Bergaul Seperlunya, Menebar Manfaat Sebanyak-banyaknya*

Sumber Ilustrasi Gambar dari sini

Bergaul Seperlunya, Menebar Manfaat Sebanyak-banyaknya*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Pada dasarnya, ajaran Islam tidak membatasi pergaulan antar umat manusia. Bahkan Allah memerintahkan kita untuk saling mengenal satu sama lain. Firman Allah, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (Q.S. Al Hujuraat: 13)..

Oleh karenanya, sudah semestinya diri kita sebagai kader dakwah harus banyak-banyak bergaul, dari berbagai golongan dan kelompok serta strata kemasyarakatan. Bukankah kita ingat bahwa semua manusia itu sama saja di hadapan Allah, kecuali yang membedakan adalah karena ketakwaannya, bukan karena kekayaan ataupun keturunan kebangsawanannya..

Motivasi atas pergaulan yang luas tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya. Rasulullah bersabda, “khoirunnaas anfauhum linnaas, sebaik-baik manusia adalah yang banyak memberi manfaat bagi manusia lainnya” (al hadist)..

Satu hal yang patut mendapatkan perhatian dari kita adalah tentang pergaulan yang tidak larut, namun malah mampu memberi warna terhadap teman pergaulan tersebut. Bergaul tidak mesti bersahabat dekat. Cukup lah bergaul dengan memberikan manfaat yang banyak. Karena sahabat juga menunjukkan kualitas diri kita sendiri..

Maka, panduannya telah jelas. Bahwa bergaul dengan niat untuk memberikan banyak manfaat tidaklah harus membatasi diri, namun bergaul yang seperlunya saja, tidak “anti” tidak juga “terlarut”. Jadikan setiap tempat keberadaan kita menjadi seseorang yang menyumbangkan kontribusi nyata untuk lingkungan, menjadi pelayan ummat, dan menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat dimanfaatkan bagi orang banyak..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Selasa sore, 07 Januari 2014 pukul 15.42 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Senin, 20 Januari 2014 pukul 08.00wita

Comments
2 Responses to “Bergaul Seperlunya, Menebar Manfaat Sebanyak-banyaknya*”
  1. Betul sekali, sahabat juga menunjukkan kualitas diri kita sendiri..
    Untuk itu niat bergaul seperti tuntunan Rasulullah adalah memberi manfaat bagi manusia lainnya.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: