Jalan Para Bidadari Dunia*

Sumber Ilustrasi Gambar dari sini

Jalan Para Bidadari Dunia*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Selalu ada hal-hal unik lain yang bisa saya ceritakan dari anak-anak binaan putri itu. Ya, kali ini saya hendak melanjutkan narasi tentang para binaan remaja putri Desa Kembang Janggut Kecamatan Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Mayoritas mereka pada usia SMP dan beberapa anak SMA, dengan rentang usia antara 13-16 tahun..

Pertemuan kedua kemarin (Selasa, 20 Mei 2014), saya telah kumpulkan nomor handphone bagi yang memiliki, dan dari situ saya mulai gencarkan sms dakwah yang mengingatkan tentang amalan ibadah sehari-hari dan juga quotes para ulama yang kemungkinan bisa mereka terima dengan tingkat berpikir mereka yang baru saja menginjak usia remaja..

Suatu waktu, ada yang membalas sms kiriman saya. Dan sedikit perbincangan, berlanjut pada pertanyaan, “Kak, apa sih hukum pacaran dalam Islam?”, pertanyaan sms dari salah satu binaan putri. Saya pun menjelaskan dengan berhati-hati dan berusaha menggunakan bahasa keseharian mereka, tanpa terlalu banyak memberikan penilaian yang negatif. Oh iya, terhadap binaan putra maupun putri, saya berusaha memposisikan sedekat mungkin dengan mereka, termasuk supaya mereka memanggil “Kak” saja, bukan “Ustad” seperti yang dilabelkan oleh para ustad-ustad yang mengajar mereka di TPA/TPQ..

Sambil menyelam minum air, sambil menjawab pertanyaan, saya juga secara halus menggali informasi dengan balik melancarkan pertanyaan pada dirinya. Dan subhanallah, pendekatan ini berhasil. Dengan lugu atas kebersihan hatinya, dia mengaku bahwa telah berpacaran, padahal dirinya baru menginjak kelas VIII SMPN 1 Kembang Janggut. Dia tak lagi malu, sebagaimana pemalunya dirinya pada saat mentoring. Ya, saya tahu anak remaja putri tersebut adalah tipe pemalu yang tidak terlalu banyak bicara maupun selorohan candaan seperti remaja putri lainnya. Tapi melalui bahasa tulisan, ternyata dia lebih nyaman untuk mengungkapkan sesuatu, termasuk persoalan pacaran yang katanya baru berumur 3 minggu tersebut..

Saya pun menggali pelan-pelan informasi yang substansi atas tema yang tengah kami bahas, yakni tentang pacaran. Dan yang membuat saya sampai berkaca-kaca, balasan sms darinya, “Kalau memang itu yang terbaik buat saya Kak, saya ikhlas buat putus sama pacar saya”. Subhanallah, sedemikian cepatnya Allah memantapkan hatinya untuk menerima kebenaran. Saya pun membalas dengan pujian tulus untuknya, dan senantiasa dikuatkan atas godaan-godaan nafsu yang dihembuskan oleh syaitan..

Saya juga menambahkan penjelasan pada dirinya, bahwa inilah yang disebut dengan “menjemput hidayah” seperti yang saya sampaikan di pertemuan mentoring sebelumnya. Bahwa, bisa jadi akan ada perasaan berat, susah payah dan ujian cobaan yang tidak terkira, namun ketika kita menguatkan langkah, maka hidayah Allah akan sampai juga diberikan oleh-Nya kepada diri kita. Jadi, intinya, hidayah dari Allah tidak akan pernah datang secara tiba-tiba, tapi perlu usaha yang sungguh-sungguh dan tidak kenal putus asa..

Manisnya iman, begitu mudahnya Allah memantapkan hatinya untuk senantiasa terjaga kehormatan dirinya, sebuah jalan yang sama yang juga ditempuh oleh para bidadari dunia. Saya menyebut ini sebagai jalan pada bidadari dunia. Mereka memang sedang berproses menjadi bidadari dunia, yang memiliki cita-cita tinggi untuk membuat cemburu para bidadari surga. Di tempat terpelosok seperti ini, insya Allah akan tercetak lebih banyak bidadari-bidadari dunia yang dengan teguh menempuh jalan dakwah, menjadi mujahidah sejati. Jalan juang para wanita sholihah.. ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jum’at malam,24 Rajab 1435 H/23 Mei 2014 pukul 21.25wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Selasa, 03 Juni 2014 pukul 08.00wita

Comments
2 Responses to “Jalan Para Bidadari Dunia*”
  1. kekekenanga says:

    Assalamualaikum Bocah Bancar, longtime no see… 5 tahun hiatus sekarang kembali dengan rumah baru.. blog pertama yang saya kunjungi adalah blog Bocah Bancar, dimana dulu sebagai salah satu teman yang sering berkunjung ke Blog saya.. :))

Tinggalkan Jejak ^_^

