Pertemuan Alumni STKS Tiga Angkatan*

Fetty Joe Muhni 2

Fetty Joe Muhni 1

Pertemuan Alumni STKS Tiga Angkatan*

*Oleh Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Seperti biasanya, sebagai mahasiswa STKS Bandung yang ingin tahu banyak hal terkait profesi Pekerjaan Sosial di Indonesia, kami seringkali mengadakan diskusi lintas angkatan. Saya yang mahasiswa angkatan 2008 banyak diskusi dan berkomunikasi dengan angkatan sebelumnya di 2007, 2006 atau 2005. Bahkan, seiring dengan jumlah relasi yang terus bertambah, kami pun banyak mencerap semangat dengan alumni STKS Bandung angkatan 2000-an hingga 1990-an.

Kebiasaan tersebut kemudian terus kami lanjutkan kepada adik-adik angkatan. Boleh jadi saat ini kita memang belum menjadi siapa-siapa, namun keterbukaan informasi dengan banyak sharing dan diskusi akan dapat membuka wawasan dan semangat untuk memperteguh profesi Peksos di Indonesia.

Hari Ahad kemarin (08/03), menjelang pengurusan Visa Trainee saya di Kedubes Jepang pada keesokan harinya, kami janjian untuk bertemu dan berbagi semangat serta pengalaman hidup selama ini. Pertemuan ini dari tiga angkatan yaitu: Joko Setiawan (STKS ’08), Abd Muhni Salam (STKS ’09) dan juga Fetty Familda (STKS ’10). Pertemuan diadakan di Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta Selatan. Sebenarnya ada satu lagi yang tidak sempat hadir, yaitu Rendiansyah Putra Dinata (STKS ’10), kebetulan ia tengah sibuk dengan deadline pekerjaannya bersama Save The Children base Cianjur, Jawa Barat. Jadilah hanya kami bertiga saja yang berkesempatan untuk bertemu semacam reuni mini he he.

Cukup banyak yang bisa kami bagi dan ceritakan. Setiap orang tentu punya cerita pengalaman hidup masing-masing yang juga bekesan dan mungkin juga luar biasa. Meski dari angkatan yang paling tua, tidak serta merta saya memiliki cerita yang paling luar biasa. Di sini saya malah mendapatkan cerita-cerita menarik terkait tata cara dan pola kerja PNS di Kementerian Sosial dari Abd Muhni Salam. Belum sampai dua tahun ditugaskan, namun Muhni telah banyak melakukan hal besar dan perjalanan hempir ke seluruh pulau besar di Indonesia. Di sisi lain, Fetty juga banyak bertanya terkait praktik nyata pekerjaan seorang Pekerja Sosial di Kementerian Sosial. Karena beberapa waktu lalu memang telah diumumkan bahwa Fetty lolos sebagai CPNS Kementerian Sosial untuk tahun 2015.

Fetty Joe Muhni 2

Berbeda dengan mereka berdua yang bergerak di ranah Pegawai Negeri Sipil, saya menceritakan pengalaman sebagai alumni STKS yang bergerak di ranah swasta. Mulai dari PeDe Corp, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU hingga pengelolaan dana CSR PT. Silva Rimba Lestari di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Pembahasan pun semakin melebar hingga pada keprihatinan atas carut marut kondisi Bangsa Indonesia.

Namun di akhir diskusi, kami besepakat bahwa meski kenyataannya pahit, tapi kita tidak boleh berputus asa untuk melakukan perbaikan dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa bangsa ini bisa maju mengejar ketertinggalan di berbagai bidang. Dan yang terpenting adalah melakukan hal-hal baik mulai dari terkecil, dari diri sendiri dan tidak menunda-nunda waktu kontribusinya.

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kubang Sari-Sekeloa, Bandung – Jawa Barat
Senin, 25 Jumadil Awal 1436 H/16 Maret 2015 pukul 10.40wib

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Senin, 16 Maret 2015 pukul 13.00wib

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: