Merajut Cinta di Masjid Al Muhajirin Camp Rig*

Suasana mengaji di Mes Enggang PT. Silva Rimba Lestari with Pecinta Masjid Al Muhajirin Camp Rig

Merajut Cinta di Masjid Al Muhajirin Camp Rig*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Beberapa waktu semenjak kedatangan pertama kali di Camp Rig ini, saya memang telah beberapa kali menulis tentang Masjid Al Muhajirin. Masjid inilah satu-satunya syi’ar Islam di area perumahan warga dan karyawan PT. Silva Rimba Lestari (PT. SRL) berada..

Sewaktu karyawan full berada di sini, masjid cukup banyak peramainya, apalagi pada waktu Maghrib dan Isya’, insya Allah selalu ada jama’ah lima sampai dengan 10 orang. Tapi, semenjak 80% karyawan telah pindah ke lokasi (kantor dan mes terpadu, khusus karyawan PT. SRL), tinggallah tersisa 3-4 orang saja di setiap sholat jama’ahnya..

Meski demikian, sedikitnya jumlah orang tidak menyurutkan semangat untuk menyemaikan kebaikan, yang dimulai dari diri sendiri, menularkannya kepada sahabat atau kawan terdekat, baru kemudian disebarluaskan kepada masyarakat luas sebagai bentuk tanggung jawab dakwah atas diri setiap insan..

Suasana mengaji di Mes Enggang PT. Silva Rimba Lestari with Pecinta Masjid Al Muhajirin Camp Rig

Suasana mengaji di Mes Enggang PT. Silva Rimba Lestari with Pecinta Masjid Al Muhajirin Camp Rig

Saya pribadi selalu berucap syukur kepada Allah subhanahu wata’ala karena meski bekerja di tengah hutan, masih dipertemukan juga dengan ikhwah satu fikrah, didikan Tarbiyah. Memang tidak banyak, pada awalnya ada tiga orang ikhwah termasuk saya sendiri, kemudian, satu orang dimutasi untuk naik jabatan ke Muara Jawaq, sekitar tiga jam dari PT. SRL. Maka, saat ini, tinggallah dua orang ikhwah, ditemani dua orang ammah yang begitu istiqomah menunaikan sholat berjamaah bersama-sama kami..

Seperti masa-masa awal saya ada di sini, kegiatan rutin setelah sholat berjama’ah, kami melingkar membentuk majelis pembacaan hadist, dan diiringi sedikit tambahan-tambahan atas informasi hadist yang baru saja diterima. Meski tidak memakan waktu lama, hanya sekitar maksimal 15 menit saja, tapi karena ke-istiqomah-an itulah, insya Allah jiwa-jiwa kami tidak pernah gersang karena selalu mendapatkan mutiara hikmah di setiap hadist yang tersampaikan..

Bahkan, dalam beberapa waktu terakhir ini. Kami menambahkan agenda menambah hafalan ayat Al Qur’an, dimulai dengan berusaha mengkhatamkan hafalan pada juz 30, kemudian beranjak ke juz 29, dan seterusnya. Pada kenyataannya, di usia kami yang telah melewati 25 tahun ini, juz 30 saja masih banyak yang terlupa, bahkan belum sempat dihafalkan sama sekali. Oleh karena itulah, dalam keistiqomahan shohibul masjid Al Muhajirin ini, kami berdoa semoga Allah menurunkan rahmat dan membuka pikiran-pikiran kami agar dapat dengan mudah menghafalkan ayat suci Al Qur’an. “Sebaik-baik kamu ialah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Agaknya, hadist singkat inilah yang turut memberikan dorongan semangat kepada kami semua.. ^_^

Subhanallah. Lambat laun, atas kebersamaan kami di dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah. Maka muncullah rasa cinta. Ya, rasa cinta terajut indah dalam dekapan ukhuwwah. Saling mencintai maupun membenci karena Allah. Perasaan semacam ini, inginnya terus bersemayam di dalam hati. Menjadi landasan gerak dan berinteraksi dengan manusia kebanyakan..

Ya Allah, persatukanlah hati-hati kami dalam keta’atan kepada-Mu, hingga syahid di jalan-Mu. Aamiin ya Rabbal aalamiin..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Selasa, 18 Rabiul Akhir 1435 H/18 Februari 2014 pukul 17.22 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Jum’at, 21 Maret 2014 pukul 08.00wita

Comments
4 Responses to “Merajut Cinta di Masjid Al Muhajirin Camp Rig*”
  1. yrohma9 says:

    aamiin ya rabb semoga barokkah untuk semua

  2. Moga tetap semangat untuk selalu dekat dengan Allah..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: