Mudahnya Pengurusan VISA di Kedutaaan Besar Jepang*

Sumber Gambar dari sini

Mudahnya Pengurusan VISA di Kedutaaan Besar Jepang*

*Oleh Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Di bulan Desember tahun 2014 yang lalu saya baru saja usai mengurus Paspor. Alhamdulillah tidak ada kendala dan begitu mudah untuk dilakukan. Jika Anda berkenan membuka website di bagian Imigrasi, semua tata caranya telah lengkap dan lebih mudah lagi karena sudah didukung sistem pendaftaran online sehingga tidak perlu mengantri dan memulai proses dari awal.

Nah, di awal bulan Maret 2015 ini saya baru mulai mengurus VISA di Kedutaan Besar Jepang yang terletak di jalan MH Thamrin Jakarta Pusat. Visa adalah sebuah rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke negara Jepang dan bukan berarti izin mutlak atau jaminan untuk dapat masuk ke negara Jepang. Keputusan terakhir untuk dapat masuk atau tidak ke negara Jepang akan diberikan oleh pihak Imigrasi Jepang pada saat mendarat di Jepang.

Jenis-Jenis Visa diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga
  2. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga (apabila Pengundang adalah WN Jepang yang berdomisili di Indonesia)
  3. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Teman
  4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri
  5. Visa Kunjungan Sementara Berkali-kali (Wisata)
  6. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Bisnis
  7. Visa Khusus (Visa Pelajar/ Bekerja/ Pelatihan/ Menetap dalam jangka waktu tertentu)
  8. Visa Transit

Berhubungan dengan Visa yang saya ajukan adalah terkait dengan training selama satu tahun di Jepang, maka Visa yang saya urus berkaitan dengan jenis Visa Khusus. Dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengurus Visa ini terbilang sangat mudah dan tidak terlampau banyak. Syarat tersebut yaitu:

  1. Paspor;
  2. Formulir permohonan Visa[bisa di download (PDF) di web Kedubes Jepang] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Fotokopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Certificate of Eligibility (Asli & fotokopinya)

Dalam kasus yang saya alami kemarin, kesulitan ternyata waktu mengurus Certificate of Eligibility–nya di Imigrasi Jepang. Hal ini diungkapkan oleh Kuwabara-san selaku International Division Japan National Council of Social Welfare yang mengurus CoE dari lima negara asal peserta training. Itulah yang menyebabkan jadwal pengurusan Visa yang diprediksi akan selesai di akhir bulan Februari 2015 menjadi molor di awal Maret 2015 ini.

Pengurusan Visa di Kedubes Jepang dimulai pada hari Senin – Jum’at (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan) pukul 08.30 – 12.00 wib. Sedangkan pengambilannya dijadwalkan pada pukul 13.30 – 15.00 wib. Seperti yang telah banyak kita tahu sebelumnya, orang Jepang begitu menghargai waktu, dan memang benar demikian adanya, lewat 15 menit dari pukul 08.30 wib ternyata sudah begitu banyak orang mengantri di dalam pengurusan maupun pengambilan Visa ke Jepang. Tipsnya, datang lebih awal agar dapat masuk dan mengambil antrian lebih awal pula.

Langkah pertama untuk masuk ke Kedutaan Besar Jepang ini adalah dengan menyerahkan KTP ke petugas yang kemudian akan memberikan kita nomor pengunjung sekaligus sebagai penanda pengambilan KTP yang kita titipkan. Setelah itu kita akan melewati ruangan pemeriksaan barang seperti ketika boarding di bandara. Setelah semua dinyatakan aman, barulah kita dipersilahkan untuk memasuki ruangan pengurusan Visa.

Karena pengamanan yang berlapis inilah, saya sarankan untuk Anda sekalian benar-benar memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan. Permohonan Visa tidak bisa diterima, apabila seluruh persyaratan tidak dipenuhi/tidak lengkap. Setelah permohonan diperiksa, apabila diperlukan dokumen lain sebagai tambahan, akan diminta kemudian. Dan yang juga tak kalah penting, permohonan Visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yuridiksi masing-masing.

Jangan sampai lupa juga, ambillah nomor antrian terlebih dahulu sebelum duduk mengantri. Dan pada saat waktu nomor antrian saya dipanggil, petugas dengan sigap memeriksa kelengkapan dokumen. Setelah semua dirasa lengkap, petugas meminta saya untuk mengisi Kartu tanda terima. Setelah mendapatkan stempel, kartu ini kita bawa untuk diserahkan kembali pada saat pengambilan.

Tak butuh lebih dari lima menit saja untuk semuanya beres. Ya, hanya lima menit saja bahkan kurang dari itu. Di akhir pembicaan petugas menyatakan agar saya datang kembali pada hari Senin (09 Maret 2015) pada pukul 13.30 – 15.00 wib dan menyiapkan biaya sebesar Rp 320.000,- saja. Jika saya kemarin mengurus Visa tersebut pada hari Rabu, 04 Maret 2015 dan selesai pada tanggal 09 Maret 2015, maka tepatlah empat hari kerja seperti yang diumumkan pada website Kedubes Jepang.

Bagi Anda yang hendak bepergian ke Negeri Bunga Sakura, jangan takut untuk mengurus sendiri ke Kantor Kedutaan Besar Jepang ya, karena begitu mudah ^_^

JS_01Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kubang Sari-Sekeloa, Bandung – Jawa Barat
Sabtu malam, 17 Jumadil Awal 1436 H/07 Maret 2015 pukul 22.36wib

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 07 Maret 2015 pukul 07.00wib

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: