Benteng Terakhir Kader Akar Rumput di 09 April 2014*

???????????????????????????????
Foto bersama para saksi di TPS 05 dari berbagai Partai

Foto bersama para saksi di TPS 05 dari berbagai Partai

Benteng Terakhir Kader Akar Rumput di 09 April 2014*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Dua hari menjelang Pemilu Legislatif yang direncanakan pada hari Rabu, 09 April 2014 yang lalu saya bersilaturahim ke rumah salah satu Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tinggal di Desa Kahala Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara. Dari silaturahim ini, saya diamanahi untuk menjadi saksi PKS pada PILEG tanggal 09 April tersebut guna mengawasi jalannya prosesi Pemilihan Umum yang jujur dan adil..

Saat bertemu dengan Akh Akin (salah satu Caleg PKS untuk tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara di DAPIL 6), saya telah sampaikan bahwa di Camp Rig akan sangat sedikit sekali yang memilih PKS karena ada tokoh warga setempat yang menjadi Caleg dari PDIP. Maka, keberadaan saya di lokasi TPS adalah untuk menjamin tidak ada kecurangan sama sekali dari panitia maupun tim sukses yang terus memantau lokasi pemilihan..

Tempat saya bertugas sebagai Saksi PKS adalah di TPS 05 Camp Rig Desa Kahala Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Camp Rig adalah bekas Camp karyawan PT. Lembang Ganeca, sebuah perusahaan HPHH yang telah tutup pada tahun 2010 silam. Tahun 2011 akhir, PT. Silva Rimba Lestari yang merupakan tempat saya bekerja masuk ke Camp ini sampai sekarang..

Masih terdapat sisa-sisa warga di Camp Rig ini, yang sebagian besar sebenarnya adalah orang pendatang dari Timur dan beberapa warga merupakan Suku Dayak Tunjung yang tinggal di Dusun Buaq, sekitar 15 menit perjalanan dari Camp Rig ini. Sedangkan akses Camp Rig sendiri menuju Desa Kahala masihlah memakan waktu sekitar 50 menit, cukup jauh dengan jalanan koral yang dipadatkan, tanpa aspal maupun jalan cor..

Mengikuti jalannya proses pemungutan suara, benar saja, baru beberapa waktu berlangsung, telah ada satu orang yang membawa surat suara dobel. Karena saya mengamatinya dengan seksama, otomatis saya ajukan keberatan kepada KPPS, dan surat suara dobel tersebut harus disita. Dari sini sudah tercium gelagat ketidakjujuran, tapi untuk meredam suasana, saya tidak terlalu mempermasalahkan hal itu, karena yang paling penting kecurangan tidak sampai terjadi, my goal for standing in here was achieved😉

Saya senantiasa waspada dan dengan seksama mengikuti jalannya prosesi pemungutan suara dan benar-benar memastikan segalanya berjalan sesuai prosedur. Inilah ikhtiar terbaik yang bisa kami lakukan sebagai kader akar rumput. Mengawal agar tidak terjadi kecurangan adalah sebuah kerja besar untuk mengawal proses demokrasi yang lebih baik dan lebih substantif..

Naluri mahasiswa saya bangkit ketika panduan yang saya baca berseberangan dengan keputusan yang akan diambil oleh KPPS, maka saya pun sampai membacakan secara detil tentang sah dan tidak sah nya suara dalam pemilihan ini. Pendapat saya pun didukung oleh beberapa saksi yang lain, dan KPPS dengan legowo menerima pendapat saya yang lebih kuat daripada panitia. Alhamdulillah, kejujuran kembali saya tempatkan pada posisi sejatinya..

Saya tidaklah bermaksud untuk terlalu frontal/keras dalam mengemukakan pendapat di hadapan KPPS dan para saksi lainnya, namun yang ingin saya lakukan adalah dengan memberikan teladan/contoh bagaimana seharusnya menjadi saksi dalam perhitungan suara, agar tidak terjadi penyelewengan wewenang atau bahkan penggelembungan suara..

Pengalaman ini memanglah baru pengalaman saya pertama kali untuk menjadi saksi PEMILU Legislatif 5 tahunan itu, karena di tahun 2009 silam, saya masihlah anak ingusan yang anti politik praktis he he. Tapi, atas izin Allah dan segala rahmat-Nya, sampai hari ini saya konsisten untuk memberikan kontribusi kepada agama dan negeri, melalui Hizbul ‘Adalah wa Rafahiyah. Insya Allah..

Inilah, Benteng Terakhir itu, menjaga agar semua berjalan tanpa ada kecurangan dari pihak manapun, hingga dikeluarkan keputusan final dari KPU kurang lebih sepekan ke depan..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jum’at siang, 11 Jumadil Akhir 1435 H/11 April 2014 pukul 11.06 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Selasa, 22 April 2014 pukul 08.00wita

G A L L E R I E S

 ??????????????????????????????? == ??????????????????????????????? 

??????????????????????????????? == ???????????????????????????????

??????????????????????????????? == ???????????????????????????????

??????????????????????????????? == ???????????????????????????????

Comments
2 Responses to “Benteng Terakhir Kader Akar Rumput di 09 April 2014*”
  1. Selamat Menjaga Suara… suara yang telah diamanahkan oleh pemilih.
    Semoga menjadi teladan.

Tinggalkan Jejak ^_^

