Review Buku “Gelombang Ketiga Indonesia”-nya Presiden PKS Anis Matta*

Review Buku “Gelombang Ketiga Indonesia”-nya Presiden PKS Anis Matta*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Ramai saya baca di media sosial tentang buku barunya Ustad Anis Matta yang berjudul “Gelombang Ketiga Indonesia” sejak kurang lebih satu bulan silam. Dan pada liburan kali ini, alhamdulillah mendapatkan buku tersebut secara langsung dari guru terbaik pembimbing pencapaian muwashofat tarbiyah..

Saya pikir, buku Ustad Anis ini tebal, namun setelah saya dapati buku aslinya, hanya 120-an halaman saja. Dalam hati berkata, “kalau cuman segini mah, 1 jam juga selesai”. Namun ternyata saya salah besar. Isi buku Ustad Anis ini berbicara bangsa Indonesia dalam perspektif sejarah. Tidak mengupas sejarah secara dalam, tapi merupakan hasil pembacaan beliau tentang sejarah Bangsa Indonesia, dan membaginya ke dalam tiga gelombang utama. Alhasil, ada banyak bagian-bagian yang harus saya ulangi membaca bagian tersebut, karena tidak cukup sekali baca (baca cepat) untuk memahami maksud dan maknanya..

Berbekal perspektif sejarah, Ustad Anis yang juga Presiden Partai Keadilan Sejahtera alias PKS nomor urut Partai Nomor 3 itu memaparkan keoptimisan dalam memandang masa depan bangsa Indonesia. Meski, kita juga tidak bisa menutup mata terhadap kekurangan-kekurangan dalam era pembangunan kesejahteraan rakyat kita. Maka, di sinilah gelombang ketiga itu bermula, di momentum perubahan besar di tahun 2014..

Membaca buku ini, kita akan disuguhi 3 bagian inti dan 2 bagian pelengkap. Bagian pelengkap terdiri atas Prolog di awal buku, dan Epilog di akhir tulisan. Prolog berfungsi untuk membangun framing atau penjelasan singkat awal atas isi buku yang akan dipaparkan. Sedangkan Epilog berfungsi untuk menegaskan kembali akan sarat makna dalam buku yang telah selesai dibaca. Pada bagian intinya, kita akan diajak untuk menyelami Indonesia pada Gelombang Pertama, lalu Indonesia pada Gelombang Kedua, dan pada akhirnya sampai di Indonesia Gelombang Ketiga. Semuanya bersatu padu, menawarkan rasa keoptimisan untuk Indonesia di masa depan..

Baik Anda berasal dari kalangan keluarga besar Partai Keadilan Sejahtera, maupun dari masyarakat pada umumnya. Saya sarankan untuk membaca buku ini, karena tidak bisa dipungkiri, pemikiran-pemikiran Ustad Anis Matta memang spesial dan seringkali melebihi pemikiran pada zamannya..

Demikian. Hanya sebuah review singkat, dan bukan merupakan resensi. Waktu terbatas, dan akan ada tunas-tunas penulis lain yang akan mengulas lebih jauh tentang pesan OPTIMIS dari buku “Gelombang Ketiga Indonesia”..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

@Rumas Inspirasi Anis Matta, Kota Tenggarong- Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jum’at sore, 12 Jumadil Awal 1435 H/14 Maret 2014 pukul 18.25 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu15 Maret 2014 pukul 13.00wita

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: