Wisnu Sang Pelayar Samudera

Sumber Gambar: Koleksi Pribadi
Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

Wisnu Sang Pelayar Samudera*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Hari ini saya menyempatkan diri untuk menelepon Ma’e di kampung nan jauh di mato. Soalnya, beberapa hari lagi saya sudah akan mudik kampung, ke Bandung dahulu untuk menikmati lebaran Hari Pertama bersama keluarga isteri dan langsung menikmati lebaran Hari Kedua di Bancar bersama saudara-saudara kandung yang juga memang sudah mengagendakan untuk berkumpul di rumah Bancar..

Sembari membicarakan rencana kepulangan anak-anaknya Ma’e, beliau bercerita tentang Wisnu (anaknya Mas Wahib) yang akan berangkat berlayar di tanggal 26 Juli 2014 sampai dengan 10 Agustus 2014. Saya sempat menyatakan rasa protes ke Ma’e, kenapa kok tidak sekalian berangkatnya pasca lebaran saja, tapi malah H minus 2 menuju Idul Fitri 1435 Hijriah. Tapi kata Ma’e, itu karena masih dalam masa training dan pasca lebaran barulah berangkat berlayar dalam urusan pekerjaan yang sesungguhnya..

Di sisi lain, saya begitu bersyukur bahwa keponakan yang pertama itu, kini tengah menjadi sosok laki-laki remaja akhir dan akan memasuki dewasa awal. Dia yang dulunya masih “unyu-unyu” dan terkenal dengan kenakalannya (bagi saya bukan nakal, tapi anak yang aktif dan menandakan kecerdasan emosional), di tahun 2014 ini telah lulus sekolah dan akan menekuni bidang pekerjaan di dunia pelayaran..

W S Legowo

Wisnu di masa sekolah menengah atasnya, memang atas dasar kemauannya sendiri, meminta kedua orang tuanya untuk menyekolahkan dirinya ke Sekolah Pelayaran. Meski harus pindah sekolah ke Kota Surabaya, Ibukotanya Provinsi Jawa Timur, namun karena melihat semangat dan kegigihannya dalam berkehendak, kedua orang tuanya pun akhirnya mengabulkan keinginannya, meskipun tak jarang mereka harus berhutang kesana-kemari karena biaya sekolah yang tidak sedikit..

Dan ternyata toh tiga tahun itu akhirnya terlewati juga. Wisnu akhirnya telah dinyatakan lulus dari sekolah SMK Pelayarannya, dan bersiap untuk meniti karier sebagai seorang pelaut yang akan melewati berbagai samudera, tidak hanya di Indonesia, namun sesuai impiannya, ia ingin melayari berbagai samudera di seluruh dunia, insya Allah..🙂

Saya memang cukup bangga dengan kepadatan aktvitas Wisnu di sekolah, ketika aktif di Paskibraka sekolahnya, dia mengikuti berbagai lomba/kejuaraan, berkeliling Jawa dan kerap memenangkan bersama tim Paskibraka sekolahnya. Maklum, sekolahnya memang banyak diasuh oleh para militer angkatan laut, jadi sistem pendidikannya amat disiplin dan berorietasi ke masa depan..

Maka, tak heran jika selama tiga tahun di sekolah tersebut, pola pikirnya benar-benar telah berubah dari masa kanak-kanak menjadi dewasa awal yang memiliki impian cemerlang di masa depan..

Waktu itu saya juga sempat kaget saat Wisnu masih duduk di kelas VIII SMK, dirinya sudah diberikan kesempatan oleh sekolahnya untuk berlayar ke Sulawesi, sebuah pengalaman luar biasa bagi anak SMK seusianya. Padahal, saya pribadi saja, baru bisa menginjak tanah Sulawesi Selatan pada masa-masa akhir perkuliahan he he..

Menimpali cerita-cerita Ma’e tentang Wisnu sewaktu di telepon, saya pun menjadi berkeinginan kuat untuk berbicara/ngobrol langsung dengan dirinya, apalagi Ma’e bercerita kalau Wisnu saat ini tengah pulang ke Rengel, dan sore hari ini akan langsung balik ke Surabaya, dan kemudian esok hari langsung berlayar ke Ambon..

Dan ternyata memang benar, saya begitu bangga mendengar penuturan kata-kata Wisnu secara langsung, karena ia telah tumbuh menjadi remaja yang dewasa dan visioner cara berpikirnya. Maka, saya pun tak khawatir lagi tentang masa depan anak seperti dia, karena ketika semangat telah membara, dan tekad telah dibulatkan, hanya tinggal pengingat jangan sampai lupa kepada Tuhan Sang Maha Pecipta. Dan bentuk ketidaklupaan tersebut adalah dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya..

Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

Wisnu yang katanya terinspirasi dan tersemangati atas jalan hidup saya dan Kak Cup, bagi saya pribadi, dirinya juga memberikan suntikan semangat tersendiri atas rencana pencapaian cita dan asa yang masih belum menjadi nyata. Wisnu ungkapkan bahwa satu tahun dari sekarang, dia telah merencanakan untuk mengambil lisensi, dimana dirinya akan diperkenankan untuk berlayar ke luar negeri, subhanallah.. ^_^

Maka, saya pun tidak mau kalah, dan tahun 2015 nanti menjadi tahun penting atas perubahan-perubahan secara fundamental terkait perubahan hidup saya dan isteri untuk menggapai pendidikan tinggi di Negeri Sakura, insya Allah.. ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Camp PT SRL Pulau Pinang, Kecamatan Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jumuah sore, 27 Ramadhan 1435 H/25 Juli 2014 pukul 15.24 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 10 Agustus 2014 pukul 08.00wita

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: