Mereka Telah Menjadi Pegawai Kemensos*

Sumber gambar dari group STKS di Facebook
Sumber gambar dari group STKS di Facebook

Sumber gambar dari group STKS di Facebook

Mereka Telah Menjadi Pegawai Kemensos*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Waktu begitu cepat berjalan. Rasanya baru saja kemarin aku menjadi mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung. Dan sekarang, tak terasa aku telah menjadi alumni sekitar satu tahun tiga bulan, yang saat ini tengah meniti karier di Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur..

Mereka, para sahabat, kakak tingkat, kawan seperjuangan, dan beberapa adik kelas, telah melewati berlapis-lapis tes tulis hingga wawancara , guna memperebutkan kursi Pegawai Negeri Sipil alias PNS di Kementerian Sosial RI. Posisi yang dibuka ada dua jenis, yaitu Pekerja Sosial Tingkat Ahli dan Penyuluh Sosial..

Rasanya masih segar dalam ingatan, kami banyak berbincang, bercanda ria, bekerjasama dalam melaksanakan event, dan beberapa kegiatan lainnya. Dan nasib mereka telah berubah sejak akhir bulan Desember 2013 itu. Mereka telah dinyatakan lulus dengan mengalahkan ratusan pelamar lainnya. Ke 38 alumni STKS Bandung tersebut memang luar biasa. Di samping nasib baik yang telah ditakdirkan untuknya, tentu juga tak lepas dari usaha keras dan doa tanpa jeda..

Beberapa alumni yang lainnya memilih untuk mendaftarkan diri pada tes CPNS di daerahnya masing-masing (tingkat provinsi), namun mereka dengan semangat tinggi dan penuh percaya diri, yakin bahwa mereka mampu menembus dinding arogansi pejabat negara yang selama ini hanya mampu mereka kritisi dari luar..

Kinilah saatnya, mereka menjadi bagian dari abdi negara, yang mendedikasikan seluruh ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan dari bangku kuliah, untuk menyumbangkannya dalam bentuk kerja nyata, efektif, efisien, tepat dosis dan tepat sasaran..

Saya berharap agar ke 38 Sarjana Sains Terapan Ilmu Pekerjaan Sosial tersebut tidak hanya puas dengan kemapanan dan berbagai fasilitas yang disediakan oleh negara. Namun, mereka menyadari betul gaji yang mereka terima adalah dari rakyat Indonesia, dan tanggung jawab morilnya adalah dengan memberikan kontribusi terbaik bagi nusa, bangsa dan negara..

Mungkin, tidak serta merta kemudian mereka akan dapat menunjukkan kinerja terbaiknya. Perlu waktu untuk bisa menilai suatu pekerjaan itu baik atau buruk. Jabatan secara otomatis akan mengikuti kinerja. Bukan hanya karena mengejar jabatan, lalu menghalalkan segala cara untuk menyuap atasan, atau “menjilat” dengan liur-liur kemunafikan. Ah, saya yakin ke 38 alumni terbaik STKS Bandung (karena mampu tembus tes CPNS mengalahkan kandidat lainnya) tidak akan pernah berbuat demikian. Dan kita juga tidak boleh melupakan akan kewajiban amar makruf nahi munkar, karena kewajiban tersebut melekat di dalam seluruh insan sampai akhir hayat..

Aku sendiri.. Sampai tulisan ini dibuat, memang belum ada pemikiran untuk mengikuti langkah mereka, menjadi abdi negara. Aku masih senang berpetualang, meningkatkan kapasitas diri melalui tempaan yang tidak biasa. Melanglangbuana untuk mengumpulkan pundi-pundi amal nyata di berbagai belahan bumi nusantara. Dan semoga, di waktu yang tepat nanti, impian S2 ke Negeri Sakura itu akan menemukan titik terangnya. Kerja keras, doa dan tawakkal kepada-Nya..

Di akhir tulisan, akan saya cantumkan ke 38 nama alumni STKS Bandung yang berhasil tembus Kementerian Sosial RI, yang saya kutip secara langsung dari hasil pengumuman kelulusan CPNS Kementerian Sosial RI tertanggal 27 Desember 2013 yang lalu, dan ditandatangani oleh Bapak Toto Utomo Budi Santosa, Ketua Tim Pelaksana Pengadaan Pengadaan CPNS Kementerian Sosial RI Formasi Tahun 2013, sebagai berikut:

  1. Jerikson Saragih, S.ST.
  2. Nur Irza, S.ST.
  3. Dona Octia Dasril, S.ST.
  4. Agus Sukatma, S.ST.
  5. Nova Tiffany Sofyandi, S.ST.
  6. Niken Placidia Sandi, S.ST.
  7. Tirani Larasati, S.ST.
  8. Catur Prihatiningtyas, S.ST.
  9. Mohammad Fahmi Iryana, S.ST.
  10. Feni Handaningrum, S.ST.
  11. Muhammad Adjie Tori Faizal, S.ST.
  12. Ode Esa Sinarta, S.ST.
  13. Ferdiyan Pratama, S.ST.
  14. Anisa Amalya Mukti, S.ST.
  15. Retno Wijayanti, S.ST.
  16. Listiyani, S.ST.
  17. Ratna Suharyati, S.ST.
  18. Devi Afianti Garini, S.ST.
  19. Dini Fajar Yanti, S.ST.
  20. Asri Sasi Mulyadi, S.ST.
  21. Melati Putri Cendani, S.ST.
  22. Ika Ayudya Pratiwi, S.ST.
  23. Taufik Ridwan, S.ST.
  24. Abd. Muhni Salam, S.ST.
  25. Bonna Widya Andilla, S.ST.
  26. M. Luksor Pratama, S.ST.
  27. Muhammad Ridwan, S.ST.
  28. Sarah Sicilia Pelawi, S.ST.
  29. Harin Winanda, S.ST.
  30. Ria Irawan, S.ST.
  31. Asti Mustikaati, S.ST.
  32. Andi Kurniawan, S.ST.
  33. Bayu Bagaskoro, S.ST.
  34. Bonita Dwiyanti Putri, S.ST.
  35. Muhammad Akbar, S.ST.
  36. Jumriani, S.ST.
  37. Atika Mauliani Umar, S.ST.
  38. Ayu Dwi Lestari, S.ST.

Selamat bekerja, selamat mengabdi untuk negara, wahai para kolega dan sahabat dari Kampus Biru Penuh Cerita Perjuangan, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung.. (^_^)

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Senin sore, 11 Rabiul Awal 1435 H/13 Januari 2014 pukul 16.54 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Rabu, 29 Januari 2014 pukul 08.00wita

Comments
2 Responses to “Mereka Telah Menjadi Pegawai Kemensos*”
  1. Niken says:

    Terimakasih joko atas dukungan dan harapannya. Semoga memang benar2 bisa bermanfaat bagi negara ini. Amin. Semoga joko juga bisa melanjutkan S2 nya di Jepang seperti harapannya pada saat saya kenal pertama kali di kelas I F (tingkat I, semester 1). Ternyata sampe sekarang negeri sakura masih juara bagimu..hehe.

    • Sama-sama Yuk Niken. Rasanya sudah sangat lama sekali kita tidak bertegur sapa ya..

      Aamiin ya Rabb.. Insya Allah impian itu tidak akan pernah sirna, sampai ia mewujud nyata.. Menimba Ilmu S2 di Negeri Sakura.. ^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: