Menjaga Waktu*

Menjaga Waktu*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Semasa kuliah, kegiatan begitu padat dan tak sempat berleha-leha meski hanya sebentar. Mulai dari tugas kuliah yang menumpuk, aktivitas organisasi yang silih bergantian, part time yang menguras tenaga, hingga agenda silaturahim dengan beberapa kawan dan kolega agar terjalin persahabatan yang harmonis..

Namun, di tempat ini beda. Sistem kerja live in site, tidak bisa membuatku aktif di kegiatan di luar pekerjaan karena memang mes karyawannya khusus di plotting area tengah hutan untuk para karyawan perusahaan saja. Oleh karenanya, biasanya beberapa kawan memilih untuk pergi ke kantor selepas makan malam, baik itu mengerjakan beberapa deadline pekerjaan yang belum usai, atau sekedar main-main laptop dan bertemu bertegur sapa dengan beberapa rekan kerja. Yang lain memilih untuk berdiam di kamar mes guna nonton koleksi film-film terbaru. Ya, masing-masing dari kami biasanya pasca pulang dari day off membawa kopian film-film terbaru dan saling tukar koleksi film antar karyawan..

Saya sendiri, tidak terlalu sering pergi ke kantor saat malam hari, juga tidak terlalu addict menonton film, kecuali film-film tertentu saja. Pada awalnya, saya begitu bersemangat untuk menyusun jadwal untuk menunjang pencapaian cita-cita, yakni memperkuat Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Tak lupa, saya juga membuat jadwal untuk membaca belasan hingga puluhan e-book Islami (Akidah, Dakwah dan Harakah) yang masih belum sempat terbaca secara keseluruhan. Jadwal baca juga saya buat untuk belasan koleksi buku-buku cetak siap baca dengan berbagai variasi tema bahasan..

Tapi, jadwal tinggallah jadwal. Hari demi hari berlalu, tapi jadwal-jadwal tersebut semakin tidak sempat untuk ditepati. Suasana tidak menentu, seperti terlalu lelah dalam aktivitas kerja dan suasana hati yang berbeda dari biasanya, membuat mood menjadi hilang sama sekali, dan materi-materi yang telah disiapkan seperti mata kuliah yang membosankan dan tidak masuk di kepala. Kadang kala saya menikmati rasa kemalasan yang mendera, namun ketika ada kalanya rasa sesal meresap ke dalam dada karena terlalu sering membuang waktu secara sia-sia..

Lahirnya tulisan kali ini adalah bentuk kesadaran saya untuk menyesali perbuatan membuang waktu secara sia-sia tersebut. Melalui tulisan ini, saya berharap kembali tegas secara rasional untuk tidak mentolelir segala kemalasan yang tidak beralasan. Apalagi setelah menonton video 10 Muwashofat Tarbiyah, aku begitu malu ketika telah sampai pada ciri haritsun ala waqtihi (menjaga waktu). Ah, kenapa selama ini seperti lupa dengan karakter ini? Bukankah sebagai kader Tarbiyah sudah hafal di luar kepala terkait karakter dirinya?..

Dan demikianlah, insya Allah pasca tulisan ini selesai dibuat. Akan kembali merapikan pembuatan jadwal belajar. Jadwal urusan-urusan yang ingin dicapai, diimpikan dengan langkah-langkah bertahap yang terukur jelas. Impian yang tertanam di dalam diri bukanlah mimpi di siang bolong yang begitu sulit tuk diwujudkan, melainkan sebuah impian besar, untuk menjadi orang besar suatu saat nanti, dengan kontribusi yang besar bagi dakwah Islam, sebuah peradaban gemilang yang akan menjadi ustadziyatul alam alias soko guru peradaban dunia. Insya Allah..

Saya akhiri tulisan kali ini dengan taujih Rabbani tentang waktu..

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” (Q.S. Al Ashr: 1-3)

Wallahu a’lam bisshowab..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Ahad sore, 10 Rabiul Awal 1435 H/12 Januari 2014 pukul 16.55 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 26 Januari 2014 pukul 08.00wita

Comments
One Response to “Menjaga Waktu*”

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: