bangsa ini (read: Jepang), mau dibahas dari sisi mana pun mereka selalu mengagumkan

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: