Akhir Pekerjaan di Tengah Hutan Kukar-Kaltim*

IMG_2151

Akhir Pekerjaan di Tengah Hutan Kukar-Kaltim*

*Oleh Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Suatu kebanggaan ketika manajemen Agra Bareksa Group memberikan kesempatan yang teramat besar bagi seorang fresh graduate seperti saya untuk dapat bergabung sebagai staf Community Investment PT. Silva Rimba Lestari yang berlokasi di Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Momen itu terjadi sejak tanggal 06 Mei 2013 yang lalu.

Jika hendak diurutkan, saya diwisuda dari Bandung College of Social Welfare/ Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS Bandung) pada tanggal 10 Oktober 2012. Dan kemudian, sejak tanggal 11 Oktober 2012 saya bergabung di PT. Pulih Daya Naturindo (PeDe Corp) yang berkantor di Jakarta Selatan sebagai staf Corporate Development. Pekerjaan di sini cukup menyenangkan karena hampir setiap pekan saya bisa berpindah dari satu hotel ke hotel lainnya, dan tentu saja juga bisa turut mencicipi masakan ala hotel yang memang “maknyus” kata Pak Bondan si presenter acara kuliner tersebut he he he. Kebersamaan saya di sini sampai dengan akhir tahun 2012 saja.

Masih memiliki target pengalaman kerja yang berbeda dari sebelumnya, saya pun berhasil diterima sebagai staf Disaster Risk Management Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU di Kantor Pusatnya yang berkantor di Jakarta Timur sejak tanggal 14 Januari 2013. Sesuai dengan nama divisinya, pekerjaan ini berkaitan banyak dengan para korban bencana dan upaya untuk menolong mereka. Di sini, saya mendapatkan pengalaman secara langsung bagaimana sebuah NGO besar menerima, menghimpun dan mengelola dana bantuan kepada para korban bencana di Jakarta dan sekitarnya. Di sini, saya juga menemukan begitu banyak saudara muslim seperjuangan dan sepemikiran, bahwa sebagai manusia bertakwa, jadilah yang paling banyak memberikan manfaat kepada manusia lainnya.

Target berkarier di bidang ini sebenarnya sampai akhir tahun 2013 dan merencanakan untuk mengejar mimpi lainnya, yakni mendapatkan beasiswa S2 di bidang Disaster Risk Management/Disaster Risk Reduction di Jepang. Tapi, ternyata Allah memberikan kesempatan saya untuk menapaki satu langkah “berbeda” lainnya lagi. Saya pun diterima sebagai staf Community Investment PT. Silva Rimba Lestari dari 06 Mei 2013 sampai sekarang.

Pekerjaan di PT. Silva Rimba Lestari ini sangat menyenangkan. Karena yang pertama, saya akhirnya dapat menapakkan kaki di Pedalaman Kalimantan. Saya bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat Suku Kutai, Dayak Tunjung, Dayak Modang dan juga Dayak Kenyah. Pengalaman bekerja dengan etnis lokal yang berbeda-beda tentu merupakan pengalaman berharga nilainya.

Kegiatan sehari-hari yang saya lakukan sebagai staf Community Investment pun juga tepat dengan apa yang saya inginkan sewaktu lulus dari Bandung College of Social Welfare. Kala itu, ketika Ibu Milly Mildawati selaku dosen pembimbing Karya Ilmiah Akhir (KIA), pada kesempatan penutup Sidang KIA menanyakan mengenai fokus seperti apa yang akan saya ambil peranan signifikannya di masa depan. Dan saya pun, meskipun selama kuliah mengambil konsentrasi klinis (micro social work), juga menyenangi di bidang macro social work. Dan pekerjaan saya di sini adalah di bidang pengembangan sosial masyarakat, dengan artian juga masuk pada lingkup praktik makro pekerjaan sosial. Bidang Community Investment adalah pengelola dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang disiapkan oleh perusahaan untuk membantu dan mengembangkan masyarakat setempat di sekitar areal konsesi perusahaan.

Silva Rimba Lestari adalah sebuah perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang aktivitas kesehariannya berada di tengah hutan untuk membuka areal tanaman asli hutan dan menggantinya dengan tanaman Akasia sebagai bahan baku pulp dan kertas.

Eitss, jangan salah sangka dulu. Meski demikian, PT. Silva Rimba Lestari bukanlah perusahaan perusak hutan sebagaimana dugaan orang-orang yang penuh prasangka namun tanpa data apalagi fakta. Perusahaan tempat saya mengembangkan diri ini adalah perusahaan paling taat dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah, bahkan ingin mencapai lebih dari itu, dengan mengejar sertifikasi internasional seperti ISO 9001, ISO 14001 dan OHSAS 18001.

Namun, hari-hari bersama PT. Silva Rimba Lestari pun akan segera berakhir juga. Yang berarti, karier saya di tengah hutan bersama masyarakat lokal di sepanjang Sungai Belayan (Anak Sungai Mahakam, Kaltim) juga akan tinggal kenangan saja.

Alhamdulillah, saya dengan tegas berani mengambil resiko atas segala kenyamanan suasana kerja plus gaji serta waktu libur yang tidak ada duanya itu tak lagi dapat saya rasakan. Atas izin dan rahmat dari Allah, saya mengikuti serangkaian seleksi kandidat Asian Social Welfare Worker’s Training Program di Tokyo, Jepang yang kegiatannya baru akan dimulai pada bulan Maret 2015 – Februari 2016. Dengan ikhtiar terbaik, semoga segalanya dimudahkan dan dilancarkan oleh-Nya. Dimana ada resiko besar, di balik itu juga tersimpan kesempatan yang sangat besar. Maka, tidak ada kata kalah dengan besarnya resiko yang ada, namun optimis akan mampu melewatinya, insya Allah. ^^

Dengan demikian, saya pun mulai meninggalkan kantor distrik PT. Silva Rimba Lestari per tanggal 21 Desember 2014 dan status karyawan akan berakhir pada tanggal 11 Januari 2015.

Ada banyak kenangan, ada banyak pengalaman, ada banyak ilmu praktek yang tak didapatkan dari bangku perkuliahan. Ini semua akan turut mewarnai pencapaian mimpi-mimpi yang masih tinggi, peran-peran besar yang bermanfaat untuk bumi pertiwi.

IMG_2151

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Camp PT. SRL Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara – KALTIM
Selasa sore, 23 Shofar 1436 H/16 Desember 2014 pukul 16.10wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Rabu pagi, 23 Desember 2014 pukul 08.00wib

Comments
2 Responses to “Akhir Pekerjaan di Tengah Hutan Kukar-Kaltim*”
  1. zaki19482 says:

    Disaster risk management. Keren. Nambah ilmu nih. Sukron

Tinggalkan Jejak ^_^

