Sampaikan Hak Mereka untuk Didakwahi*

Sumber ilustrasi gambar dari sini

Sampaikan Hak Mereka untuk Didakwahi*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Berpuluh hingga beratus kali saya bertemu dengan orang-orang baik di sekitar kehidupan saya. Ada yang bersinggungan secara langsung, ada yang sekedar kenal, dan bahkan ada yang begitu banyak membantu penyelesaian masalah-masalah hidup yang saya hadapi..

Ya, mereka begitu baik. Interaksi sosial yang terjalin antara saya dengan mereka, begitu baik dan membekas. Namun, tetap masih saja ada yang kurang pas. Ternyata, orang-orang baik tersebut, masih jauh dari pelaksanaan perintah dan larangan Allah, Rabb, Tuhan semesta alam beserta seluruh isinya..

Islam yang dianutnya, masih sebatas Islam budaya, hanya karena mereka hidup dari orang tua muslim, lingkungan masyarakat muslim, sekolah muslim, tanpa menambah dengan pendalaman lainnya. Bahkan, meski berstatus Islam di KTP-nya, toh ternyata judi masih sering diikutinya, sholat masih sering ditinggalkannya, berpacaran dengan bergonta-ganti pacar lumrah dilakukannya, dan berbagai bentuk ketidaktaatan lainnya. Dan garis bawahnya, ternyata mereka “baik” terhadap sesama..

Maka, di sinilah letak tugas kita. Bukankah setiap diri anak Adam dibebani dakwah di pundaknya? Diwajibkan untuk menyampaikan risalah Islam walau satu ayat saja? Dan menghadapi realitas kehidupan seperti yang saya ceritakan di atas, di situlah peran diri kita..

Sudah menjadi kewajiban diri kita untuk menyampaikan risalah dakwah yang menjadi hak mereka, para orang-orang baik yang masih belum tercelup iman yang sesungguhnya. Karena kebaikan tanpa iman, tidak akan berharga..

Apalagi, jika orang-orang baik tersebut adalah sahabat kita dari kalangan non muslim. Kebanyakan non muslim itu, tidak memeluk Islam karena tidak sampainya risalah dakwah kepada mereka. Oleh karenanya, dengan ilmu dan amal, kita juga patut menyampaikan hak mereka, yakni hak untuk mendengar tentang keindahan Islam.

Dan, dakwah yang terbaik adalah dengan teladan, dengan amal-amal perbuatan yang dapat diteladani dalam praktik kehidupan keseharian. Bahwa Islam membenci kedzaliman, Islam memerangi ketidakadilan, Islam memperjuangkan kesejahteraan umum, Islam mengatur kehidupan, Islam menyukai kebersihan dan keteraturan, Islam mendorong kemajuan, Islam membawa cahaya kebenaran, dan Islam diturunkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam raya..

Sampaikanlah, sampaikanlah hak mereka, walau hanya satu ayat..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Kamis malam, 17 Shafar 1435 H/19 Desember 2013 pukul 21.19 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu, 11 Januari 2014 pukul 08.00wita

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: