Arima Onsen dan Rokko-Arima Ropeway*

00

00

Arima Onsen dan Rokko-Arima Ropeway*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/全国社会福祉協議会)

Salah satu program yang dibuat untuk para klien di Santokuryou, tempat saya training sekarang adalah rekreasi one day trip. Maka, pada hari Selasa, 08 Desember 2015 yang lalu kami bertolak dari Kota Osaka  menuju Arima Onsen, Kota Kobe. Onsen adalah pemandian air panas, dan kita tahu bahwa memang orang Jepang sangat gemar mandi berendam di air panas.

Keterkenalan Arima Onsen adalah airnya yang berwarna agak kecoklatan (lempung), tapi ketika mereka menceritakan kelebihan onsen di Arima, adalah karena warnanya yang keemasan. Hal ini menunjukkan sudut pandang yang berbeda dalam memandang apa yang dimiliki oleh Jepang. Kalau saya sebagai orang Indonesia, memandang onsen di Arima berwarna coklat dan biasa-biasa saja. Namun, orang Jepang lebih berpikiran positif dengan memandang onsen yang tidak jernih itu berwarna keemasan, dan mereka dapat mengemasnya sebagai tempat yang nyaman untuk dijadikan rekreasi. Subhanallah. Orang Jepang mengajarkan satu pelajaran penting kepada saya akan arti menghargai dan bangga apa yang kita miliki, dan mengemasnya secara optimal.

Yang tidak kalah luar biasanya ketika dalam acara rekreasi seperti ini adalah menu yang spesial khas Jepang. Saya juga kagum dengan sistem pelayanan terhadap klien yang tidak setengah-setengah. Kita tahu bahwa para klien di di Santokuryou adalah orang-orang homeless yang tidak produktif dalam bekerja, yang ada malah sering sakit-sakitan. Namun, pemerintah Jepang melalui Santokuryou memberikan pelayanan apapun yang dibutuhkan, serba berkecukupan. Mulai dari tempat tinggal yang layak, makanan yang bergizi, serta saya dapati hari itu fasilitas rekreasi yang jamuannya begitu luar biasa. Pemerintah Jepang betul-betul memuliakan rakyatnya. Bagaimana dengan negeri Indonesia? Ini masih menjadi PR kita bersama.

Tidak sekedar onsen yang bisa dinikmati di Arima ini. Namun, dengan berjalanan kaki sekitar 5 menit, kita akan sampai di stasiun Arima-Rokko Ropeway. Yakni sebuah kereta gantung yang menghubungkan Arima sampai ke puncak gunung Rokko. Pemandangan super indah akan kita dapati ketika di puncak Gunung Rokko ini. Yaitu keterpampangan secara landscape Kota Kobe juga Osaka yang begitu indah dan megah.

Satu hal yang menjadi kekurangan hanyalah suhu udara dingin yang mencapai sekitar 5 derajat celcius. Bagi saya yang dari negeri tropis, cukup merasa kedinginan dengan hawa udara yang menusuk tulang. Namun, bersyukur kepada Allah subhanahu wata’ala yang telah memberikan kesempatan, nikmat yang tidak terhingga, selain kesehatan yang terus terjaga, juga pengalaman-pengalaman hidup yang terus bertambah, serta menjelah di tempat-tempat indah di Jepang.

Tengachaya, Osaka Shi – Osaka Prefecture, JAPAN
Sabtu, 01 Rabiul Awwal 1437 H/12 Desember 2015 pukul 06.36 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu, 12 Desember 2015 pukul 09.00 waktu Jepang

01 == 02

03 == 04

05 == 06

07 == 08

09

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: