Asah Kemampuan Leadership Melalui Organisasi*

Sumber ilustrasi gambar dari sini

Asah Kemampuan Leadership Melalui Organisasi*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Ada kesadaran ketika anak-anak didik kita mulai usia SD telah diwajibkan oleh pihak sekolah untuk mengikuti salah satu organisasi di lingkungan sekolahnya. Kalau zaman saya dahulu, untuk usia anak SD hanya ada kegiatan ekstrakulikuler Pramuka yang bisa saya ikuti. Namun untuk zaman sekarang, rasa-rasanya sudah begitu banyak kegiatan ekstrakulikuler yang ditawarkan oleh pihak sekolah, sesuai dengan minat dan juga bakat kecenderungannya.

Ternyata memang demikian seharusnya, bahwa sekolah tidak hanya menjadi ajang untuk mengembangkan daya nalar intelektual melalui teori-teori dan praktek ilmiah, namun juga patut menjadi ajang untuk mengembangkan kemampuan leadership/kepemimpinan yang dimilikinya.

Jabatan ketua kelas mungkin bisa dijadikan contoh sebagai proses pembelajaran untuk menjadi seorang pemimpin, tapi itu saja belum cukup, bahkan sama sekali tidak cukup, karena kepemimpinan itu menghendaki cara berpikir yang luas, cepat, juga tepat, dengan berbagai macam masalah/persoalan yang ada. Oleh karenanya organisasi selain di dalam kelas, menjadi ajang paling tepat untuk melatih kepemimpinan yang sangat berguna bagi kehidupan bermasyarakat di masa depan.

Organisasi paling bergengsi yang WAJIB diikuti oleh siswa-siswi sekolah menengah pertama dan menengah atas adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah alias OSIS. Organisasi ini ada semenjak kita menginjak di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saya sendiri sebenarnya agak terlambat dalam rangka memupuk kemampuan leadership karena baru memasuki OSIS pada saat di SMKN 4 Bojonegoro. Sedangkan pada masa di SMPN 1 Bojonegoro, saya hanya masuk di Palang Merah Remaja (PMR) saja dan masih menganggap OSIS adalah tempat orang-orang terpilih dan pemilik keberanian yang tinggi. Sedangkan diri saya, kala SMP itu, adalah anak yang masih sangat pemalu dan tidak terlalu cerdas he he.

Kemampuan akademis itu penting, dan juga utama, namun bukan satu-satunya yang patut kita utamakan. Karena ternyata, ada sisi lain yang juga harus menjadi perhatian kita dalam mengembangkan kapasitas diri. Agak salah rasanya, ketika memposisikan OSIS sebagai tempat pelarian bagi para siswa yang “malas” pada mata pelajaran tertentu. Meskipun, di lapangan memang kita temui, bahwa anak organisasi, khususnya di OSIS, seringkali absen dari kelas karena harus mengikuti rapat-rapat dalam rangka mempersiapkan agenda besar sekolah.

Oleh karenanya, yang menjadi titik tekan adalah bahwa ketika kita memutuskan untuk aktif dalam organisasi, tidak hanya puas menjadi bawahan atau staf saja. Namun, bertahap tapi pasti, memiliki visi untuk menjadi koordinator departemen atau bahkan menjadi ketua OSIS itu sendiri. Karena, ketika kita menjadi yang biasa-biasa saja, maka sampai pada status alumni dari organisasi tersebut, manfaat yang didapatkan pun tak terlalu banyak, karena kita hanya nyaman disuruh mengerjakan sesuatu, tanpa sampai pada posisi memikirkan keputusan yang cepat serta memposisikan orang pada tempat yang tepat, padahal di situlah letak inti dari nilai leadership.

So, bagi kamu yang masih sekolah atau tengah menjalani masa kuliah. Ayolah, aktifkan diri dalam organisasi, dan rasakan manfaat dalam dunia kerja maupun ketika berinteraksi dengan masyarakat.

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Ahad, 04 Shafar 1435 H/08 Desember 2013 pukul 16.44 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 02 Januari 2014 pukul 08.00wita

Comments
2 Responses to “Asah Kemampuan Leadership Melalui Organisasi*”
  1. Betul sekali bang Joko… semestinya tidak hanya berfokus pada aktifitas akademis saja, tapi juga menyeimbangangkan dengan aktifitas organisasi….

    ohh ya, jika ada kisah inspiratif tentang impian mari berbagi kisa di Giveaway Kolaborasi : Apa Impianmu?

    Salam

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: