Setelah Meraih Kemenangan di Kursi Wakil Rakyat*

Setelah Meraih Kemenangan di Kursi Wakil Rakyat*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Alhamdulillah. Kita masih memenangkan hati rakyat, khususnya masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara. Ini jelas sebuah kemenangan besar, karena kita baru saja melewati badai yang Maha Dahsyat. Dalam setahun terakhir, partai dakwah ini terus menerus diserang dengan isu negatif di berbagai sisi. Namun, berkat kerja keras dan kedekatan yang hakiki dengan masyarakat, tidak hanya sekedar pencitraan semua, maka tiga kursi wakil rakyat masih dapat kita raih, suara pemilih cenderung meningkat, meski masih kalah jauh dengan partai “penguasa”..

Tujuan dari adanya kita (kader dakwah PKS) memasuki ruang-ruang pemegang/penentu kebijakan publik dan menjadi pemain utama di mihwar muassasi adalah guna memberikan sumbangsih nyata dari seorang wakil rakyat yang patuh kepada perintah Tuhannya, sholeh dan baik budi pekertinya, sopan dan ramah serta perhatian pada rakyat, dan berusaha sekuat tenaga untuk menjauhkan diri dari perilaku Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, serta mencoba semaksimal usaha untuk menasehati kolega yang akan melakukan hal yang dilarang oleh aturan hukum positif bahkan agama..

Dengan adanya anggota legislatif kita di pemerintahan, maka berharap akan mampu menyumbangkan perbaikan dari dalam. Kita berpikir demikian karena memang terjadi begitu banyak ketidakjujuran kepada rakyat. Bumi alam kaya yang seharusnya dipergunakan untuk kemakmuran rakyat sebesar-besarnya, tapi malah dijual kepada pengusaha dan masyarakat hanya mendapatkan sedikit sekali manfaatnya..

Oleh karenanya, dengan semangat baru para anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akan duduk pada kursi wakil rakyat di DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, ada beberapa pandangan, masukan dan ide gagasan yang mungkin dapat menjadi pengingat kita bersama sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wata’ala:

  • Membuat evaluasi secara menyeluruh terkait pencapaian kursi dari lima kursi untuk tahun 2009-2014, menurun menjadi tiga kursi untuk masa pengabdian 2014-2019. Evaluasi dimaksudkan guna mengambil pelajaran atas kekurangmaksimalan kinerja periode sebelumnya. Evaluasi tidak dimaksudkan untuk mensidang para aleg di periode sebelumnya, melainkan hanya menjadi bahanperenungan bersama, bahwa kerja-kerja kita masihlah belum optimal.
  • Membuat kran saluran informasi yang lebih lancar antara aleg yang duduk di kursi DPR dengan kader-kader akar rumput. Pencerdasan kader yang tidak masuk lingkaran pemerintahan bertujuan agar kader tingkat bawah pun sadar dan paham atas apa yang tengah mereka perjuangkan. Dukungan lahir batin mereka berasal dari rasa keimanan dan ukhuwwah, yang dikuatkan dengan data dan fakta aktual atas bobroknya para pemimpin di kabupaten ini. Itulah mengapa PKS menawarkan solusi alternatif bahwa kepemimpinan baiknya dipegang oleh orang yang sholeh, dekat dengan Tuhannya, dan juga memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni atas persoalan yang tengah pemerintah hadapi.
  • Menyusun rencana kegiatan temu konstituen tidak hanya menunggu ketika masa reses semata.  Ke-khas-an dari kader PKS adalah bekerja tanpa kenal waktu PEMILU atau tidak. Semboyan yang sangat terkenal dari partai ini adalah #AYTKTM alias Apapun Yang Terjadi Kami Tetap Melayani.

Kompetisi perebutan kursi DPRD telah berakhir. Yang tersisa sekarang adalah kerja-kerja nyata aleg kita untuk Masa Depan Kukar yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam setiap perjalannya, kita patut menerapkan prinsip KAIZEN, sebuah prinsip yang dipegang teguh oleh masyarakat Jepang untuk menggapai kesuksesan di masa depan..

Prinsip KAIZEN berfokus pada continual improvement. Perbaikan secara terus menerus, evaluasi dalam setiap tahapan, dan inovasi tanpa henti. Begitulah semangat kita, baik sebagai kader dakwah di akar rumput maupun yang mendapat amanah sebagai Anggota Legislatif di pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara..

Marilah kita kubur segala kekecewaan atas pencapaian yang tidak memenuhi target. Berarti Allah tengah berbicara kepada kita tentang makna totalitas dalam berjuang dan memutihkan kembali niat kita berjuang di dalam kendaraan Jamaah Dakwah Tarbiyah ini..

JS_02Ayo bangkit, bangun semangat baru, menyongsong Kutai Kartanegara yang baru. Insya Allah.. ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Selasa siang, 22Jumadil Akhir 1435 H/22April 2014 pukul 11.50 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 27 April 2014 pukul 08.00wita

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: