Osaka Aquarium “Kaiyukan” dan Umeda Sky Building*

Mengunjungi Osaka Aquarium "Kaiyukan" Osaka City, Japan
Mengunjungi Osaka Aquarium "Kaiyukan" Osaka City, Japan

Mengunjungi Osaka Aquarium “Kaiyukan” Osaka City, Japan

Osaka Aquarium “Kaiyukan” dan Umeda Sky Building*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/全国社会福祉協議会)

Nakasone sensei sangat baik sekali karena menawarkan kepada saya untuk menemani jalan-jalan selama liburan tahun baru. Padahal, beliau adalah jajaran orang penting, lingkaran 5 besar dari organisasi Jikyokan yang amat besar itu. Akhirnya, diputuskanlah tanggal 2 Januari 2016 untuk mengunjungi Osaka Aqurium “Kaiyukan” dan Osaka Science Museum. Tapi karena Science Museum sedang tutup, sebagai gantinya kami pergi ke Umeda Sky Building.

Janjian bertemu di Osakako station pukul 10.00 JST, maka selayaknya orang Jepang kebanyakan, saya pun sudah bisa menyesuaikan diri dan bisa mengatur waktu hingga 5 menit sebelum waktu yang dijanjikan sudah sampai duluan. Bukan apa-apa sih, karena memang transportasi di Jepang sangat rapi dan tepat waktu, jadi bisa mengatur waktu sedemikian rupa. Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia. Untuk bisa tepat waktu, saya harus prepare waktu tambahan 30 menit sampai satu jam. Tapi paling tidak, semangat untuk bisa tepat waktu dimanapun berada, Jepang ataupun Indonesia, harus tetap terus terjaga dan dipraktikkan sampai kapanpun. Insya Allah.

Ketibaan pertama sebelum memasuki area museum, disambut oleh Ferris Wheel (Kincir Ria), namun karena saya sudah pernah naik di HEP 5 yang di Umeda, jadi tidak tertarik untuk menaikinya. Lalu tiket pun terbeli, harga untuk orang dewasa satu orang 2300 yen, kalau dirupiahkan bisa 250 ribuan. Tapi, Alhamdulillah saya dibayari semua keperluan wisata kali ini oleh Nakasone sensei. Arigatou gozaimashita Nakasone sensei ^^

Osaka Aquarium “Kaiyukan” (海遊館) terletak di Pelabuhan Tempozan, area Teluk Osaka, merupakan salah satu dari Aquarium yang spektakuler di Jepang. Bahkan, di sini merupakan aquarium yang memiliki tangki tempat hewan laut terbesar di dunia.

Kehidupan bawah laut direpresentasikan dengan adanya 15 tangki, masing-masing mewakili daerah-daerah khusus di lingkaran pasifik (Pasific Rim). Tangki utama merepresentasikan Samudera Pasifik, sedalam 9 meter dan adalah tempat adanya Jinbei-sama (Whale Shark) dua ekor, merupakan tangki atraksi utama.

Tak jauh dari pintu masuk Aquarium, kita akan disuguhi oleh Pinguin Antartika, mereka namakan sebagai Parade Pinguin. Terus melanjutkan langkah kaki, akan menemui beberapa hewan langka yang asli dari Hutan di wilayah Jepang. Hingga akhirnya, mulailah penjelajahan hewan-hewan bawah laut.

Para pengunjung memulai penjelajahannya dari lantai delapan. Lalu lambat laun akan semakin turun ke bawah dan kebawah lagi. Karena kaca yang menyambung dari atas ke bawah, maka dimungkinkan untuk melihat hewan-hewan laut tersebut dari ketinggian dan perspektif yang berbeda. Saya ini pertama kalinya mengunjungi Aquarium besar seperti ini, sungguh sebuah pengalaman yang sangat berharga melihat secara langsung hewan-hewan laut yang selama ini hanya bisa dilihat melalui televise atau internet saja.

Anjing laut, Lumba-lumba, Hiu, kura-kura hingga ubur-ubur adalah contoh hewan-hewan yang bisa ditemui di aquarium ini. Yang lebih membuat nyaman, adanya foto disertai nama dan penjelasan dalam bahasa Inggris, sehingga para pengunjung mancanegara pun dengan mudah memahami hewan apa yang tengah dilihat.

Menurut saya pribadi, yang paling mengesankan adalah pertunjukan di tangki utama, yaitu adanya Jinbei-sama (Hiu super raksasa) dua ekor. Yang kedua adalah adanya kepiting laba-laba, hal itu dikatakan demikian karena memang kepiting tersebut memiliki kaki yang amat sangat panjang, sehingga bentuknya lebih bisa dikatakan mirip laba-laba daripada kepiting. Sungguh, inilah pertama kalinya melihat dari dekat dan merasa seperti berenang bersama mereka. Hewan raksasa yang sungguh mempesona, juga unik dan tak terhingga ketakjuban pembuatnya, yakni Allah Rabbul Izzati.

Kenyamanan tersebut tidak lain juga karena desain yang dibuat sedemikian rupa oleh para arsiteknya. Dinding gelas kaca terdiri dari beberapa lapis hingga setelah sekitar kira-kira 25-30 cm, sehingga sangat aman tetapi juga dengan bisa dengan jelas melihat hewan dibalik dinding, sehingga bisa menyuguhkan sensasi seperti kita juga tengah berada di dalam kedalaman air habibat hewat tersebut berada.

Selesai mengunjungi semua tangki yang tersedia, saya dan Nakasone sensei makan siang di rest area aquarium. Untuk memilih makanan yang aman, saya pun memesan pasta yang jelas-jelas dari mie. Kemudian, alhamdulillah Nakasone sensei menghadiahkan boneka Pinguin spesial untuk Ayumi chan di Bandung.

Dari sini kami berniat untuk mengunjungi Osaka Science Museum, tapi sesampai di stasiun terdekat, terdapat pengumuman bahwa Museum tutup, maka perjalanan dialihkan ke Nishi Umeda station. Dekat situ terdapat Umeda Sky Building (梅田スカイビル), dan di atasnya adalah Floating Garden Observatory. Kita akan bisa naik hingga ke lantai 39, kemudian di sinilah baru ada tiket agar bisa naik sampai Floating Garden Observatory, biayanya 800 yen per orang atau sekitar 90 ribuan.

Bersama Nakasone sensei, banyak mengambil foto-foto kota Osaka dari ketinggian. Maka, tempat mengambil gambar dari ketinggian yang terkenal adalah di Umeda Sky Building (173 meter) dan Abeno Harukas (300 meter).

Inilah sesi berbagi tentang jalan-jalan saya hari ini. Semoga bisa menjadi sedikit referensi kalau teman-teman berencana mau traveling ke Osaka City ya ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Tengachaya, Osaka Shi – Osaka Prefecture, JAPAN
Sabtu malam, 23 Rabiul Awwal 1437 H/02 Januari 2016 pukul 23.22 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 03 Januari 2016 pukul 09.00 waktu Jepang

01 == 02

03 == 04

05 == 06

07 == 08

09 == 10

11 == 12

13 == 14

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: