Berpanas-panas Dinas*

Berpanas-panas Dinas*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Ini hanyalah secuplik kisah dari kisah-kisah kehidupan saya selama berada dalam barisan penguat Departemen Community Investment PT. Silva Rimba Lestari. Mungkin bagi Anda tidak begitu spesial, dan bagi saya pun sebenarnya juga demikian, namun karena saya senang menulis, maka jadilah sedikit narasi terkait dengan perjalanan dinas ke Samarinda beberapa waktu lalu..

Hari itu, Kamis 26 November 2013 adalah pertama kalinya saya dikirim untuk melakukan perjalanan dinas, resmi dari kantor. Perjalanan dinasnya memang buka ke tempat yang jauh, bahkan tempat itu begitu familiar bagi saya dalam beberapa bulan terakhir. Namun, karena efek terlalu lama berada di tengah hutan, maka perjalanan ke Samarinda (Ibukota Provinsi Kalimantan Timur) itupun terasa menyenangkan..

Perjalan dinas ini dalam rangka untuk survey sepatu dan juga buku bacaan untuk anak-anak berprestasi dari desa binaan perusahaan tempat saya bekerja (Pulau Pinang dan Long Beleh Haloq) yang mendapatkan bantuan pendidikan berupa dana insentif dan juga barang penunjang pendidikan..

Perjalanan dinasnya memang sendirian, tapi saya memanfaatkan perjalanan dinas para supervisor PT.Silva Rimba Lestari distrik Kembang Janggut yang akan mengikuti training di Samarinda. Maka jadilah perjalanan itu ramai-ramai hingga 11 orang. Seperti biasa, bukit, sungai dan danau menjadi lewatan yang tidak bisa dielakkan lagi. Alam telah mengajarkan saya begitu banyak hal, terutama mengenai keindahan ciptaan Tuhan Alam Semesta..

Panas? Tentu saja. Ini adalah Pulau Kalimantan yang dilalui langsung oleh garis Khatulistiwa, sehingga menyebabkan daerahnya terasa begitu panas daripada daerah Jawa. Yang membedakan adalah di sini banyak terdapat pohon dan hutan, sedangkan di Jawa, sebagian besar pohon telah menjadi gedung pencakar langit, dan disesaki dengan ribuan kendaraan bermotor yang mengeluarkan asap sebagai polusi udara..

Panas selayaknya di daerah Jawa saya rasakan ketika sampai di Samarinda. Tak ada angkutan yang lebih nyaman yang bisa saya tumpangi selain angkutan kota yang orang Kutai menyebutnya sebagai Taksi. Cukup membingungkan pada awalnya, karena saya kira yang disebut sebagai taksi adalah angkutan mewah berbentuk mobil sedan itu, namun di sini, orang menyebut angkutan umum (darat) apapun dengan sebutan taksi. Ya sudahlah he he..

Sekali dayung, dua atau tiga pulau terlampaui. Selalu saja begini. Saya tidak pernah mau hanya mengambil satu kemanfaatan atas sebuah perjalanan. Begitu pula dengan perjalanan dinas ini. Ditemani dengan ikhwah alumni Universitas Mulawarman (UNMUL) yang juga satu kantor dengan saya tersebut, kami mengunjungi kantor TrustCo, silaturahim dengan mantan Ketua KAMDA Kaltim dan beberapa ikhwah lainnya. Kami begitu menyadari bahwa silaturahim itu kan memanjangkan usia dan menyuburkan rizki, maka kami pun pada hari Kamis (26/11) sore sampai malam putar-putar Kota Samarinda untuk mengunjungi beberapa ikhwah di Kalimantan Timur..

Silaturahim terlaksana dengan baik, dan juga relasi telah bertambah. Misi dinas untuk men-survey sepatu dan buku bacaan berkualitas juga telah sukses. Maka, esok harinya saya pun langsung kembali ke Distrik berbarengan dengan karyawan yang balik dari day off..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Selesai ditulis pada hari Sabtu, 26 Muharram 1435 H/30 November 2013 pukul 11.35 wita @Kantor PT. Silva Rimba Lestari District Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Rabu, 25 Desember 2013 pukul 08.00wita.

Tinggalkan Jejak ^_^

