Jejak Inspirasi di STKS Bandung*

Jejak Inspirasi di STKS Bandung*

*Oleh Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Hari Rabu, 28 Januari 2015 sore kemarin saya menemani kader-kader KAMMI STKS Bandung untuk menggelar syuro’ perdana tahun 2015 bertempat di Masjid Al Ishlah Dago Jati setelah menikmati libur semester gasal tahun 2014/2015. Pertemuan dengan kader dakwah yang juga mahasiswa dan mahasiswi STKS Bandung tersebut ternyata mampu memberikan semangat dan juga kebanggaan terhadap perkembangan dakwah yang semakin meluas juga kualitas mahasiswa STKS Bandung yang memang diakui potensinya jauh lebih baik buah dari proses seleksi ketat dan berlapis.

Hari ini, tiba-tiba saya teringat kembali beberapa kegiatan yang saya rintis dan coba kembangkan, namun tidak ada penerusnya. Itulah mengapa, pada kesempatan ini saya akan membagi apa saja yang potensial bisa diteruskan dan dikembangkan oleh adik-adik mahasiswa baru di STKS Bandung. Adapun ide dan gagasan saya antara lain sebagai berikut:

29 Januari 2015 - Jejak Inspirasi di STKS Bandung

  1. Buletin PALAWI Jowo Community (JOCO) STKS Bandung

PALAWI saya kembangkan di JOCO tahun 2009 pada saat menjabat sebagai Kaur (Kepala Urusan) Bidang Akademik dan dikembangkan oleh kepengerusan selanjutnya. Namun karena putusnya alur komunikasi dengan adik-adik JOCO, maka saya pun tidak tahu lagi apakah buletin tersebut masih terus dipertahankan dan dikembangkan atau tidak.

Oleh karena itu, di sini saya ingin kembali menegaskan mengenai peran strategis PALAWI dalam menyalurkan informasi dan mempererat pertukaran budaya di kalangan kampus STKS Bandung. Kita ketahui bersama bahwa mahasiswa yang berkuliah di STKS Bandung berasal dari ujung Timur sampai ujung Barat Indonesia.

Jika sumber daya manusia nya memungkinkan, maka buletin PALAWI bisa dikembangkan jumlah halamannya dengan variasi isi berita yang beragam. Semoga, dengan ikhtiar kecil ini JOCO menjadi pelopor untuk upaya saling mengenal budaya dan saling memahami dalam keberagaman guna meningkatkan rasa saling menyayangi dan persatuan dalam bingkai naungan NKRI.

  1. Scientific Social Work Discussion (SSWD)

SSWD diciptakan dan dikembangkan bersama Team 5 STKS Bandung pada saat kami mengerjakan projectThe Book of Dreams” di tahun 2011 silam. SSWD memiliki dua tema besar, yaitu Science Development of Social Work yang isinya adalah membahas mengenai pendapat kritis tentang perkembangan ilmu Pekerjaan Sosial; dan Social Phenomenon Response yang berkenaan dengan cepat tanggap terhadap fenomena sosial yang berkembang di masyarakat sekitar, dengan bingkai perspektif ilmu Pekerjaan Sosial.

SSWD juga memiliki wahana berbagi hasil diskusi yang berlangsung di blog resminya http://sswdstks.wordpress.com/ . Karena macetnya pelaksanaan SSWD, maka blog nya pun sudah agak lama tidak ter-update.

Pada perjalanannya pasca kami lulus, SSWD sempat dilanjutkan oleh adik-adik kelas angkatan 2010, 2011 dan 2012. Namun saat ini entah bagaimana kelanjutan nasib dari SSWD yang sempat menjadi ajang bergengsi sebagai pelopor diskusi ilmiah di kalangan mahasiswa.

Harapan saya, SSWD bisa terus dilanjutkan oleh para mahasiswa angkatan 2012, 2013 dan 2014 agar menyambung lidah intelektualisme dari teori menuju analisis dan praktik di lapangan, serta terus mengembangkan kegiatan SSWD sehingga dapat menarik lebih banyak atensi mahasiswa.

  1. Lingkar Studi Pemuda Muslim (LSPM)

LSPM saya adakan ketika berposisi memimpin KAMMI STKS Bandung di awal tahun 2012. Tujuan dari LSPM adalah mengajak lebih banyak mahasiswa muslim “awam” untuk tahu lebih banyak dan lebih dekat tentang Islam. Bukan bermaksud menyaingi apa yang sudah dimulai oleh kawan-kawan dari LDK KMM STKS Bandung, namun lebih kepada mengisi kekosongan narasi yang mana KMM pada saat itu dianggap oleh sebagian mahasiswa “awam” sebagai kelompok “ekslusif”.

Sebaiknya, LSPM ini memang dikelola oleh para kader KAMMI STKS Bandung, sehingga narasi yang dibangun tidak melulu terkait Islam teoritis semata, namun juga dikaitkan dengan realitas kehidupan sosial berbangsa dan bernegara guna mencapai karakter muslim negarawan.

  1. Social Work’s Journalist Community (SWJC)

Di masa menjelang akhir perkuliahan saya di tahun 2012, mencoba mengajak adik-adik angkatan 2012 tersebut untuk menginisiasi pendirian SWJC. Komunitas ini adalah tempat berkumpulnya para mahasiswa di lingkungan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung yang memiliki kegemaran menulis berita atau pemberitaan terhadap informasi yang terkait dunia STKS Bandung dan Pekerjaan Sosial.

Karena keterbatasan waktu dan kekurangan SDM, maka SWJC hanya mampu mengeluarkan publikasi tidak lebih dari 5 kali. Nah, tentu dengan kualitas tinggi mahasiswa STKS Bandung pada angkatan 2013-2014, saya yakin SWJC akan menemukan ruhnya, dan menjadi tempat untuk mengasah daya nalar kritis dan menulis berita terkait STKS dan Pekerjaan Sosial kekinian.

  1. Video Dokumenter Proses Praktikum dan Penelitian KIA Mahasiswa STKS Bandung

Tulisan mengenai ide pembuatan video dokumenter ini sudah pernah saya ungkapkan di tahun 2013 yang lalu. Dimana kala itu ada mahasiswa STKS Bandung yang sudah mampu membuat video dokumenter kegiatan PPI Mahasiswa Baru angkatan 2013 di STKS Bandung yang saya nilai sangat bagus (saya tonton trailer-nya).

Kita tidak perlu berpikir bahwa membuat video dokumenter haruslah ia yang ahli di bidang video editor. Kita bisa menggunakan piranti mudah seperti Windows Movie Maker atau Corel Video Studio Pro X4. Fasilitas mengambil video pun untuk zaman sekarang sangatlah mudah. Saya kira lebih dari 50% mahasiswa STKS Bandung telah menggunakan HP Android, dan tentu saja kemampuan daya rekam video nya berkulitas cukup baik. Kelebihan inilah yang kita gunakan untuk mengambil gambar video dari Proses pelaksanaan kegiatan praktikum dan juga penelitian KIA untuk mahasiswa STKS tingkat akhir.

Nah, mangga kepada adik-adik yang ingin mengembangkan dirinya. Kalian tidak perlu takut kekurangan kegiatan bermanfaat yang sesuai minat dan bakat di STKS Bandung, karena kalianlah yang bakal menjadi orang-orang trendsetter di kemudian hari.🙂

NB: Ulasan mengenai ide saya ini bisa dibaca secara lengkap pada link berikut ini

  1. Social Research Group (SREG)

SREG adalah nama kelompok kecil mahasiswa angkatan 2008 yang di akhir tahun 2008 juga kemudian mendeklarasikan sebuah kelompok penelitian dan dibimbing oleh dua orang mahasiswa pascasarjana. SREG sempat berjalan beberapa waktu dengan project dari kementerian sosial. Kebetulan saat itu SREG memang dilahirkan dari gabungan mahasiswa izin belajar dan tugas belajar, karenanya sedikit banyak kami sudah punya akses ke kampus maupun instansi pemerintahan.

Sayang sekali SREG tidak mampu berjalan lama. Dan menurut hemat saya, gunakan nama SREG (atau apapun namanya, yang penting esensinya satu frekuensi) untuk membentuk kelompok penelitian di kalangan mahasiswa. Di sini bisa berisikan para mahasiswa senior maupun yang baru masuk kampus di tengah tahun 2014. Karena, SREG semangatnya juga menularkan ilmu penelitian sosial sedini mungkin kepada mahasiswa. Dengan langkah nyata membuat penelitian-penelitian kecil yang seringkali luput dari perhitungan.

Penelitian sangat penting untuk melihat fenomena secara objektif. Oleh karenanya, penelitian tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dengan cara seenaknya. Namun, harus sesuai dengan kaidah baku dan tanpa intervensi maupun pesanan dari pihak luar yang berkepentingan untuk mengambil keuntungan.

Langkah kongkritnya, kalian bisa membentuk tim dua orang di tiap angkatan, dengan meminta pembimbing dari dosen penelitian. Tentu saja, carilah dosen STKS yang enerjik dan punya waktu untuk membimbing kalian. Ini penting untuk menjadi pertimbangan, mengingat semangat keberlanjutan yang ingin dibangun dari SREG itu sendiri.

Nah, itulah sekelumit curhatan saya untuk adik-adik yang masih menjalani perkuliahan di STKS Bandung. Kalian, para pemuda dan mahasiswa adalah aset penting yang memiliki semangat tinggi dan penuh kreatifitas. Dan inilah saatnya, ketika masih menyandang status mahasiswa, lakukan banyak hal baik dan bermanfaat untuk lebih banyak orang.

Kalau bukan KITA, siapa lagi? Dan kalau bukan SEKARANG, kapan lagi? ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kubang Sari-Sekeloa, Bandung – Jawa Barat
Kamis malam, 10 Rabiul Akhir 1436 H/29 Januari 2015 pukul 21.05wib

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Jum’at, 29 Januari 2015 pukul 03.15wib

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: