Kemegahan Osaka Castle*

00

00

Kemegahan Osaka Castle*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/Zenshakyou)

Tak beda jauh dengan kota Tokyo, segala hal di Osaka ini juga dapat dijangkau dengan mudah. Ciri khas mengapa kota-kota di Jepang ini sangat nyaman adalah karena sarana transportasi untuk sampai ke sana itu berbiaya murah, mudah, dan juga antara tempat menarik satu dengan lainnya saling berdekatan.

Petualangan “mbolang” saya berikutnya adalah mengunjungi Osaka Castle (大阪城) yang sekali jalan hanya menghabiskan 240 yen dengan lama tempuh 30 menit-an dari apartemen saya di daerah stasiun Tengachaya, Nishinari ku. Tidak hanya kastil semata, di dekat sini juga terdapat gedung siar Radio NHK Osaka, kemudian Museum Osaka dan juga Taman Kastil Osaka (Osaka Castle Park) yang bisa dinikmati secara gratis tanpa pungutan biaya.

Pengelolaan tempat pelayanan publik semacam ini sangat menginspirasi orang kampung seperti saya. Kita sebagai orang Indonesia akan dibuat terkagum-kagum ketika melihat fasilitas publik yang begitu BERSIH, tak ada sampah secuil pun yang berserakan di mana-mana, semua berada di tempat sampah yang telah tersedia; RAPI, kita juga akan kesulitan menemukan pedagang keliling yang menawarkan makanan atau minuman ini dan itu yang tidak jelas kualitas higienisnya, dan memang sama sekali tidak ada pegadang yang demikian; AMAN, semua tidak ada kecurigaan dan kekhawatiran sedikitpun kalau-kalau barangnya bakal dicuri atau dirampok, meski tidak harus dikawal polisi, suasananya sangat aman dan hampir dipastikan minim kejadian kriminalitas; KEPENTINGAN PUBLIK, dan yang terpenting dan harus digarisbawahi menurut saya adalah berbagai macam fasilitas ini memang bertujuan untuk dijadikan tempat rekreasi bagi warga, bukan tujuan profit, melainkan tujuan fasilitas terbaik dari negara untuk rakyatnya.

Osaka Castle (小田原城) adalah kastil kedua yang pernah saya kunjungi selama ada di Jepang. Yang pertama kali adalah Odawara Castle yang saya kunjungi pada bulan Mei 2015 lalu bersama dengan rekan-rekan trainee lainnya, ditemani oleh staf Japan National Council of Social Welfare (JNCSW). Kastil yang kedua yakni di Osaka Castle ini, saya “mbolang” sendirian karena tempatnya yang dekat, jadi hanya berbekal Google Maps dan tidak membutuhkan bantuan staf Jikyokan (lembaga tempat saya training) untuk membantu.

Keindahan dan kemegahan Osaka Castle begitu terasa. Saya akui bahwa cara pemerintah Jepang untuk menghargai budayanya begitu luar biasa. Bangunan-bangunan bersejarah di masa silam itu, tetap dirawat, dijaga, namun tetap terbuka untuk dinikmati oleh warga negaranya maupun oleh turis mancanegara.

Karena hanya sendirian, saya tidak sampai masuk ke dalam Kastil utama, meskipun dibuka untuk umum dan hanya bertiket 600 yen saja. Saya pikir, isinya pasti tidak jauh beda dengan apa yang ada di dalam Odawara Castle, dan lagipula, di dalam kastil tersebut tidak boleh mengambil foto, rasanya sayang kalau saya sendirian masuk tanpa bisa mengambil foto.

Sebagai hadiah, saya tampilkan beberapa foto hasil jepretan sendiri dari HP Android NEXUS 5 yang merupakan HP fasilitas pinjaman dari Bagian Internasional Japan National Council of Social Welfare (JNCSW).

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah.

Tengachaya, Nishinari ku Osaka shi – Osaka Prefecture, JAPAN
Rabu malam, 02 Muharram 1437 H/14 Oktober 2015 pukul 20.20 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 15 Oktober 2015 pukul 09.00 waktu Jepang

01 == 02

03 == 04

05 == 06

07 == 08

09 == 10

11 == 12

Tinggalkan Jejak ^_^

