Chofu Festival dan Pementasan Orkestra*

Jpeg

Chofu Festival dan Pementasan Orkestra*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/Zenshakyou)

Chofu adalah tempat terdekat yang bisa saya kunjungi dari apartemen tempat tinggal di Tokyo. Alhamdulillah, pada hari Sabtu 15 Mei 2015 yang lalu, setelah melewati serangkaian ujian bahasa Jepang di hari Kamis dan Jum’at (13&14 Mei 2015), saya bersama Beverley san dan Julie san datang mengunjungi Chofu Festival yang digelar tak jauh dari Stasiun Chofu.

Jpeg

Memang tak luas arena yang digunakan untuk mengadakan festival, namun tetap cukup ramai tanpa berdesak-desakan. Para pengunjung dapat dengan santai menikmati sajian dari beberapa booth yang kokoh berdiri. Selain itu, kita juga disuguhi dengan pementasan yang sudah terjadwal dari pagi sampai sore hari penutupan pukul 5 sore.

Jepang adalah negara dengan populasi lansia cukup tinggi, karenanya di festival tersebut kita juga akan dapat dengan sangat mudah sekali menemukan para lansia berwisata mencari kesegaran psikologis. Namun, anak-anak juga tetap tampak ramai memadati lokasi. Kebanyakan datang sekeluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak balita.

Yang menarik adalah pada booth yang tersedia, terdapat organisasi pelayanan bagi penyandang disabilitas. Yang saya lihat beberapa waktu lalu adalah para penyandang cacat mental, tapi dengan sangat mandiri bisa melayani tamu yang melihat-lihat booth nya sembari menawar beberapa barang yang dijualnya.

Yang sekilas bisa saya terka adalah karena orang Jepang begitu fokus dalam melakukan suatu pekerjaan tertentu. Kebanyakan mereka bekerja dengan sepenuh hati, tidak serta merta karena tujuannya untuk mendapatkan gaji semata, tapi dari lubuk hati terdalam menghendaki pelayanan prima kepada masyarakat. Hal ini karena saya juga mengamati bahwa pelayanan publik di Jepang ini sungguh luar biasa.

Usai acara, kami bertiga (saya, Beverley dan Julie) beranjak ke Chofu Green Hall. Di ruang tamu sedang digelar pertunjukan permainan instrumen alat musik yang bisa digunakan dalam pementasan orkestra. Tak beberapa lama kemudian, pintu arena pertunjukan pun dibuka, dan siapa saja dapat masuk untuk mendapatkan tontonan gratis. Sebelumnya, kami bertiga tidak tahu sama sekali tentang informasi pementasan tersebut. Yokatta, alhamdulillah tiba pada waktu yang tepat dan bersama-sama warga Chofu menikmati pementasan orkestra musik klasik.

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah.

Kokuryo, Chofu Shi – Tokyo, JAPAN
Jum’at malam, 05 Sya’ban 1436 H/22 Mei 2015 pukul 19.11 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu, 23 Mei 2015 pukul 09.00 waktu Jepang

Jpeg == Jpeg

Jpeg == Jpeg

Jpeg == Jpeg

Jpeg == Jpeg

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: