Welcome Party ala Shokuin Jepang*

11118866_859815937390157_2141400798_n
Berfoto narsis usai acara semi formal pembukaan "Welcome Party" di Shiodome Tower Tokyo [Jum'at malam, 03 April 2015]

Berfoto narsis usai acara semi formal pembukaan “Welcome Party” di Shiodome Tower Tokyo [Jum’at malam, 03 April 2015]

Welcome Party ala Shokuin Jepang*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, 32nd Trainee of ASEAN Social Welfare Worker’s Training Program by Japan National Council of Social Welfare (JNCSW/Zenshakyou)

Tanggal 1 April adalah hari spesial bagi orang Jepang. Di sini para siswa sekolah, universitas, pegawai pemerintahan, dan pegawai kantoran termasuk juga Zenshakyou no Shokuin membuka lembaran baru. Karenanya pada tanggal inilah di tempat-tempat kerja banyak terjadi mutasi posisi pekerjaan, penerimaan pegawai baru atau bahkan mengakhiri masa kerja/resign.

Minuman Bir atau sake adalah hal lazim bagi orang Jepang untuk merayakan sesuatu. Tak terkecuali pada Welcome Party yang baru diadakan semalam. Sebutan nama dalam bahasa Jepang cukup muzukashi (rumit) dan karenanya kita cukup menyebut dengan Welcome Party saja. Welcome Party adalah acara yang dihelat untuk menyambut para pegawai baru agar merasa nyaman dan bisa dengan cepat beradaptasi bersama para pegawai lama. Namun saya juga terkesan karena orang Jepang sangat menghargai orang lain. Saya pun bisa terselamatkan dari sake ataupun makanan yang di dalamnya ada kandungan daging babinya.

Ada banyak pelajaran yang bisa saya petik dari Welcome Party yang diadakan oleh orang Jepang. Beberapa poin itu adalah sebagai berikut:

  1. Penghargaan tinggi terhadap karyawan baru dengan membuat pesta khusus yang tentu saja secara formal telah dilakukan pada tanggal 01 April kemarin di kantor Zenshakyou. Yang saya sebut keren adalah ternyata mereka yang di sini ini, bayar sendiri-sendiri yang besarnya sekitar 2000 yen. Saya kurang tahu apakah itu memang biaya penuh untuk per kepala atau sudah ada subsidi dari Zenshakyou-nya. Jadi mereka berkumpul murni karena rasa kebersamaan dan kehangatan sikap dalam menyambut para shokuin yang baru bergabung.
  2. Untuk cepat mengakrabkan diri, para jajaran bos (direktur) juga tidak segan untuk mendatangi satu per satu meja dan mengajak ngobrol santai bawahannya. Ini hebat karena tidak sekedar basa-basi atau tebar pesona dan sebagainya, namun benar-benar bertanya dan ingin tahu dari hati yang terdalam. Itu yang mereka bilang “Kokoro kara hanashimasu”.
  3. Para pegawai lama enggan untuk bersikap diskriminatif seperti merasa ada senior dan junior. Mereka menempatkan diri pada tataran yang sama, yang ada adalah ajakan untuk bekerja bersama-sama secara serius dan senantiasa mencintai pekerjaan saat ini. Karenanya, para pegawai baru pun terlihat nyaman dan dengan cepat dan mudah beradaptasi.

Ya, sedikit pelajaran itu sangat berharga bagi saya. Suatu saat saya memang berencana membuat NGO sendiri atau bahkan perusahaan. Impian punya perusahaan adalah untuk menjadi sumber pendanaan dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari, sedangkan mendirikan NGO adalah untuk ajang aktualisasi diri dan menjadi ladang amal akhirat serta tentu saja untuk terus menghidupkan kualitas profesionalisme sebagai seorang Pekerja Sosial.

Catatan:

Zenshakyou: Kependekan dari Zenkoku Shakai Fukushi Kyougikai atau Japan National Council of Social Welfare

Shokuin: Pegawai di Lembaga Non Profit Organization

Sake: Minuman beralkohol khas negara Jepang yang terbuat dari beras

Salam cinta dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kokuryo, Chofu Shi – Tokyo, JAPAN
Sabtu,  15 Jumadil Akhir 1436 H/04 April 2015 pukul 06.53 waktu Jepang

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Selasa, 07 April 2015 pukul 07.00 Waktu Jepang

11118866_859815937390157_2141400798_n == ????

Comments
3 Responses to “Welcome Party ala Shokuin Jepang*”
  1. waduuuh…asyiknya. saya dari dulu pengen banget ke negri Sakura. Pasti seru yaaa

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: