Berkunjung ke Maizuru Bousai Center-Kyoto*

00

00

Berkunjung ke Maizuru Bousai Center-Kyoto*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/全国社会福祉協議会)

Hari Rabu tanggal 18 November pekan lalu saya ikut serta menemani kegiatan studi ekskursi para relawannya Tochiu no Sato, Tsunogawa Vila maupun Sawayaka Sou. Hadir sekitar 18 orang relawan, ditemani oleh 4 orang karyawan dan ditambah saya. Menggunakan mini bus kami berangkat menuju Maizuru City, Kyoto Prefecture.

Sebelum sampai di lokasi, kami berhenti untuk makan siang secara prasmanan di Fururu Farm. Tempat tersebut memiliki kebun sayur yang secara fresh dipetik pada hari itu juga untuk disajikan kepada para pengunjung. Tidak hanya menyediakan tempat makan yang bisa mengambil sendiri sesuai selera sampai kenyang, tapi juga terdapat mini market yang menjual produk-produk dari Fururu Farm. Itulah nilai jual bisnis satu pintu tempat tersebut.

Melanjutkan perjalanan di tujuan studi ekskursi yaitu di Maizuru Bousai Center (Maizuru City Disaster Prevention Center), Kyoto. Wilayah Perfektur Kyoto yang cukup luas, Maizuru terletak di bagian paling utara yang berbatasan langsung dengan laut.

Sampai pertama kalinya saya dikejutkan oleh mobil mini sebagai pemadam kebakaran. Karena bentuknya yang unik, kami pikir itu adalah mobil pemadam kebakaran untuk gang-gang sempit, tapi ternyata bukan. Mobil tersebut adalah mobil pemadam kebakaran khusus di area padang golf.

Lanjut naik ke lantai utama. Kami disuguhi miniatur mobil pemadam kebakaran dari waktu ke waktu. Mulai dari yang masih sangat sederhana, sampai yang paling modern. Selain itu, yang spesial adalah adanya miniatur robot Gundam dan beberapa robot pahlawan lain yang secara gagah bahu membahu menjadi petugas pemadam kebakaran. Tentu saja, itu menyiratkan pesan yang amat positif untuk menanamkan nilai kepada anak-anak siswa/mahasiswa.

Sajian berikutnya adalah kami digiring masuk ke ruang bioskop mini. Di sana kami disuguhi film 3 Dimensi tentang bencana gempa bumi. Keadaan dimana di saat aman, seringkali orang sama sekali tidak perduli satu sama lain, menghabiskan waktu dalam kesia-siaan dan hal-hal tidak bermanfaat lainnya. Pesan mendalam di film tersebut adalah agar orang Jepang mau lebih perhatian terhadap keluarga, memanfaatkan waktu yang ada secara sebaik-baiknya, dan yang tidak kalah penting adalah siap ketika menghadapi bencana yang terjadi secara tiba-tiba.

Usai dari situ, para peserta dijelaskan mengenai cara pemadaman api kecil dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran. Latihan dengan tabung yang diisi air, simulasinya tampak nyata. Sekitar 3 meter di depan kami tampak layar besar yang menampilkan film pendek terjadinya kebakaran kecil, kemudian kita akan menyemprotkan air untuk mematikan api tersebut. Dan kerennya adalah layar tersebut memiliki sensor dengan tahap mendapatkan semburan air sedemikian api akan menjadi padam.

Kegiatan simulasi terakhir adalah penyelamatan diri pada saat terjadi kebakaran dimana terdapat asap yang sangat pekat hingga pandangan hampir sama sekali tidak terlihat. Karena latihan, asap yang digunakan adalah asap yang tidak berbahaya, dan berbau lumayan harum. Tantangannya adalah, ruang simulasi tersebut semacam puzzle, jadi kalau kita salah melangkah, maka akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk bisa keluar dari ruangan.

12 - Joko SetiawanKesemua kegiatan tersebut kami jalani dengan penuh semangat dan kegembiraan. Meski saat itu mendung disertai hujan, karena kegiatannya tidak dalam ruangan maka tidak mengurangi rasa semangat sambil merefresh diri atas kepenatan aktivitas sehari-hari.

Izumi chou, Takashima Shi – Shiga Prefecture, JAPAN
Senin malam, 12 Safar 1437 H/23 November 2015 pukul 22.12 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Selasa, 24 November 2015 pukul 09.00 waktu Jepang

01 == 02

03 == 04

05

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: