Tinggal di Apartemen Omi-Imazu*

Apartemen Leo Palace di Imazu cho, Takashima shi, Shiga Ken, Japan
Apartemen Leo Palace di Imazu cho, Takashima shi, Shiga Ken, Japan

Apartemen Leo Palace di Imazu cho, Takashima shi, Shiga Ken, Japan

Tinggal di Apartemen Omi-Imazu*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/全国社会福祉協議会)

Di Kota Osaka, saya difasilitasi oleh NPO Jikyokan satu apartemen bernama Belle Sophia di daerah dekat stasiun Tengachaya, Nishinari Ku. Satu bulan usai menempati apartemen tersebut, saya tinggalkan selama satu bulan untuk hijrah ke Provinsi Shiga karena jadwal training memang berpindah ke situ. Saat ini, saya kembali difasilitasi satu apartemen bernama Leo Palace yang juga cukup nyaman aksesibilitasnya untuk taraf kota kecil di Takashima ini.

Apartemen ini memang apartemen khusus untuk bisa ditinggali satu orang. Jika mau agak irit, sebenarnya juga bisa menampung dua orang, satu tempat tidurnya terdapat di atas yang bisa diakses melalui tangga mini. Di dalam satu ruang itu terdapat fasilitas lengkap mulai dari kasur, televisi, meja makan, lemari, AC (bisa dingin, bisa hangat) mesin cuci, kompor gas, microwave dan juga kulkas. Tak lupa, kamar mandi disertai ofuro (bathup untuk mandi air hangat), dan toilet duduk modern yang bisa menyemprotkan air dari bawah tempat duduk. Fasilitas sedemikian rupa, saya tanya-tanya kisaran harganya sekitar 50.000-an yen per bulan.

Di sekitar sini aksesnya terbilang cukup mudah, kemana-mana bisa menaiki sepeda yang ruang gerak untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda onthel memang sangat nyaman dan aman. Berjarak 50 meter dari apartemen, terdapat Bank Shiga, di seberangnya ada restoran terkenal khusus untuk menu belut. Berjalan sekitar 200 meter terdapat supermarket A-Cope. 3 menit mengayuh sepeda bisa menemukan Hoka-Hoka Bento asli Jepang. Dan kalau mau agak lebih jauh mengayuh sepeda, sekitar 8 menit, akan sampai di Pusat Pembelanjaan Heiwado, di mana di dalamnya begitu lengkap mulai dari segala rupa yang terdapat di supermarket, di lantai dua terdapat DAISO, pusat elektronik, dan juga pusat belanja pakaian. Heiwado ini adalah Pusat Pembelanjaan terbesar di daerah Imazu cho.

Stasiun terdekat adalah Omi-Imazu, dimana bisa ditempuh dengan mengayuh sepeda kurang dari 5 menit, atau jalan kaki sekitar 10 menit. Karena di sini adalah kota kecil, kereta listrik yang beroperasi menuju Kyoto dan Osaka hanya bisa ditemui satu jam sekali saja. Ini tentu sangat berbeda dengan di Kota Osaka atau Tokyo yang mana keretanya datang hampir setiap 5-10 menit sekali.

Pada saat saya masih training di Sawayaka Sou, saya biasa mengayuh sepeda kurang lebih 15 menit. Namun sekarang, tempat training saya sudah berpindah ke atas gunung, yang hanya bisa ditempuh dengan transportasi umum Bus JR. Meski transportasi sulit, orang-orang di sini sangat jarang yang memiliki sepeda motor, rata-rata punya mobil sendiri untuk mempermudah aksesibilitasnya. Tentu saja hal itu bagus untuk mengurangi polusi dan membuat kota menjadi tampak sangat nyaman untuk ditinggali.

Karena transportasi umum yang minim (karena penumpangnya sedikit), maka harganya cukup mahal. Dari apartemen menuju Tochiu no Sato, tempat saya training saat ini menghabiskan uang sebesar 670 yen untuk sekali jalan, padahal hany ditempuh selama 25 menit perjalanan saja. Tentu ini sangat berbeda dengan transportasi kereta listrik atau kereta bawah tanah di dalam kota Osaka yang terbilang terjangkau.

Namun terlepas dari itu semua, masalah berikutnya adalah setiap hari libur (Sabtu dan Ahad), hujan turun membasahi Imazu cho, yang oleh karenanya saya hampir tidak bisa kemana-mana dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengutak-atik kata di laptop ASUS X44C satu-satunya ini he he.

Izumi chou, Takashima Shi – Shiga Prefecture, JAPAN
Selasa malam, 06 Safar 1437 H/17 November 2015 pukul 20.13 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Jum’at, 20 November 2015 pukul 09.00 waktu Jepang

IMG_20150930_173121 == IMG_20151107_074617

IMG_20151103_140304 == IMG_20151103_113358

Comments
8 Responses to “Tinggal di Apartemen Omi-Imazu*”
  1. Asop says:

    Kemana-mana bisa naik sepeda? Luar biasa keren. Naik sepeda lalu disambung naik kereta. Berganti moda transportasi.🙂

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: