Ikatan Hati FORKOMKASI di Kalimantan*

Pengurus FORKOMKASI masa bhakti 2012-2013

Pengurus FORKOMKASI masa bhakti 2012-2013

BAGIAN KEEMPAT – SECUPLIK KISAH

Ikatan Hati FORKOMKASI di Kalimantan*

Muqaddimah

Seiring berputarnya roda harapan untuk mengembangkan potensi dan keilmuan untuk saling berbagi ke seluruh penjuru Indonesia melalui FORKOMKASI, tak dapat dipungkiri bahwa keinginan untuk menggapai itu semuanya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena pada dasarnya untuk membalikkan telapak tangan saja kita juga membutuhkan energi. Seberapa pun energi kekuatan itu ada, itu yang menumbuhkan semangat untuk bisa bergerak.

Sama halnya dengan FORKOMKASI, untuk menumbuhkan forum ini butuh energi-energi baru dari tiap manusia di dalamnya. Baik dukungan dari masing-masing Universitas atau Fakultas terkait dengan FORKOMKASI di masing-masing regional/wilayah di setiap Propinsi.

Merasa bersyukur sekali ketika pertama kali forum ini dibentuk pada bulan Maret tahun 2011 kami dari Kalimantan Barat bisa menghadiri pertemuan ini didampingi oleh dosen kami Ibu Syarmiati, S.Ag, serta Ketua HMJ Sosiatri, Awan Prima Aprian pada waktu itu. Di sinilah roda harapan pertama itu diputar, harapan untuk menumbuhkembangkan keilmuan dan kemampuan mahasiswa dalam bersinergi dengan mahasiswa-mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia dengan Jurusan  dan keinginan yang sama. Keinginan untuk menjadi pribadi yang unggul dan bermanfaat untuk masyarakat ke depannya.

Pertemuan ini disambut baik oleh Universitas Tanjungpura (UNTAN) terutama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTAN, Pontianak Kalimantan Barat. Setelah forum ini terbentuk dan dideklarasikan di Kota Depok, Jawa Barat, maka kami mulai menyemat mimpi yang dalam, bahwa suatu hari nanti, ini akan menjadi ladang harapan untuk menyemai ide-ide dan harapan bersama mahasiswa kesejahteraan sosial di seluruh penjuru. Ketika ide itu mulai tertanam dalam diri kami, maka kami mulai mencari bibit baru yang bisa disemai di FISIP UNTAN Pontianak.

Namun kembali saya kabarkan bahwa kumandang forum ini belum semarak untuk disemai di tiap semangat mahasiswa. Masih ada tantangan suhu pemahaman dan cita-cita yang belum bisa disamakan, sehingga ketika pertama kali ingin dibentuk kepengurusan FORKOMKASI Regional Kalimantan, forum ini hanya terbentuk di atas kertas. Belum ada gerakan yang signifikan untuk melancarkan arus ide-ide menuju kesejahteraan pribadi dan masyarakat.

Namun harapan ini tak akan pernah pupus, karena pasti akan ada zamannya dihadirkan para pemuda dan mahasiswa yang siap dengan segala macam kekuatan yang mereka punya. Saat ini perkembangan regional hanya sebatas informasi  FORKOMKASI secara umum saja. Hal ini disebabkan karena kesibukan mahasiswa dan keinginan  yang berbeda-beda. Dan untuk menambatkan FORKOMKASI hingga bisa membuat mereka jatuh cinta terhadap FORKOMKASI butuh waktu dan perhatian khusus. Hal ini akan terus dicoba, hingga suatu masa nanti kami bisa menuai  kesejahteraan bersama.

Tantangan dan Kekuatan

Perjalanan FORKOMKASI di Kalimantan Barat, ibarat bermula dari keinginan membangun sebuah peradaban yang hebat. Betapa tidak saya katakan seperti itu, karena sudah sampai 3 tahun ini FORKOMKASI masih butuh bahan yang banyak untuk disatukan, masih perlu disiram air kehidupan hingga semangat itu takkan padam, masih perlu tangan-tangan yang siap untuk terus bergerak, walau hanya satu dua orang, ini akan terus dilanjutkan.

Ternyata memang benar, bahwa tantangan inilah yang menjadi sumber kekuatan untuk membuat sebuah bangunan yang hebat, yang dikatakan oleh orang-orang pilihan kami pasti bisa membangun bangunan itu. Walau semua orang-orang di sekitar pada awalnya kurang memberikan perhatian karena belum yakin dengan apa yang kami lakukan. Namun dalam perjalanan ini roda itu akan kami putar hingga kami bisa mencapai pada titik impian tertinggi untuk menyampaikan rasa cinta kami kepada mereka melalui bangunan kesejahteraan ini. Hingga mereka berdecak kagum dan mengatakan FORKOMKASI itu luar biasa manfaatnya.

Saat ini saya hanya bisa mengatakan itu untuk FORKOMKASI Regional Kalimantan, tapi suatu waktu saya akan mewujudkan itu semua bersama mereka. Bersama tantangan dan kekuatan yang dititipkan untuk tetap berbuat. Insya Allah..

Hebatnya Kepengurusan

Tiga tahun itu masa untuk belajar tegak, maka masuk tahun berikutnya FORKOMKASI ini akan berjalan secara sempurna. Pasti bisa! itu harapan dalam roda kepengurusan berikutnya, roda ini akan diputar dengan cakupan energi mahasiswa yang kuat. Kuat untuk membangun dinamika personal dan komunitas menjadi sumber energi cahaya kesejahteraan. Karena dinamika dalam kepengurusan itu akan tetap selalu ada dengan karakter wilayah masing-masing, dan dinamika ini cukuplah jadi pelajaran berharga untuk memanajemen diri jadi mahasiswa hebat. Jujur perjalanan  Regional Kalimantan dengan segala bentuk pilihan kepengurusan, masih banyak peluang untuk menjadi lebih baik lagi. Kami akan terus belajar untuk berkarya dan menumbuhkan manfaat dengan menyatukan visi ke depan.Semoga Bisa!

Harapan Besar

Perjalanan FORKOMKASI Kalimantan ini masih sangat kecil dan sederhana. Kepengurusannya dibentuk bermula dari harapan besar bahwa kami punya kemampuan untuk menggali potensi bersama. Semakin dalam kami berusaha menggali potensi, maka semakin dalam pula tantangan yang kami hadapi. Dan kami semakin yakin ketika tantangan demi tantangan itu dihadirkan di masing-masing wilayah khususnya Jurusan Sosiatri, FISIP UNTAN, Kalimantan Barat.

Hal ini menunjukkan ada harapan besar untuk terus bergerak dan harapan itu akan terus bertahta kepada Yang Maha Besar, Sang Pencipta Jagat Raya ini. Bahwa apapun yang kami perbuat untuk secercah cahaya kehidupan FORKOMKASI di Kalimantan semuanya akan tetap bermuara pada kesejahteraan bersama. Harapan itu takkan pernah pudar walau dalam waktu dekat ini jurusan sosiatri FISIP UNTAN akan berganti menjadi jurusan Pembangunan Masyarakat.

Semuanya akan tetap sama, tetap pada harapan besar untuk melampaui setiap perubahan kecil. Dan tantangan perubahan ini bisa menjadi sarana agar terus berbuat mengambil peluang. Peluang untuk menjadikan FORKOMKASI Regional Kalimantan menjadi Lebih Baik bersama mereka yang siap untuk berkarya di dalamnya.

Bunga Perjalanan

Menapaki perjalanan FORKOMKASI Regional Kalimantan ibarat kita sedang berkayuh dalam sampan yang kecil, ketika ingin bertemu Kapal Besar FORKOMKASI di sebuah propinsi butuh waktu dan biaya untuk bisa melampaui jarak tempuhnya. Tak sedikit harapan yang pupus karena kerikil perjalanan, masalahnya sangat sederhana, karena angka nominal uang kertas tak mecukupi untuk diganti menjadi secarik tiket yang bisa terbang menempuh pulau sampai ke Sulawesi atau Sumatera. Ini kadang dihadapi dalam perjalanan FORKOMKASI, dan inilah bunga-bunga perjalanan.

Jika kita lihat lebih jauh bunga perjalanan ini sangat indah, karena kita diajarkan untuk bisa menjadi kaya, dari keterbatasan yang kita punya kita diajarkan untuk menambah tiap kekurangan yang ada, agar kelak FORKOMKASI bisa hidup karena perjuangan semua orang-orang di dalamnya, yang telah berjuang dengan diri dan harta mereka.

14 Misriyah AbdurrahmanSemoga kita bisa melihat indahnya bunga perjalanan FORKOMKASI dari setiap propinsi. Sahabat, saya banyak belajar dari sahabat semua. Terima kasih untuk semua pencerahan dari semua propinsi. Ragamu menjadi bukti bahwa kita bisa berkarya bersama. Moga Semuanya Manfaat, Amin.

*Oleh: Misriyah Abdurrahman

Dewan Formatur (DF) FORKOMKASI Perwakilan Kalimantan periode 2012-2013

Alumni Jurusan Sosiatri Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

Kutipan: “Ilmu bagaikan hewan buruan, dan tulisan/pena adalah ibarat tali pengikatnya. Oleh karena itu ikatlah hewan buruanmu dengan tali yang kuat” [Imam Syafi’i]

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 03 Desember 2015 pukul 15.00 waktu Jepang

 Cover Bunga Rampai FORKOMKASI, Mei 2014

Naik Cetak I, Mei 2014 - Copy

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: