Jalan-jalan dari Kokuryou ke Shinjuku*

????
Kokuryou Eki (KEIO Line)

Kokuryou Eki (KEIO Line)

Jalan-jalan dari Kokuryou ke Shinjuku*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of Asian Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/Zenshakyou)

Fasilitas dari Zenshakyou adalah rute Densha dari Kokuryou ke Shinjuku via Keio line, kemudian hingga Kokkai–gijidomae via Maronouchi line. Sepanjang rute ini, turun dimanapun gratis. Dimanfaatkan untuk jalan-jalan mengenal medan lingkungan sekitar.

Hari itu Ahad 05 April 2015 saya jalan-jalan dari stasiun ke stasiun, setelah sebelumnya hanya numpang lewat saja tanpa berhenti di stasiun tersebut. Karena memang jalur yang saya tempuh adalah yang telah dibayar oleh Zenshakyou melalui kartu PASMO, maka saya pun dengan tenang dan senang menikmati sesi jalan-jalan tersebut, meskipun siang itu suasana sedang hujan rintik-rintik.

Adapun rute perjalanan saya kemarin adalah sebagai berikut:

1)こくりょう・Kokuryou–> 2)しばさき・Shibasaki–> 3)つつじがおいか・Tsutsujigaoka–> 4)せんがわ・Sengawa–> 5)ちとせからすやま・Chitose-karasuyama–> 6)ろかこうえん・Roka-kouen–> 7)はちまやま・Hachimanyama –> 8)かみきたざわ・Kami-kitazawa–> 9)さくらじょうすい・Sakurajousui–> 10)しもたかいど・Shimo-takaido–> 11)めいだまえ・Meidamae–> 12)だいたばし・Daitabashi–> 13)ささずか・Sasazuka–> 14)しんじゅく・Shinjuku.

Setiap stasiun saya ambil gambar tulisan stasiunnya dan sedikit foto suasana di sekitar karena memang hujan dan tidak memungkinkan jalan-jalan terlampau jauh dari stasiun. Perjalanan sederhana seperti ini bagi saya menarik karena pada dasarnya saya adalah orang yang menggemari hal-hal dan pengalaman baru. Jepang sebagai negeri impian saya untuk tujuan belajar, tidak akan saya sia-siakan hanya dengan diam dan duduk di Shukusha saja. Tapi dengan semangat tinggi berusaha memanfaatkan waktu sebesar-besarnya untuk mendapatkan sesuatu hal yang bermanfaat sebanyak-banyaknya.

Saya dibantu dengan Google Maps, sebuah aplikasi di handphone android ASUS Zenfone 4 yang saya miliki. Di sini kita bisa melihat tempat-tempat terdekat. Dan saya tertarik ketika di Sakura-Josui terlihat di peta ada Nihon University yang letaknya tidak terlalu jauh. Dengan fasilitas navigasi dari google maps tersebut, saya pun bisa sampai hanya dengan jalan kaki 10 menit saja.

Tak jauh dari Nihon University ini ada lapangan lari gratis. Mungkin saya akan agendakan lari keliling lapangan pada hari Sabtu pekan depan sesuai dengan waktu luang yang ada. Selain sebatas jalan-jalan seperti ini, saya juga merencanakan untuk bisa mengenal fasilitas maupun komunitas yang bergerak pada isu-isu sosial kemasyarakatan. Harapannya, sambil belajar bahasa sampai pertengahan bulan Juli 2015 nanti, saya juga bisa mulai berinteraksi dengan masyarakat asli Jepang dan membangun jaringan serta trust yang kuat dengan orang-orang penduduk asli Jepang.

Salam cinta dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kokuryo, Chofu Shi – Tokyo, JAPAN
Sabtu,  22 Jumadil Akhir 1436 H/11 April 2015 pukul 11.10 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 12 April 2015 pukul 07.00 waktu Jepang

???? == ????

???? == ????

???? == ????

???? == ????

???? == ????

???? == ????

???? == ????

???? == ????

???? == ????

???? == ????

Comments
One Response to “Jalan-jalan dari Kokuryou ke Shinjuku*”
  1. Dewi Aja says:

    Halo, Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas mendowload dn upload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis🙂

Tinggalkan Jejak ^_^

