Inilah Jalan Terang Menuju Negeri Bunga Sakura*

Japanese-cherry-widescreen-wallpaper-Picture-1920x1080

Inilah Jalan Terang Menuju Negeri Bunga Sakura*

*Oleh Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Keyakinan ini saya pegang teguh dan terus memantapkannya sedari masa mahasiswa. Memang benar, pasca lulus dengan menyandang gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST.) dari Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung di akhir tahun 2012 yang lalu, belum ada jalan terang menuju negeri impian. Pertimbangan saya pun cukup rasional, yakni bahasa Inggris yang masih pas-pasan menyebabkan diri belum berani memasukkan lamaran beasiswa S2 karena sudah pasti akan gugur di seleksi administrasi hohoho😀

Namun, apa yang saya yakini tidak pernah luntur sampai hari ini. Sebuah keyakinan bahwa suatu saat nanti saya insya Allah akan berangkat ke Negeri Bunga Sakura (Jepang) untuk menuntut jenjang pendidikan pasca sarjana, tentu saja dengan mengharapkan beasiswa. Saya yakin, ini hanya soal waktu saja, karena janji Allah pastilah benar adanya, “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (Q.S Al-Mukmin, 40: 60).

Seperti pengalaman sebelumnya, ketika saya memiliki impian dan berusaha keras mewujudkannya, maka saya pun mengukur kesiapan diri sembari mempersiapkan rencana kedua dari impian utama. Dahulu ketika bermimpi ingin menjadi mahasiswa di kampus negeri, dengan persiapan yang serba kurang, saya pun beralih ke rencana ke-2 dengan melamar ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Dan dalam kasus kali ini, karena persiapan melamar beasiswa untuk S2 masih belum memenuhi syarat (sertifikat TOEFL minimum 550 masih belum terpenuhi), maka saya pun beralih kepada program lain yang masih ada hubungannya dengan bidang Social Work/Welfare. Kebetulan, sejak masa mahasiswa saya telah mengetahui program ini dan beberapa alumni tempat saya menimba ilmu pun merupakan alumni dari program ini juga.

Hm.. karena saya ini juga bukan mahasiswa yang cerdas-cerdas banget, saya pun juga berusaha mengumpulkan pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang keahlian profesional saya (professional social worker) sehingga dapat menjadi nilai lebih ketika melamar beasiswa S2 nanti. Mengenai bahasa Inggris, persoalannya hanyalah karena kurang intensif dalam belajar. Dan kelemahan itu dapat diatasi dengan mengikuti les khusus untuk mengambil sertifikat TOEFL PTB/IBT.

Waktu terus berjalan, saya pun tidak galau meski sudah masuk ke tahun 2013, kemudian 2014, tapi jalan menuju Jepang pun belum terlihat sama sekali. Bahkan, sempat kaget, bangga bahkan iri, mendengar kabar bahwa adik-adik akan diberangkatkan ke Jepang dalam acara tukar budaya selama sepekan di Jepang, dan itu tidak membutuhkan proses seleksi yang bertele-tele. Tentu saja iri yang saya maksud bukanlah iri dengki yang berkonotasi negatif, namun sebuah perasaan iri bahwa untuk menggugah kesadaran diri bahwa selama dua tahun terakhir ini rasanya telah terlena dengan pekerjaan. Namun persiapan bahasa Inggris, bahasa Jepang dan lamaran ajuan beasiswa S2-nya sama sekali belum tersiapkan.

Semangat saya pun kembali menggelegak, harus ada langkah-langkah “berbeda” untuk mendekatkan diri dengan impian besar saya tersebut. Atas izin Allah, proses itupun berjalan tidak terlalu lama. Sejak Oktober – November tahun 2014 kemarin, proses itu telah terlalui. Tahun 2015, saya tekadkan untuk bisa berangkat ke Negeri Bunga Sakura. Meski tidak bergelar dan juga tidak berijazah, saya pastikan ada ilmu yang bisa saya ambil selama setahun di sana. Insya Allah ^_^

#Mohon doa dari keluarga, sahabat dan kolega semuanya agar apa yang saya mulai ini dapat berjalan lancar, dan Inilah Jalan Terang Menuju Bunga Sakura.. (^_^)

“ . . . Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. . .”

(Q.S Ali Imran, 3:159)

Japanese-cherry-widescreen-wallpaper-Picture-1920x1080

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Camp PT. SRL Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara – KALTIM
Rabu sore, 10 Shofar 1436 H/03 Desember 2014 pukul 15.50wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad sore, 21 Desember 2014 pukul 16.00wita

Comments
4 Responses to “Inilah Jalan Terang Menuju Negeri Bunga Sakura*”
  1. Semoga impianya dpt terwujud dg segera… amin

  2. nengwie says:

    Semoga dimudahkan semua urusan..aamiin..

    Oh ya trs 1 thn di Jepang dlm rangka apa..?? Maaf kalau saya tdk menangkap maksud kepergiannya…

Tinggalkan Jejak ^_^

