Laskar Pemadam SRL Bergelut dengan si Jago Merah “Secuplik Kisah Kerjasama Solid Karyawan PT. Silva Rimba Lestari

Pantang pulang sebelum padam

Pantang pulang sebelum padam

Laskar Pemadam SRL Bergelut dengan si Jago Merah

“Secuplik Kisah Kerjasama Solid Karyawan PT. Silva Rimba Lestari”

Bismillah Arabic

Asap kian membumbung tinggi. Teriknya sinar matahari yang ditiup angin kencang menjadikan Si Jago Merah kian garang melahap tanaman apa saja yang ada di depannya. Hawa panas senantiasa bertambah panas akibat terbakarnya semak belukar dan pohon kering yang terus menjalar dari satu titik ke titik lainnya..

Kebakaran Hutan. Inilah kali pertama dalam enam bulan terakhir terjadi kebakaran hutan yang lokasinya berada sangat dekat dengan Camp Rig PT. Silva Rimba Lestari. Kebakaran ini terjadi pada hari Jum’at, 18 Oktober 2013 sejak pukul 14.30 wita. Untung saja, mayoritas yang terbakar adalah semak belukar dan sedikit tanaman sawit, bukan tanaman Akasia yang saat ini tengah ditanam oleh perusahaan..

Gabungan terik matahari, pusaran angin kencang, dan semak belukar yang telah kering kerontang, menjadikan api cepat menjalar ke berbagai arah. Disinyalir, kebakaran ini disebabkan oleh teriknya panas matahari yang menyengat. Pada awalnya lokasi yang terbakar itu jauh dari Camp Rig, namun dengan cepat segera mendekat ke arah gudang logistik dan memberikan sinyal bahaya bagi keberadaan karyawan dan juga warga Camp Rig..

Dengan sigap, Suryo Susanto selaku Supervisor HSE PT. Silva Rimba Lestari langsung turun menjadi komandan dalam misi pemadaman ini. Dalam hitungan detik, peralatan segera meluncur ke lokasi yang terdekat dengan sumber api, para karyawan dan warga pun berduyung-duyung, bahu-membahu untuk bekerja sama dalam upaya pemadaman api tersebut..

Satu. . . Dua. . . Tiga. . . Tarik. . .!!!! Ulur. . .!!!

Demikianlah aba-aba yang lebih sering terdengar ketika tarik dan ulur selang air alat pemadam yang dibawa ke spot-spot pusat api. Kerjasama yang solid telah ditunjukkan secara nyata oleh Departemen HSE, karyawan, dan juga warga sekitar..

Prosesi pemadaman itu berlangsung kurang lebih selama satu jam. Tampak para laskar pemadam raut mukanya capek dan lelah, namun masih terlihat semangat yang begitu luar biasa, mirip dengan semboyan para pemadam, “Pantang Pulang Sebelum Padam”. Pukul 16.00wita, api yang bisa dijangkau oleh tim dapat dipadamkan, namun jauh di pandangan mata, memang masih ada api yang terus menyala, namun mengarah ke tempat yang jauh, tak lagi mengarah ke Camp Rig. Akhirnya, tim membuat tindakan preventif dengan memotong jalur api yang mengarah pada daerah yang lebih luas..

Joe di Sungai Camp PMPSalam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah

Joko Setiawan, A Social Worker, An Activist, A Community Developer, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Selesai ditulis pada hari Jum’at, 13 Zulhijjah 1434 H/18 Oktober 2013 pukul 17.30wita @Kantor Camp Rig PT. Silva Rimba Lestari District Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Jum’at, 18 Muharram 1435 H/22 November 2013 pukul 08.00wita.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: