Ada Lomba MTQ Tingkat Kabupaten di Kembang Janggut*

Ada Lomba MTQ Tingkat Kabupaten di Kembang Janggut*

*Oleh Joko Setiawan**, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Sungguh menjadi sebuah kehormatan yang teramat besar, saya yang berstatus karyawan di salah satu perusahaan yang berlokasi di wilayah Kecamatan Kembang Janggut ini, dapat menyaksikan secara langsung event 18 tahunan sekali. Yakni Lomba MTQ tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara. Artinya, saya hanya akan dapat melihat MTQ tingkat kabupaten yang digelar di Kecamatan Kembang Janggut ini, di kesempatan berikutnya pada tahun 2032 atau 17 tahun mendatang..

Di awal tahun 2014 ini, Kecamatan Kembang Janggut mendapatkan amanah sebagai tuan rumah pelaksanaan Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-36 Tingkat Kabupaten , yang dihadiri oleh 17 kecamatan lain di luar Kecamatan Kembang Janggut. Adapun 17 Kecamatan lain itu antara lain: Samboja, Muara Jawa, Sanga-Sanga, Loa Janan, Loa Kulu, Muara Muntai, Muara Wis, Kota Bangun, Tenggarong, Sebulu, Tenggarong Seberang, Anggana, Muara Badak, Marang Kayu, Muara Kaman, Kenohan, dan juga Tabang..

Lomba MTQ tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara ini dilaksanakan di Kembang Janggut mulai tanggal 24 Februari sampai dengan 01 Maret tahun 2014, dengan mengambil tema “Sukses Pelaksanaan, Sukses Ekonomi Kerakyatan, dan juga Sukses Kejuaraan”. Oleh karenanya, selain dari inti kegiatan lomba, juga dibuka hamparan jualan sebagai nafas utama penggerak ekonomi kerakyatan di wilayah Kecamatan Kembang Janggut ini. Jumlah total tamu undangan dari 17 kecamatan tersebut mencapai lebih dari 1200 orang..

Mengingat besarnya agenda acara yang tengah digelar, maka disediakan tujuh arena perlombaan. Ketujuh arena tersebut tersebar di wilayah Desa Kembang Janggut, Hambau dan sampai dengan Loa Sakoh. Keterangan arena lebih lengkapnya sebagai berikut:

  • Arena Utama (Lapangan Kecamatan Kembang Janggut)
  • Arena II (Masjid Al Ilham Kembang Janggut)
  • Arena III (SDN 002 Kembang Janggut)
  • Arena IV (Aula SMAN 1 Kembang Janggut)
  • Arena V (Masjid Haqqul Yaqin Hambau)
  • Arena VI (TK Anak Sholeh Kembang Janggut)
  • Arena VII (Masjid Nurul Huda Loa Sakoh)

Lomba-lomba dipertandingkan secara pararel dan terjadwal secara beraturan. Adapun jenis-jenis perlombaan antara lain sebagai berikut:

  • Tilawah remaja dan Dewasa, Tartil Qur’an dan Tilawah anak-anak
  • Musabaqah Khat Qur’an (Golongan Naskah, Dekorasi, Mushab)
  • PILDACIL
  • Musabaqah Fahmil Qur’an
  • Musabaqah Syarhil Qur’an
  • 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz dan 20 Juz
  • Musabaqah Maqro’ Qur’an
  • Tafsir Bahasa Inggris dan Tafsir Bahasa Indonesia

Pada pra pembukaan MTQ ke-36 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara ini, dilaksanakan Istigosah dan Tausiyah dari Syaikh Ali Jabir al Hafidz yang didatangkan langsung dari Jakarta. Ulasan mengenai Istigosah ini dapat dilihat dari catatan saya sebelumnya di blog Bocahbancar ini juga..

Pembukaan MTQ dilaksanakan pada hari Ahad malam, 24 Februari 2014 bertempat di Arena Utama. Datang lebih dari 5000-an manusia untuk menyaksikan secara langsung acara ini. Bahkan, tampak banyak masyarakat non muslim (Suku Dayak Tunjung dan Dayak Kenyah) juga berbondong turut menyaksikannya. Sungguh, saya menyebut acara MTQ ini sebagai sebuah syi’ar di wilayah Pedalaman..

Terasa sejuk dan indah menyaksikan ribuan masyarakat muslim mengenakan pakaian Islami, termasuk para wanitanya juga mengenakan jilbab/kerudung untuk menutup auratnya. Meski, seperti kebanyakan masyarakat muslim Indonesia, yang menganggap jilbab/kerudung bukanlah kewajiban sebagaimana wajibnya ia melaksanakan sholat, maka acara ini dapat menunjukkan tontonan Islami bagaimana seharusnya seorang muslim berbuat dan bersikap..

Malam itu, saya berangkat ke Kecamatan Kembang Janggut bersama Wawan, salah satu karyawan PT. Silva Rimba Lestari. Perjalanan membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di sana. Maklum, meski kantor saya ada di wilayah Kembang Janggut, tapi cukup jauh dari perkampungan maupun perdesaan. Maka, 20 menit yang terlalui haruslah melewati debu beterbangan akibat jejak-jejak dari mobil perusahaan lain yang lalu lalang. Namun, segalanya terbayar saat telah sampai di lokasi. Sejuk, mendapati suasana ke-Islam-an di wilayah terpencil seperti ini bergairah, layaknya oase di tengah padang pasir. Subhanallah..

Kesan mendalam yang tertinggal adalah dengan digelarnya pertunjukkan budaya pada pembukaan MTQ ke-36 ini. Drama musikal, dan tari massal menjadi tontonan mengasyikkan dan mengagumkan. Melalui kamera HP Wawan, kami merekam beberapa scene tarian tersebut, dan jika koneksi memungkinkan, saya akan meng-upload-nya di Youtube, dan bisa saya bagikan di Blog ini.. ^_^

Demikianlah, sharing session yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Karena berbagi, tak pernah rugi.. (^_^)

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Rabu sore, 26 Rabiul Akhir 1435 H/26 Februari 2014 pukul 16.10 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu, 29 Maret 2014 pukul 08.00wita

Comments
2 Responses to “Ada Lomba MTQ Tingkat Kabupaten di Kembang Janggut*”
  1. Saya ikut MTQ di kec. kembang janggut ini. jadi kangen sama kembang janggut. hehehehe. saya kafilah Muara Kaman.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: