Membuat Kartu Perpustakaan di Chofu shi no Toshokan*

Buku Cerita anak-anak bergambar dengan tulisan Hiragana, Katakana dan Kanji sederhana untuk belajar. Kamis, 09 April 2015
Buku Cerita anak-anak bergambar dengan tulisan Hiragana, Katakana dan Kanji sederhana untuk belajar. Kamis, 09 April 2015

Buku Cerita anak-anak bergambar dengan tulisan Hiragana, Katakana dan Kanji sederhana untuk belajar. Kamis, 09 April 2015

Membuat Kartu Perpustakaan di Chofu shi no Toshokan*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Shakai Fukushi no Kenshusei of 32nd Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/Zenshakyou)

Pada hari Kamis, 13 April 2015 kemarin kami ditemani pihak Zenshakyou yaitu Ogawa san dan Furuhashi san berangkat ke Perpustakaan yang terbesar di Chofu Shi, orang Jepang biasa menyebut tempat tersebut dengan Chofu Shi no Toshokan. Perjalanan kami mulai dari Kokkai gijidomae eki hingga ke Chofu eki. Dari sini jalan kaki sekitar 5 menit dan sudah sampai di perpustakaan yang dituju.

Pihak Zenshakyou menemani kami untuk mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya di edisi pelayanan pada pengguna fasilitas publik. Pelayanan di perpustakaan ini juga sangat ramah, sopan, cepat selesai dan tentu saja GRATIS. Tidak seperti di kota-kota negara berkembang ya hehe, di sini meski gratisan/tanpa biaya sepeserpun, pelayanannya tetap prima dan memuaskan.

Gedungnya lumayan besar, dan area perpustakaan terletak di lantai 4, 5 dan 6. Lantai empat untuk melakukan pendaftaran, lantai lima terdapat lebih banyak koleksi dan lantai enam untuk mendengarkan kaset/video yang dipinjam dari lantai 4 atau lantai 5.

????Form isiannya tidak terlalu ribet, hanya satu lembar saja. Dan ketika semuanya telah diisi secara lengkap dan benar. Segera saja diproses oleh petugas kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu kami menerima kartu anggota yang bentuknya seukuran dengan kartu ATM tersebut. Dan tentu saja, kartu sudah dapat digunakan dengan peminjaman maksimal sebanyak 20 buku dalam waktu paling lama meminjam adalah 14 hari/dua pekan.

Saya, Fang san dan Park san memilih buku-buku kesukaannya masing-masing. Karena penguasaan bahasa Jepang yang masih amat sangat minim, saya pun memilih buku anak-anak yang bercerita tentang detektif. Di dalamnya memang terdapat huruf kanji, tapi ada tulisan furigana yang merupakan huruf hiragana berukuran kecil tepat di atas tulisan kanji tersebut.

Dan inilah efektifnya pelayanan fasilitas publik di Jepang. Saya meminjam buku di Chofu shi no Toshokan, tapi saya bisa mengembalikan di Kokuryou cho no Toshokan yang merupakan cabang dari yang di Chofu. Bedanya, yang di Chofu waktu pelayanan sampai pukul 20.30 sedangkan yang di Kokuryou hanya sampai pukul 17.00 saja.

Salam cinta dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kokuryo, Chofu Shi – Tokyo, JAPAN
Senin, 24 Jumadil Akhir 1436 H/11 April 2015 pukul 10.26 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Rabu, 15 April 2015 pukul 07.00 waktu Jepang

???? == ????

Comments
2 Responses to “Membuat Kartu Perpustakaan di Chofu shi no Toshokan*”
  1. nice…
    salam kenal and mampir balik yaa..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: