Story 031 Langsung Bekerja di PeDe Corp

Di salah satu hotel mewah di Puncak, Bogor
Di salah satu hotel mewah di Puncak, Bogor

Di salah satu hotel mewah di Puncak, Bogor

Langsung Bekerja di PeDe Corp

Hari itu, 10 Oktober 2013 acara berlangsung dengan begitu padatnya. Hari itu adalah hari di saat mahasiswa dan mahasiswi STKS Bandung angkatan 2008 diwisuda dan resmi mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST.), dan tentu saja, aku berada diantara ratusan mahasiswa yang diwisuda tersebut.

Di saat wisuda ini, aku harus mengatur waktu untuk melaksanakan prosesi wisuda, menemani keluargaku yang datang, serta mengkoordinir pertemuan kader KAMMI Bandung guna bertemu dengan dua orang Tenaga Ahli Menteri Sosial RI di Hotel Sheraton yang tak jauh dari kampus STKS Bandung.

Setelah berlelah-lelah seharian. Pa’e dan Kak Wahib telah kembali ke Jawa, Tenaga Ahli Mensos telah kembali ke Jakarta, kawan-kawan KAMMI Bandung juga telah meninggalkan Dago, giliranku mengistirahatkan diri dengan balik ke kostan. Ba’da sholat Ashar, merebahkan diri di kamar, kemudian mengirim sms kepada Pak Rahman di Jakarta. Pak Rahman adalah Bendahara IPSPI (Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia) yang telah kukenal semenjak tahun 2010 silam. Rekanan Pak Rahman, yaitu Pak Wakhid dan Mas Arde merupakan alumni STKS Bandung yang sejak tahun 2009 telah kenal baik denganku.

Nah, Pak Rahman ini memiliki satu usaha mandiri yang berada di bawah naungan perusahaan bernama PT. Pulih Daya Naturindo, sebuah PT yang didirikan bersama dengan Pak Wakhid, tapi kemudian mengalami perluasan bidang usaha. Sudah beberapa kali saat aku masih berstatus mahasiswa, diikutsertakan menjadi fasilitator dalam kegiatan pelatihan bersama kader-kader desa dan kecamatan se kota administrasi Jakarta Timur.

Dari aktivitas sepanjang akhir tahun 2011 hingga pertengahan tahun 2012 itulah aku menawarkan diri kepada Pak Rahman. Menyampaikan bahwa sudah wisuda dan menawarkan diri untuk bisa membantu PT. Pulih Daya Naturindo yang seiring berjalannya waktu membuat brand image bernama PeDe Corp.

Gayung pun bersambut. Pak Rahman sore itu juga membalas sms dariku, dan menginstruksikan agar malam itu juga aku segera menuju Jakarta karena esok harinya akan ada kegiatan di luar kota. Maka, tanpa bisa istirahat, jadilah malam itu juga aku mengemasi barang dan pamitan dengan ibu kost. Maka, statusku menjadi salah satu alumni STKS Bandung yang tidak menganggur sehari pun setelah menyandang gelar sarjana.

Bersama peserta capacity building Kelurahan Cijantung Jakarta Timur

Bersama peserta capacity building Kelurahan Cijantung Jakarta Timur

Kegiatan di PeDe Corp sangat menyenangkan. Hampir 3 kali dalam sepekan ada agenda keluar kota, dan selalu menginap di hotel. Gaya hidup terutama terkait makan menjadi berubah yang super ngirit sebagai anak kost, menjadi menu makanan hotel yang insya Allah bergizi dan sehat he he.

Bersama PeDe Corp, aku mulai mengendarai mobil untuk pertama kalinya di jalanan macet Jakarta. Tak tanggung-tanggung, mobil yang kukendarai adalah KIA Sport yang masih tergolong “mobil mewah”. Hanya sehari Pak Rahman mengajariku menyetir mobil, kemudian langsung dilepas untuk mengendarai melewati jalanan Jakarta Timur. Tapi jangan salah sangka dulu, saya ini bukan orang hebat dan tak secepat itu mampu mengendarai mobil, hanya karena mobil KIA Sport adalah sebuah mobil matic, maka dengan mudah saja aku mengendalikannya he he..

Dengan PeDe Corp, aku dapat mengenal beberapa petinggi desa, kecamatan hingga orang Bappeda Jakarta Timur. Ya, karena PeDe Corp memang bekerja dengan menjadi rekanan eksekusi program-program pemerintah yang khusus untuk program pengembangan kapasitas (capacity building). Bersama team ini aku juga berkesempatan untuk menjelajahi berbagai macam hotel di Bogor, Jakarta Timur dan bahkan sampai di Garut Provinsi Jawa Barat sana.

PeDe Corp adalah sebuah perusahaan yang baru berdiri beberapa tahun namun dengan perkembangan yang begitu pesat. Dengan direktur utamanya yaitu Pak Rahman, aku pun dipersilahkan untuk menduduki jabatan Manajer Pengembangan Sumber Daya Perusahaan (Corporate Development), meskipun dalam praktek kerjanya, aku masih harus memegang banyak amanah. Mulai dari fasilitator lapangan, pengerjaan laporan kegiatan, hingga memikirkan beberapa inovasi kemajuan pergerakan perusahaan.

Oh iya, tapi jangan dipikirkan bahwa ini adalah sebuah perusahaan besar ya. PeDe Corp merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan peningkatan kapasitas dan jasa konsultan. Dan pada saat saya berada di sana, baru ada sekitar 10 anggota tim yang membangun bersama PeDe Corp untuk menapaki langkah kesuksesan.

Foto bersama di event kegiatan-kegiatan terakhir bersama PeDe Corp

Foto bersama di event kegiatan-kegiatan terakhir bersama PeDe Corp di GOR Rawamangun

Sedari awal pertama kali bergabung di PeDe Corp, aku sudah menyampaikan kepada Pak Rahman bahwa target besarku adalah untuk menjadi bagian dari Divisi Disaster Risk Management (DRM) PKPU. Karena di sanalah pintu masuk untuk memperdalam ilmu Social Work in Disaster dapat terasah, dan kesempatan untuk meraih beasiswa S2 di Jepang akan terbuka semakin lebar.

Rencana awal adalah di pertengahan tahun 2013 aku akan menggabungkan diri di DRM PKPU, namun ternyata Allah mempercepat pengabulan doa tersebut. Pada akhirnya, kebersamaanku dengan PeDe Corp adalah mulai dari awal Bulan Oktober sampai dengan Akhir bulan Desember 2012.

*Kembang Janggut, 30 Muharram 1435 H/4 Desember 2013.

**Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Senin, 06 Januari 2014 pukul 08.00 wita.

NB: Artikel ini adalah edisi series dari The Story of Muhammad Joe Sekigawa. Diterbitkan secara berkala pada setiap hari Senin dan Kamis, sejak tanggal 29 Juli 2013. Jika tak ada halang merintang, akan disusun menjadi sebuah buku bagi koleksi pribadi ^_^

Comments
4 Responses to “Story 031 Langsung Bekerja di PeDe Corp”
  1. fira.naya@yahoo.co.id says:

    Q
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: