Kemudahan Belajar Bahasa Jepang Melalui Android Murah*

Sumber Ilustrasi Gambar dari sini

Kemudahan Belajar Bahasa Jepang Melalui Android Murah*

*Oleh Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Perubahan dari kemapanan menjadi tantangan, berkecukupan menjadi pas-pasan, makan sehari-hari dengan gizi terjamin menjadi sekali sehari, rasanya sudah saya rasakan berulang kali. Dan mendapati hampir berulang di siklus kehidupan ini. Maka, prinsip roda berputar bisa dijadikan pegangan bahwa kita tidak boleh lalai ketika kecukupan, dan tetap bersyukur ketika ditimpa kesengsaraan.

Pada akhir tahun 2007 silam, saya yang hanya seorang lulusan SMK dari Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur) sudah mampu membeli Handphone Canggih bermerk Sony Ericson W830i seharga dua juta dari hasil keringat sendiri, tanpa meminta atau merengek-rengek dengan kedua orang tua. Dari Handphone SE W830i itu jugalah saya akhirnya mulai nge-blog di Blogspot hingga pertengahan tahun 2008 beralih ke WordPress sampai sekarang. Gaji kotor sebesar 2,5 juta/bulan di saat UMP DKI Jakarta sekitar 1 jutaan adalah hal yang membanggakan di kala itu.

Namun, untuk mengejar impian yang lain, saya pun melepas status karyawan dari PT. ADM Jakarta dengan menjalani kuliah Ilmu Pekerjaan Sosial di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung dari Agustus 2008 sampai September 2012. Nah, tentu kehidupan selama kuliah berbeda dengan ketika berstatus karyawan di Jakarta. Handphone saya pun berganti HP biasa saja dengan kemampuan akses internet super lambat he he.

Kesederhanaan (karena memang tidak punya budget lebihπŸ˜€ ) saya tersebut berlanjut sampai akhir tahun 2014 lalu, karena isteri terus saja mendesak bahwa HP Android di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan. Kecanggihan HP Android dapat menunjang kelancaran aktivitas selama saya di luar negeri setahun ke depan. Dan lagi pula, bujuk isteri saya, HP Android saat ini terbilang murah-murah dengan kualitas jempolan. Maka, dengan berat hati saya pun mengiyakan untuk membeli HP Android meski harganya tak sampai satu juta rupiah saja. ^_^

Di sinilah korelasi judul dengan isi tulisan baru akan dipertemukan he he. Karena program training setahun nanti dalam bahasa Jepang, maka mau tidak mau saya harus mempercepat gerak langkah untuk melakukan akselerasi dalam menangkap pelajaran Bahasa Jepang. Hasil searching dan observasi di lapangan. Les/kursus Bahasa Jepang saat ini paling murah 400ribu/bulan dan itupun harus melewati kelas-kelas yang membutuhkan proses waktu panjang. Tiga bulan sejak awal tahun 2015 kemarin, tidaklah cukup jika hanya mengandalkan aktivitas kursus saja.

HP Android-lah jawabannya ^^. Terakhir kali memiliki HP dengan kualitas canggih pada akhir tahun 2007 sampai tengah tahun 2008 menjadikan saya β€œkatrok” teknologi. Zaman dulu saya men-download aplikasi-aplikasi melalui wap.getjar.com. Tapi hari ini, segala macam aplikasi bermanfaat telah tersedia dan dapat terakses dengan sangat mudah melalui menu β€œPlay Store” yang sudah ter-install dari pabrikan HP Android-nya sendiri. Dan hanya dengan mengetik kata kunci β€œBahasa Jepang”, akan muncul begitu banyak sekali aplikasi belajar Bahasa Jepang yang hampir seluruhnya gratisan alias hanya berbayar biaya internet saja.

Setelah menyortir sesuai kebutuhan, berikut ini aplikasi yang saya simpan di HP untuk membantu proses percepatan belajar Bahasa Jepang. Diantaranya:

  1. Kanji Senpai Version 2.1. Aplikasi ini secara default dalam bahasa Inggris, karenanya dibutuhkan kemampuan dasar bahasa Inggris agar dapat mempergunakan aplikasi Kanji Senpai secara optimal. Aplikasi ini menyajikan pembelajaran yang interaktif dengan materi ajar mulai dari JLPT N5 sampai dengan N1. Materinya dapat di-download lagi setelah aplikasi Kanji Senpai ter-install di HP Android.Β Kelebihan dari Kanji Senpai adalah kita dapat memanajemen rencana belajar harian. Dan ketika proses studi berlangsung, aplikasi akan secara otomatis membuat pengulangan-pengulangan baik di penguasaan arti ataupun cara penulisan kanji. Hal ini dapat memudahkan kita untuk dapat dengan bertahap namun pasti, akan mampu mengingat kanji-kanji yang pada awalnya sangat sulit kita bayangkan itu.

  1. JA Sensesi Version 3.3.2. Aplikasi yang juga dalam Bahasa Inggris ini memuat beberapa sub menu ajar seperti Lessons, Kana, Kanji, Vocabulary, Travel Phrasebook, Numbers, Adjectives, Verbs, Grammar, Particles dan Counters. Tidak hanya tulisan, di sub-sub menu tersebut memuat β€œquiz” yang dapat kita manfaatkan untuk langsung praktek setelah membuka menu pelajaran yang disajikan. Dan menariknya adalah, pelajaran yang disampaikan, selain disertai penulisan dalam huruf Jepang, juga ada pelafalan dari Nihonjin alias orang Jepang asli.

  2. Japanese N5. Aplikasi ini dibuat oleh Akira Education. Terdiri dari 23 Unit Pelajaran yang di setiap pelajarannya terbagi menjadi 2 atau tiga sub unit. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memuat kosa kata JLPT N5 disertai visualisasi gambar yang menarik dan mudah diingat. Disamping itu, metode pokok yang dipergunakan adalah dengan delapan lapis metode pembelajaran ringan dan mengasyikkan.Β Dimulai dari Learn (mengamati kosa kata yang diberikan dalam huruf kanji, hiragana/katakana dan romaji), Picture (membaca tulisan dari huruf hiragana/katakana/kanji dengan pilihan gambar yang tersedia), Word (mencocokkan gambar dengan pilihan tulisan hiragana/katakana/kanji yang tersedia), Connect (mencocokkan tulisan hiragana/katanana/kanji dengan arti kata dalam bahasa Inggris), Listen 1 (mendengarkan pengucapan dari native speaker orang Jepang dengan arti kata dalam bahasa Inggris), Write (menuliskan pelafalan dengan menggunakan huruf romaji dari gambar dan arti gambar dalam bahasa Inggris yang telah disediakan), Listen 2 (menuliskan kata yang dilafalkan oleh Nihonjin dengan pilihan huruf romaji) dan diakhiri dengan Listen 3 (mendengarkan pelafalan kata dari Nihonjin dan kita memilih gambar yang sesuai dengan kata tersebut).Β Saya men-download aplikasi ini paling terakhir diantara aplikasi-aplikasi yang lain, namun menjadi primadona untuk membantu proses belajar bahasa Jepang saya karena mudah dan mengasyikkan.πŸ™‚

  1. Japanese Conversation (TM Lite).
  2. JLPT Practice.
  3. Japanese Words.
  4. Japanese Test.
  5. Japanese 1, 2, 3, dan 4.
  6. Handwriting Japanese.
  7. Kamus Jepang dari PT. APPKEY (Translate Bahasa Indonesia-Jepang atau Jepang-Indonesia).

Mohon maaf saya tidak bisa membuat ulasan dari setiap aplikasi yang saya unduh dan install dai HP Android ASUS ini. Tapi, paling tidak saya sudah memberikan gambaran kepada kawan-kawan semua, bahwa teknologi hari ini sangat mudah dan murah untuk membantu proses belajar kita. Tidak hanya Bahasa Jepang, tentu belajar bahasa-bahasa yang lain juga ada. Apalagi kalau kita ketikkan kata β€œEnglish”, β€œTOEFL”, atau β€œTOEIC”, maka ratusan aplikasi secara gratis dapat kita unduh dan jadikan penunjang belajar.

Masalahnya, maukah kita memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk hal positif dan menunjang ketercapaian mimpi-mimpi kita di masa depan? Jawabannya ada pada Anda sekalian sendiri. (^_^)

γ―γ˜γ‚γΎγ—γ¦γ€η§γ―γƒ γƒγƒƒγƒžγƒ…γ‚Έγƒ§γ‚¨γ›γγŒγ‚γ§γ™γ€‚γ©γ†γžγ‚ˆγ‚γ—γγŠγ­γŒγ„γ—γΎγ™γ€‚γ€‚:-)

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kubang Sari-Sekeloa, Bandung – Jawa Barat
Senin sore, 13 Rabiul Akhir 1436 H/02 Februari 2015 pukul 17.05wib

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Selasa, 03 Februari 2015 pukul 07.00wib

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: